4 Trik Mudah agar Anda Rajin Belajar Setiap Hari – Banyak orang yang tidak memahami bahwa proses pembelajaran terus-menerus harus menjadi bagian penting di dalam kehidupan.

Belajar tidak hanya memberikan pengetahuan, tetapi juga bisa meningkatkan keterampilan lain yang bermanfaat.

Selain itu, belajar juga bisa membuat Anda menjadi lebih bahagia, lebih sehat, dan membantu melawan penuaan otak.

Dengan belajar, Anda akan menjadi lebih percaya diri dan menarik dalam hubungan interpersonal. Hal ini bisa terjadi karena dalam proses belajar, Anda akan menemukan fakta dan informasi menarik yang bisa dibagikan kepada orang lain dalam pertemuan sosial.

Lebih dari itu, belajar juga bisa memperluas pengetahuan Anda dan memungkinkan untuk mampu melihat berbagai hal dari sudut pandang yang berbeda.

Dengan demikian, Anda bisa lebih percaya diri dalam membuat keputusan baru berdasarkan semua pengetahuan yang didapatkan dari proses belajar.

Berikut ini ada 4 trik mudah agar Anda rajin belajar setiap hari. Yuk, simak bersama!

4 Trik Mudah agar Anda Rajin Belajar Setiap Hari

1Miliki Tujuan dalam Proses Belajar dan Lakukan Secara Bertahap

7 Alasan Mengapa Pengajuan Aplikasi Beasiswa Gagal, Jangan Berhenti Mencoba! (6) - Mau Jadi Pribadi yang Lebih Baik? Ayo Terapkan 6 Kiat Cerdas Berikut Ini - 5 Cara Menghilangkan Rasa Malas Belajar

Wajar, jika Anda memiliki tujuan yang signifikan dalam proses belajar. Namun, tujuan tersebut jangan berlebihan yang akhirnya akan membebani diri Anda.

Misalnya saja, Anda bertujuan untuk menguasai bahasa baru hanya dalam waktu 3 bulan saja dan harus mempelajari 50 kosa kata baru setiap hari.

Langkah terbaik yang bisa dilakukan adalah membuat tujuan dalam belajar dan memecahnya menjadi beberapa tujuan yang lebih kecil untuk dicapai. Saat melakukan hal ini, maka Anda bisa lebih bersemangat dalam membuat kemajuan belajar.


2Miliki Kebiasaan yang Spesifik untuk Dilakukan

belajar hal yang disukai di perguruan tinggi - Mau Jadi Pribadi yang Lebih Baik? Ayo Terapkan 6 Kiat Cerdas Berikut Ini - Tidak Minat Membaca Buku yang Bermanfaat? Ini 3 Solusinya - 3 Rutinitas Bermanfaat yang Perlu Anda Lakukan di Sela Jam Bekerja - buku favorit orang sukses

Saat mencoba menjalankan kebiasaan baru, sebagian orang sulit untuk mematuhi dan menjalankan hal tersebut. Hal yang bisa Anda lakukan adalah menjadikan kebiasaan belajar terhubung dengan rutinitas harian yang dijalankan.

Misalnya saja seperti ini, pada jam 1 sampai jam 2 siang akan belajar selama 1 jam untuk menambah pengetahuan baru. Cara seperti ini jauh lebih baik daripada Anda berkata bahwa akan belajar selama 1 jam pada hari ini.


3Miliki Jadwal Belajar dan Sisihkan Waktu Setiap Hari

7 Tips Belajar Bahasa Inggris dengan Mudah dan Cepat, Tak Perlu ke Luar Negeri! (1) - 5 Teknik Belajar Demi Mendapatkan Banyak Pengetahuan - 5 Alasan Mengapa Belajar Lebih dari Satu Bahasa Itu Perlu

Saat terlalu banyak pilihan aktivitas yang akan dilakukan, biasanya Anda akan sulit untuk fokus pada pembelajaran. Mulai dari sekarang buatlah jadwal khusus dalam satu hari yang akan digunakan untuk fokus belajar dan menambah pengetahuan.

Jika Anda telah terbiasa belajar dalam waktu tertentu, maka Anda bisa menerapkan kebiasaan tersebut secara otomatis di hari-hari selanjutnya.


4Jangan Hanya Fokus Pada Hasil, Nikmati Proses Belajar yang Dilakukan

Tambah Penghasilan dengan 5 Kerja Sampingan untuk Mahasiswa Ini

UCLA pernah melakukan sebuah penelitian dan menemukan bahwa saat memvisualisasikan proses dan langkah yang diperlukan untuk mencapai hasil, maka Anda lebih mungkin untuk tetap konsisten.

Di sisi yang lain, saat Anda memvisualisasikan hasil dan tujuan akhir dapat membuatnya terlihat mustahil dan tidak bisa dicapai.

Bayangkan langkah apa saja yang perlu Anda lakukan untuk mencapai tujuan. Saat Anda selesai dengan langkah tersebut, maka lanjutkan dengan langkah selanjutnya dan seterusnya.

Agar hasil belajar yang dilakukan menjadi optimal, Anda bisa mengikuti sebuah kelas pelatihan atau kursus yang memungkinkan untuk belajar dengan seorang guru yang kompeten.

Anda bisa belajar bahasa baru, keterampilan teknis yang mendukung pekerjaan dan karier, atau keterampilan leadership dan juga komunikasi.

Bagaimana dengan biaya pendidikan yang harus dibayarkan?

Jangan jadikan biaya pendidikan sebagai kendala Anda mendapatkan pengetahuan yang berkualitas. Saat ini telah ada solusi pinjaman dana yang disediakan oleh KoinPintar untuk digunakan dalam mengikuti pendidikan formal dan non-formal.

Anda hanya perlu melengkapi berbagai persyaratan yang diperlukan. Saat pengajuan tersebut disetujui, KoinPintar akan membayarkan biaya pendidikan secara langsung ke lembaga terkait atas nama Anda.

Selanjutnya, Anda tinggal membayarkan pinjaman tersebut dengan cara mengangsur sampai dengan 12 bulan ke depan. Cara seperti ini tentu saja jauh lebih ringan daripada harus membayar biaya pendidikan secara langsung di muka.

Tidak hanya itu saja, setiap beban dan bunga yang timbul akan diinformasikan kepada Anda dan tidak ada yang disembunyikan. Sehingga tidak akan ada pertambahan jumlah cicilan atau beban selama masa pembayaran.

Berbagai kemudahan di atas bisa terjadi karena tujuan utama dari KoinPintar adalah membantu seluruh masyarakat di Indonesia mendapatkan pendidikan dan keterampilan yang berkualitas tanpa perlu khawatir dengan biaya pendidikan yang mahal dan memberatkan.


Simulasi Pinjaman Dana Pendidikan
Pendidikan Formal
Pendidikan Non-Formal

Tersedia di:  

Mulai perjalanan finansialmu, dengan caramu.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.