5 Jenis Olahraga Hemat Bagi Pecinta Gaya Hidup Sehat!

5 Hal Penting yang Tidak Perlu Dihemat, Apa Saja? - 5 Jenis Olahraga Hemat Bagi Pecinta Gaya Hidup Sehat!

5 Jenis Olahraga Hemat Bagi Pecinta Gaya Hidup Sehat! – Menjalankan gaya hidup sehat, saat ini sudah menjadi salah satu tren yang populer di masyarakat.

Coba saja, kamu mencari topik pembicaraan tentang diet makanan sehat atau olahraga, pasti akan mudah ditemui di mana-mana.

Tetapi, masih banyak saja orang yang tidak tertarik menjalankannya karena dianggap mengeluarkan banyak biaya, khususnya olahraga.

Banyak dari mereka yang berpikir bahwa untuk menjaga badan tetap sehat harus menjadi membership di gym dan menyewa personal trainer, yang tentu butuh banyak biaya. Namun, kenyataannya berolahraga tetap bsia dilakukan dengan hemat, lho.

Nah, karena berolahraga itu penting untuk kesehatan tubuh, yuk simak beberapa jenis olahraga hemat ini yang bisa kamu lakukan tanpa perlu menguras kantong berlebih!


5 Jenis Olahraga Hemat Bagi kamu Pecinta Gaya Hidup Sehat!

Lari Mengitari Taman Dekat Rumah

olahraga lari teman - anak - keluarga - olahraga - sehat - bahagia - 5 Gaya Hidup Hemat Biaya yang Bisa Meningkatkan Harapan Hidup Seseorang - Terapkan 6 Pola Pikir Atlet Berikut Ini Agar Sukses Finansial - 5 Jenis Olahraga Hemat Bagi Pecinta Gaya Hidup Sehat!

Olahraga ini adalah yang paling umum dilakukan setiap orang, sangat sederhana dan mudah dijalankan.

Modal yang kamu butuhkan hanya pakaian serta sepatu yang nyaman untuk berlari, ditambah dengan niat dan konsistensi. Biasanya, akan lebih menyenangkan sambil mendengarkan lagu dari earphone.

Walaupun kedengarannya sederhana, namun jenis olahraga hemat ini punya banyak manfaat,  seperti membakar kalori tubuh, memperbaiki tulang, menambah massa otot dan mencegah resiko diabetes.

Bahkan, menurut The American Council on Exercise, orang yang memiliki berat badan sekitar 60-63 bisa membakar kalori sebanyak 396 kkal dalam 30 menit berlari pagi.

Baca Juga: 5 Gaya Hidup Hemat Biaya yang Bisa Meningkatkan Harapan Hidup kamu

Engga hanya kalori, tetapi kolestrol dalam tubuh juga terbakar lalu menjadi badan lebih lentur sehingga membuat kamu terhindar penyakit rematik.
kamu bisa melakukan jenis olahraga hemat ini sendirian, atau jika bosan ajaklah teman atau kerabat.


Beli Alat Skipping Lalu Lakukan Setiap Pagi

5 Jenis Olahraga Hemat Bagi Pecinta Gaya Hidup Sehat!
Img Source: https://parenting.firstcry.com

Kalau jenis olahraga hemat satu ini, tentunya bukan menjadi hal baru bagi kamu. Bahkan, saat kamu kecil pasti sering bermain dengan teman menggunakan karet gelang. Nah, sekarang mari untuk kembali memulainya dan melakukannya secara rutin untuk menunjang gaya hidup sehat.

Di zaman sekarang tentu kamu tidak harus menggunakan karet lagi, tetapi alat skipping yang harganya murah, kurang dari 50ribu.

Baca Juga: 5 Gaya Hidup Minimalis Ini Bikin kamu Hemat Lebih Banyak Uang Setiap Bulan

Dengan bermodalkan seharga segitu, kamu bisa tambah sehat karena lompat tali bermanfaat untuk melancarkan peredaran dara yang membuat kulit lebih sehat.Selain itu, kamu yang memiliki berat 60 kg akan terbakar kalorinya sebanyak 80kkal saat melakukannya selama 10 menit.


Workout from Home Lewat YouTube

5 Jenis Olahraga Hemat Bagi Pecinta Gaya Hidup Sehat!
Img Source: https://rightasrain.uwmedicine.org

Jenis olahraga hemat selanjutnya, kamu hanya perlu modal kuota internet untuk melakukannya. Ya, sekarang ini sudah banyak sekali konten-konten dengan topik olahraga, salah satunya Workout from Home.

Seperti namanya, Workout from Home adalah kegiatan olahraga di rumah, dan memanfaatkan segala sesuatu yang ada di dekat kamu atau bahkan tidak memakai alat sama sekali. kamu bisa mulai coba mencari-cari di sosial media, biasanya akan banyak ditemukan di Instagram atau YouTube.

Baca Juga: 9 Cara Bersenang-Senang Tanpa Uang, Yuk Berhemat!

Sebagai tips, kamu bisa mencari channel yang memang menyediakan konten berbagai jenis olahraga, agar nantinya tidak bosan. Contohnya seperti channel YouTube Blogilates.

Lakukan jenis olahraga hemat ini secara rutin dan konsisten, agar manfaatnya bisa kamu nikmati dengan maksimal.


Lakukan Gerakan Yoga Sederhana

berhemat saat kencan - olahraga - 5 Jenis Olahraga Hemat Bagi Pecinta Gaya Hidup Sehat!

Walaupun jenis olahraga hemat, bukan berarti kamu tidak bisa melakukan olahraga kekinian seperti Yoga.

Beberapa tahun terakhir, olahraga ini menjadi booming dan banyak orang mencoba untuk mempraktikkannya.

Untuk melakukan Yoga, kamu memang memerlukan instruktur, namun bisa juga lho untuk mencoba gerakan-gerakan dasar sederhana seperti Upward and Downward Facing Dog, Back Pain pose, dan Standing Pose.

Baca Juga: 5 Hal Penting yang Seharusnya Tidak Perlu Dihemat, Apa Saja?

Hanya bermodalkan matras, kamu bisa melakukan olahraga ini. Apalagi saat ini, sudah banyak juga pelatihan yoga gratis yang dilakukan di taman-taman kota. Gratis plus sehat!

Yoga tidak hanya membantu memperbaiki sistem pernapasan, tetapi saat kamu melakukan yoga secara rutin, tubuh akan semakin lentur dan kuat. Tentunya, jadi lebih sehat, bukan?


Bersepeda Keliling Kota

Sama seperti jenis olahraga hemat yang pertama, kamu bisa melakukan hal ini di lingkungan sekitar.

Bersepedanya tak usah terlalu keras dan serius, karena dengan santai saja kamu bisa berkeringat.

Agar lebih seru dan santai, ajaklah beberapa keluarga atau rekan kamu untuk ikut bersepeda. Jika kamu mengajak orang lain, kamu akan lebih rileks dan tak mudah lelah karena tidak hanya fokus dengan bersepeda.

Baca Juga: Rasakan 8 Manfaat Bersepeda Ini untuk kamu yang Ingin Berhemat

Saat bersepeda, usahakan tempat duduk dibuat lebih tinggi dari ukuran standar, agar saat kamu mengayuh lutut tak ikut tertetuk secara terus menerus, karena hal itu bisa membuat kamu cepat lelah.

Ketika kamu mendorong kayuhan, pastikan lutut dibuat lurus untuk memberikannya istirahat.

Walaupun kelihatannya seperti main-main, tetapi bersepeda bisa membantu mengurangi nyeri pada punggung bagi kamu yang memiliki keluhan sakit punggung.

Setelah mengetahui beberapa jenis olahraga hemat ini, tentunya sudah tak ada alasan lagi untuk berolahraga karena biayanya mahal.

Dengan bisa berolahraga secara hemat, kamu tidak hanya akan lebih sehat tetapi juga jadi memiliki dana untuk melakukan hal lainnya seperti mendanai di KoinP2P atau KoinRobo dari KoinWorks, Super Financial App.

KoinWorks, Super Financial App adalah sebuah solusi yang bisa membuatmu mengembangkan aset sekaligus meminjam dana, dalam satu aplikasi.

Melalui KoinWorks, kamu bisa mengembangkan aset melalui pendanaan di peer-to-peer lending, hanya dengan Rp100,000 dan sudah mendapatkan imbal hasil efektif mulai dari 18% per tahun.

Peer-to-Peer Lending (P2P) sendiri adalah marketplace tempat pertemuan antara pendana dan peminjam yang ingin mewujudkan tujuan keuangannya masing-masing.

Saat berinvestasi di Peer-to-Peer Lending (P2P), kamu akan menjadi seorang pendana yang akan mendapatkan imbal balik dari cicilan peminjam setiap bulannya.

Jangan khawatir, KoinWorks sudah berizin dan diawasi Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Berusaha untuk memiliki gaya hidup yang sehat dengan berolahraga dan berinvestasi adalah wujud dari self-love atau mencintai diri kamu sendiri, untuk memiliki kehidupan yang lebih baik di masa depan. Selamat mencoba!

Dapatkan berbagai informasi seputar Gaya Hidup dan Daily lainnya hanya di KoinWorks.

Tentang Penulis
Firda Nur Asmita

Firda Nur Asmita

As Firda enters her twenties, financial things become exciting stuff for her. Born with no golden steps on her shoes, make her sticks a big goal in life: financial freedom. So here it is, she's digging more and more knowledge to reach her goal. Then, share it with you through something she loves: words.
Kalkulator finansial untuk hitung kebutuhan kamu

Hitung semua keperluan finansial kamu cukup di satu tempat

Punya uang Rp.100 Ribu? Mulai pendanaan sekarang dan dapatkan keuntungan hingga 14,5%.