Home » Blog » Bisnis & UKM » 3 Event Wirausaha Terbesar Di Indonesia

3 Event Wirausaha Terbesar Di Indonesia

·
3 menit
event wirausaha

Hampir setiap tahun selalu ada event wirausaha besar di mana para pelaku usaha berkumpul bersama. Ada banyak manfaat untuk menghadiri event wirausaha yang berskala nasional maupun internasional baik untuk pengusaha atau calon pengusaha yang ingin menggali informasi tentang dunia usaha lebih jauh lagi. 

Melalui event tersebut, kamu akan dibekali pengetahuan bahwa memulai usaha tidak melulu soal modal, soal kredit multiguna atau pinjaman lainnya karena ada banyak peluang yang bisa dilakukan.

Simak ulasan berikut untuk mengetahui 3 event wirausaha terbesar di Indonesia. 


3 Event Wirausaha Terbesar Di Indonesia

1. Pesta Wirausaha TDA

Pesta Wirausaha TDA merupakan event wirausaha yang sudah berjalan secara rutin dari tahun ke tahun yang diselenggarakan oleh Komunitas Tangan di Atas (TDA). Tujuan event ini adalah untuk mendorong kemandirian dan pemberdayaan ekonomi. 

Oleh karena itu, Pesta Wirausaha menghadirkan beberapa stakeholder kewirausahaan di Indonesia. Mulai dari member TDA maupun non-member TDA, akademisi, korporasi bisnis, komunitas, pemerintah, hingga media. 

Acara ini memang layaknya pesta yang menjadi sarana bagi para pelaku usaha untuk bisa meningkatkan pengetahuan bisnisnya serta memperluas jaringan atau networking bahkan untuk dijadikan wadah promosi produk serta menjaga ritme semangat berwirausaha. 

Sempat rehat hampir 3 tahun akibat pandemi Covid-19, rencananya event ini akan kembali digelar pada awal tahun 2023 mendatang, lho. 

Penasaran seperti apa rincian kegiatan dan siapa pembicara yang akan mengisi acara? Pantengin terus akun instagram resmi Pesta Wirausaha TDA, ya!


2. Franchise & License Expo Indonesia (FLEI)

Bagi kamu yang berminat bisnis waralaba atau franchise, event wirausaha ini tepat dan wajib untuk dihadiri. Acara ini adalah tempat yang tepat untuk mengenalkan, mempromosikan serta untuk memperluas jaringan dan kesempatan bisnis kamu.

Kamu bisa mendapatkan banyak hal dari mulai knowledge, informasi dunia industri, menggali potensi bahkan bertemu dengan para pemilik franchise secara face-to -face atau berhadapan langsung.

Setelah dua tahun tertunda, FLEI Expo akan kembali menyapa wirausaha Indonesia pada tanggal 18-20 November 2022 di Jakarta Convention Center. Event ini juga menjadi pameran kedua di tahun 2022 setelah event pada Juni 2022 lalu. 

Nantinya, FLEI Expo edisi ke-19 ini akan memamerkan ratusan merek usaha dari Indonesia maupun luar negeri, seperti Malaysia, Hongkong, Singapura, Vietnam, dan beberapa negara lainnya. 

Event ini juga bisa terselenggara atas kerjasama ciamik Panorama Media bersama dengan Kamar Dagang & Industri Indonesia (KADIN) dan Perhimpunan Waralaba & Lisensi Indonesia (WALI).

Tak hanya itu, tiga kementerian yang turut mendukung FLEI Expo 2022, yaitu Kementerian Perdagangan (Kemendag), Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Kemenkop UKM) dan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf).


3. Info Franchise dan Business Concept (IFBC) EXPO

Masih seputar dunia francise, akan hadir IFBC atau Info Franchise dan Business Concept yang akan diselenggarakan di berbagai kota di Indonesia dengan jadwal yang berbeda-beda. 

Di tahun 2022, event ini menghadirkan lebih dari 25 pembicara, lebih dari 50 sesi, lebih dari 3.000 partisipan, dan 45.000 peserta. Untuk itu, bagi kamu yang ingin membuka usaha ada baiknya mengikuti acara ini, sebagai bahan pembelajaran juga sebagai tempat sharing sebelum memulai usaha.

Tenang aja, event ini rencananya akan kembali digelar di berbagai kota di Indonesia pada tahun 2023 mendatang, kok. Catat tanggalnya, ya!

  • Jakarta: 10 – 12 Maret 2023, ICE BSD
  • Bandung: 9 – 11 Juni 2023, Graha Manggala Siliwangi
  • Palembang: 4 – 6 Agustus 2023, Palembang Icon
  • Surabaya: 8 – 10 September 2023, The Square Ballroom
  • Jakarta II: 10 – 12 November 2023, ICE BSD

Dan sebagai gambaran, di event ini terdapat pameran franchise lokal, informasi bisnis, peluang usaha, dan peluang jaringan atau keagenan. Sedangkan untuk ragam usaha yang dipamerkan di event ini meliputi usaha kuliner, usaha pendidikan, bisnis retail, bisnis fashion, bisnis perlengkapan usaha, hingga investasi berjangka. 


Dari ketiga event wirausaha di atas, mana yang paling ingin kamu datangi?

Tak perlu bingung-bingung memikirkan kekurangan modal usaha, karena sekarang kamu bisa mengajukan pinjaman modal usaha dengan mudah di KoinBisnis dari KoinWorks!

Dengan bunga cicilan rendah, yaitu antara 0,75% – 1,67% per bulan, kamu bisa mendapatkan pinjaman modal hingga 2 miliar, lho. Tenang, tidak ada biaya tersembunyi, kok. 

Jadi, jangan jadikan kekurangan modal sebagai alasan menunda untuk berwirausaha, ya!

Yuk, Gabung KoinBisnis!

3 Event Wirausaha Terbesar Di Indonesia

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​