Home » Blog » Gaya Hidup » Ikuti 8 Kiat Menjadi Pemimpin Hebat Bagi Wanita Karir Berikut Ini!

Ikuti 8 Kiat Menjadi Pemimpin Hebat Bagi Wanita Karir Berikut Ini!

Ikuti 8 Kiat Menjadi Pemimpin Hebat Bagi Wanita Karir Berikut Ini!

Ikuti 8 Kiat Menjadi Pemimpin Hebat Bagi Wanita Karir Berikut Ini! – Jika Anda seorang wanita, bukan berarti Anda memiliki batas untuk melakukan suatu pekerjaan.

Memang, tidak dapat dipungkiri bahwa kemampuan wanita sedikit berbeda bila dibandingkan dengan pria. Namun, sebagai wanita, Anda tetap bisa melakukannya selama Anda mampu.

Termasuk dalam hal berkarir. Tidak ada yang menghalangi Anda untuk terjun di dunia karir maupun bisnis. Anda berhak melakukannya selagi Anda bisa dan mau berusaha keras.

Baca juga: Hindari Kebiasaan Ini Jika Anda Ingin Jadi Salah Satu Pengusaha Sukses di Dunia! 

Layaknya pria, seorang wanita juga berhak menjadi pemimpin bagi orang lain. Baik di perusahaan tempat Anda bekerja atau di dalam bisnis yang Anda jalani sendiri.

Nah, untuk mencapai hal itu, Anda perlu memperhatikan beberapa kiat menjadi pemimpin hebat bagi wanita karir seperti Anda di bawah ini.

Yuk, simak selengkapnya!


Ikuti 8 Kiat Menjadi Pemimpin Hebat Bagi Wanita Karir Berikut Ini!

Asah Kemampuan Memimpin Anda Secara Maksimal

Asah Kemampuan Memimpin Anda Secara Maksimal

Siapapun memiliki potensi menjadi seorang pemimpin. Oleh karena itu, asah keterampilan Anda dalam memimpin kelompok di sekitar Anda.

Semakin sering Anda berlatih dan mempraktikkannya, kemampuan Anda akan semakin berkembang dengan baik.

Apalagi Anda adalah wanita, biasanya wanita membutuhkan pembelajaran khusus untuk mencapai sesuatu yang maksimal.


Kelola Emosi Anda Dengan Baik

Kelola Emosi Anda Dengan Baik

Dalam diri wanita, emosi merupakan komponen utama yang bisa mempengaruhi segalanya. Wanita cenderung lebih emosional daripada pria, baik dalam hal pekerjaan hingga percintaan.

Pemimpin yang ideal harus bisa mengendalikan emosinya, baik saat sedang sendiri maupun saat berbicara di depan rekan kerja/bawahan.

Jangan sampai emosional Anda mempengaruhi hasil pekerjaan Anda.


Bertindaklah Sebagai Pemimpin, Bukan Bos

Bertindaklah Sebagai Pemimpin, Bukan Bos

Status “bos” seringkali menjadi permasalahan dalam hubungan kerja, apalagi status “bos” ini diduduki oleh wanita yang terkenal dengan sensitivitasnya dan suka menyuruh-nyuruh.

Bersikaplah layaknya “pemimpin” yang tidak hanya memberikan perintah, tapi juga memiliki kerendahan hati untuk berdiskusi dan menerima masukan dari orang lain.

Tentu saja, sikap pemimpin yang seperti ini sangat disukai. Sehingga para bawahan Anda tidak akan merasa enggan untuk membagi ide mereka kepada Anda.


Menjadi Contoh yang Baik

Business woman
Photo by Humphrey Muleba on Unsplash

Kiat menjadi pemimpin hebat selanjutnya yaitu berusaha menjadi cermin dan teladan yang baik bagi seluruh rekan kerja Anda. Sebab, segala tindakan Anda akan menentukan bagaimana mereka bersikap.

Mulai dari cara berpakaian yang rapi dan sopan, hingga kedisiplinan. Seperti datang lebih pagi ke kantor dan hadir tepat waktu saat rapat bersama tim kerja. Sederhana bukan?


Berani Akui Kesalahan dan Bertanggung Jawab

Berani Akui Kesalahan dan Bertanggung Jawab

Baik pria maupun wanita, Anda tetap manusia yang mungkin melakukan kesalahan. Jangan gengsi mengakui kesalahan yang Anda lakukan.

Sebab, dengan mengakuinya, rekan kerja atau bawahan Anda cenderung akan lebih menghormati dan respect terhadap sikap Anda.


Lakukan Komunikasi Secara Terbuka (Open Discussion)

Lakukan Komunikasi Secara Terbuka (Open Discussion)

Seiring waktu, budaya kerja di lingkungan perusahaan cenderung berkembang.

Saat ini, para karyawan perusahaan lebih menyukai keterbukaan atau transparansi dalam berkomunikasi antara atasan dengan bawahan.

Memang terlihat seperti tidak ada batasan di antara keduanya, namun tindakan ini perlu Anda coba sebagai pemimpin wanita agar tujuan perusahaan dapat tercapai dengan baik.


Ciptakan Lingkungan Kerja yang Nyaman, Tidak Kaku

Ciptakan Lingkungan Kerja yang Nyaman, Tidak Kaku

Suasana nyaman saat bekerja penting adanya. Sebagai pemimpin, Anda harus berusaha menciptakan lingkungan yang bebas dan nyaman.

Mungkin, banyak karyawan yang memandang Anda sebelah mata karena menganggap seorang wanita tidak dapat menjadi pemimpin yang baik. Di sinilah Anda bisa membuktikan bahwa Anda layak menjadi pemimpin wanita yang hebat.

Dekatkan diri Anda pada mereka, serta terima semua ide-ide dan pendapat yang mereka ajukan. Kemudian, Anda dapat mendiskusikannya untuk mendapat sebuah kesepakatan rencana yang baru.

Intinya, jangan terlalu membatasi hubungan hingga menjadi kaku, itu hanya akan membuat tim Anda merasa takut dan tidak nyaman bekerja di bawah pimpinan Anda.


Jadilah Diri Anda Sendiri

Jadilah Diri Anda Sendiri

Inilah yang terpenting. Menjadi seorang pemimpin bukan hanya bertindak sesuai dengan apa yang bawahan Anda harapkan. Namun, Anda tetap harus ingat bahwa Anda adalah “Anda”.

Menjadi diri sendiri akan membawa keuntungan bagi Anda. Tidak akan ada tekanan dan tuntutan dalam diri Anda ketika bersikap.

Hal yang perlu dilakukan yaitu ubah sikap buruk Anda, setidaknya menjadi sedikit lebih baik dari sebelumnya


Menjadi pemimpin yang hebat juga harus mampu mengatasi segala permasalahan yang ada. Permasalahan-permasalahan tersebut sudah pasti akan dialami oleh seorang pemimpin wanita maupun pria.

Untuk mengembangkan keahlian Anda dalam memimpin, yuk lanjutkan studi Anda bersama KoinPintar di KoinWorks!

Perusahaan fintech peer-to-peer lending di bawah naungan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) ini menyediakan pinjaman dana untuk kebutuhan pendidikan Anda.

Anda bisa mengajukan pinjaman dana pendidikan mulai dari Rp 10 juta hingga Rp 2 miliar dengan bunga flat yang terjangkau yaitu sebesar 0.75% – 1.67% per bulannya.

Tenor pembayarannya juga dapat disesuaikan dengan kemampuan Anda, sehingga Anda tidak perlu khawatir lagi tidak bisa melanjutkan studi Anda ke jenjang selanjutnya.

Bagaimana? Anda berkeinginan untuk menjadi seorang pemimpin wanita yang hebat? Jangan lupa pelajari kiat-kiat di atas dan bergabung bersama KoinPintar ya!


Artikel Lainnya:
Nimas Des Aristanti
Take a chance and never stop swimming. I'm here with my goals.

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​