7 Sekolah Bisnis Di Indonesia

Mapan Secara Finansial Sebelum Umur 30 - networking - anak muda - berteman dengan kompetitor

Memang bukan merupakan suatu keharusan untuk bersekolah bisnis jika ingin menjadi pengusaha. Namun, jika dari awal memang sudah tertarik dengan dunia bisnis, kenapa tidak untuk sekolah bisnis? Coba bayangkan, apakah rumus investasi serta banyak hal lain yang terkait dengan bisnis bisa ditemukan selain di pendidikan formal? Memang menjadi pengusaha adalah tentang action. Tapi, action tanpa ilmu akan menjadi liar tak terkendali. Oleh sebab itu, sekolah bisnis terus tumbuh baik dalam dan luar negeri.

Di Indonesia sendiri, antar sekolah bisnis juga terus bersaing untuk menjadi yang terbaik. Inovasi, upgrade pengajar, pengajaran, kurikulum, fasilitas serta jenjang pendidikan terus digenjot untuk memenuhi standard yang lebih tinggi bahkan sampai standar internasional juga terus dikejar. Berikut 7 sekolah bisnis di Indonesia yang bisa dikatakan terbaik untuk dimasuki.

Institut Teknologi Bandung – School of Business and Management

Mendengar kata ITB, tentunya yang sering menjadi sorotan adalah jurusan tekniknya. Namun, jangan salah, ITB memiliki SBM atau Sekolah Bisnis dan Manajemen yang tidak kalah hebat di lingkungan ITB sendiri. SBM menjalankan misi bernama Tridarma Perguruan Tinggi dimana didalamnya ada pendidikan, riset serta pengabdian pada masyarakat. Ada program unggulan dari SBM baik bersifat teori dan praktek. Bahkan, mahasiswanya dituntut untuk menciptakan sebuah perusahaan dimana dananya dipinjam dari bank swasta. Jenjang pendidikan yang ditawarkan adalah S1, S2 dan S3.

Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia

Fakultas ini memiliki kampus dengan konsep modern, dinamis serta bersahabat. FEUI sendiri memiliki lokasi di Depok dan Salemba. FEUI memiliki komitmen yang tinggi dengan memberikan pelayanan prima untuk tiap proses pengajaran. Hal ini bisa dilihat dimulai dari staff pengajarnya, kurikulumnya, pengajarannya, fasilitasnya serta program-program tertentu yang meningkatkan kualitas mahasiswanya. Jenjang pendidikan yang ditawarkan adalah S1 (sarjana), S2 (magister) dan S3 (doktoral)

Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Gadjah Mada

FEB menjadi salah satu fakultas favorit di UGM, Yogyakarta. Ada sekitar 5.500 mahasiswa serta 200 dosen plus anggota fakultas. FEB terus berkembang maju seiring dengan standar internasional yang diraih di tahun 2004 dimana saat itu terjadi perombakan besar dari mulai mutu pengajaran sampai fasilitas pendukungnya. FEB juga bekerja sama dengan beberapa kampus ternama di Asia. Jenjang pendidikan yang ditawarkan antara lain S1, S2 dan S3.

Prasetya Mulia Business School

Berlokasi di daerah Cilandak Jakarta, sekolah bisnis ini merupakan sekolah bisnis pertama yang didirikan di Indonesia yang memiliki program Master of Business Administration di awal tahun 1982. Sekolah ini didirikan oleh para anggota dari komunitas bisnis negara. Sekolah ini juga menawarkan program Magister Manajemen yang terkemuka. Program MM ini benar-benar menerapkan konsep bisnis dalam situasi dunia bisnis yang nyata. Program lain adalah S1 dan S2. Jenjang pendidikan ada S1, S2 dan Program Sertifikasi.

Fakultas Ekonomi Universitas Pajadjaran

Berlokasi di Dipatiukur, Bandung serta Jatinangor, Jabar, sekolah ini memiliki banyak program unggulan bagi seluruh mahasiswanya. Mutu pendidikan, staff pengajar, kurikulum serta fasilitas penunjang juga benar-benar diperhatikan. Sekolah ini menawarkan jenjang pendidikan dari S1 (Sarjana), S2 (Magister) dan S3 (Doktoral).

Universitas Diponegoro

Berlokasi di Semarang, sekolah bisnis dari kampus atau Universitas Diponegoro tidak bisa diabaikan begitu saja. Fasilitas yang lengkap termasuk tax center bagi mahasiswa yang mengambil jurusan perpajakan serta program studi yang lengkap untuk S1, S2 dan S3 dari mulai manajemen, akuntansi hingga ilmu ekonomi serta studi pembangunan ditawarkan oleh sekolah atau kampus ini. Tidak perlu khawatir tentang mutu pendidikan serta fasilitas penunjangnya.

IBII

IBII berlokasi di daerah Jakarta. Sekolah ini fokus pada ekonomi dan bisnis yang berorientasi ke standar dunia internasional. Sekolah ini memberikan banyak pemahaman strategis terkait dunia usaha atau bisnis serta bagaimana membangun perusahaan yang memiliki kesempurnaan dari sisi manajemen. Ada banyak kelebihan yang ditawarkan oleh sekolah ini.

Nah, dari ulasan ini, kira-kira, sekolah mana yang akan Anda tuju untuk merealisasikan mimpi Anda menjadi pengusaha yang bermental baja karena baik dari sisi psikis dan fisik sudah siap. Dengan bekal ilmu yang cukup serta keberanian apapun rumus investasi yang Anda miliki untuk bisnis Anda, bisa membawa kesuksesan.

Dapatkan berbagai informasi seputar Investasi & Keuangan Pribadi lainnya hanya di KoinWorks.

Tentang Penulis
Kalkulator finansial untuk hitung kebutuhan kamu

Hitung semua keperluan finansial kamu cukup di satu tempat

Punya uang Rp.100 Ribu? Mulai pendanaan sekarang dan dapatkan keuntungan hingga 14,5%.