Perbedaaan Paket Usaha Dengan Franchise Atau Waralaba

·
4 menit
perbedaan franchise dengan paket usaha

Apakah kamu pernah melihat iklan atau poster iklan yang bertuliskan “buka peluang franchise” atau “jual paket usaha”. Nah, tahukah kamu jika kedua hal yang dituliskan dalam iklan tersebut merupakan dua hal yang berbeda? Atau, kamu berpikir bahwa kedua hal tersebut sama?

Well, sebenarnya keduanya merupakan hal yang berbeda lho. Oleh karena itu, apabila kamu berniat untuk memulai usaha franchise atau waralaba, maka kamu harus tahu perbedaan paket usaha dengan franchise atau waralaba. Penasaran? Yuk, simak selengkapnya dibawah ini!

Pengertian Franchise atau Waralaba

Zaman sekarang ini, pasti kamu sudah tidak asing lagi dengan istilah franchise atau waralaba. Nah, meskipun sudah tidak asing dengan istilah tersebut, apakah kamu juga tahu pengertian dari istilah tersebut?

Pada intinya franchise atau waralaba memiliki arti adanya sebuah perjanjian oleh pihak yang berisikan tentang hak khusus seorang atau badan usaha terhadap suatu cara kerja atau sistem bisnis dengan ciri khas usaha.

Cara kerjanya adalah dengan memasarkan barang atau jasa yang sudah berhasil dipasarkan dan selanjutnya bisa dikembangkan dan dimanfaatkan.

Usaha franchise atau waralaba ini akan mempertemukan pihak pembeli franchise atau franchisee dengan pihak penjual franchise atau franchisor.

Setelah itu, mereka akan membuat sebuah perjanjian yang mana didalamnya terdapat cara kerja bisnis atau sistem kerja bisnis tersebut beserta dengan HAKI (Hak Cipta Intelektual) yang telah diberikan.

Beberapa HAKI yang telah akan diberikan diantaranya adalah nama, merk dagang produk, dan juga cara kerja operasional untuk bisnis tersebut.

Pengertian Paket Usaha

Dewasa ini pasti kamu juga tidak asing lagi dengan istilah paket usaha. Karena keberadaannya memang sudah menjamur.

Tidak peduli di kota maupun di desa, sekarang ini kamu sudah bisa menemukan berbagai macam paket usaha. Ada paket usaha makanan ringan, paket usaha minuman, dan lain sebagainya.

Contoh paket usaha yang umum dan bisa ditentukan hampir di seluruh lapisan masyarakat adalah paket usaha minuman coklat, cincau, cheese tea, thai tea, dan juga boba.

Sedangkan untuk makanannya, ada paket usaha takoyaki, paket usaha sosis bakar, dan lain sebagainya.

Nah, pasti kamu sudah sering kan menemui paket usaha yang seperti ini? Lantas, apa sih paket usaha itu sendiri?

Bagi kamu yang sudah sering menemui contoh paket usaha, namun tak tahu apa artinya, nih intinya paket usaha adalah sebuah paket yang ditawarkan untuk memulai suatu usaha.

Biasanya, paket usaha dijual dengan harga yang lumayan murah. Karena paket usaha memang didesain khusus untuk mereka yang ingin membuka usaha dengan modal yang kecil.

Pada umumnya jika kamu membeli paket usaha maka kamu akan mendapatkan alat serta bahan untuk berjalan.

Misalkan kamu membeli paket usaha minuman coklat, maka kamu akan mendapatkan gerobak untuk jualan, plastic cup, sedotan, bahan minuman coklat, dan lain-lain.

Pada intinya ketika kamu membeli paket usaha kamu bisa menggunakan HAKI seperti nama, merk dagang, serta sistem operasional usaha dari orang yang menjual paket usaha tersebut.

Apabila kamu melakukannya kamu tidak dibebani kewajiban untuk membayar seperti Franchise Fee, Royalty Fee, dan juga distribution fee seperti yang dibebankan pada mereka yang memulai usaha franchise.

Apa itu Franchise Fee dan Royalty Fee?

Apabila kamu ingin memulai usaha franchise, kamu sebagai franchisee harus membayarkan sejumlah biaya yang mana disebut dengan istilah franchise fee kepada franchisor.

Selain biaya tersebut, kamu juga harus membayar yang namanya royalty fee. Biaya tersebut harus kamu bayarkan dalam kurun waktu tertentu sebagaimana yang telah ditetapkan pada saat franchise berjalan.

Lalu kapankah pembayaran tersebut harus kamu lakukan? Untuk hal tersebut bisa sesuai dengan kesepakatan yang telah kamu buat sebelumnya. Lantas, manakah yang harus kamu pilih? Paket usaha atau franchise?

Perbedaaan Paket Usaha dengan Franchise atau Waralaba

Well, jika kamu merasa bimbang dan bingung dalam menentukan paket usaha atau franchise, maka kamu bisa melihat perbedaaan paket usaha dengan franchise atau waralaba dibawah ini:

  • Cara/ metode operasional

Satu hal yang perlu kamu tahu semua hal yang ada pada usaha franchise tentunya akan lebih terstruktur, jika dibanding dengan paket usaha biasa.

Pada usaha franchise, biasanya kelangsungan usaha seperti sistem pemasarannya bersifat terpusat.

Sederhananya, untuk usaha franchise sistem pemasarannya sudah disediakan oleh pihak penjual franchise.

Nah, sedangkan dalam usaha paket usaha, kamu bisa berkreasi sesuka yang kamu mau. Karena pihak penjual paket usaha yang kamu beli tidak ikut campur lagi. Jadi, kamu bisa menjual paket usaha yang kamu beli dengan sistem pemasaran bagaimanapun yang kamu mau.

  • Penggunaan HAKI

Ketika kamu memulai usaha franchise maka kamu wajib untuk menggunakan HAKI yang telah ditentukan.

Sedangkan, apabila kamu memilih untuk memulai usaha paket usaha maka kamu bisa menggunakan merek milik kamu sendiri untuk membangun brand.

  • Surat Tanda Pendaftaran Waralaba (STPW)

Apabila kamu memilih memulai usaha franchise maka kamu akan mendapatkan STPW yang telah dikeluarkan oleh Kementerian Perdagangan.

Namun, apabila kamu ingin memulai bisnis paket usaha, kamu tidak harus memiliki STPW ini.

  • Harga

Masalah harga juga menjadi salah satu faktor yang menjadi pembeda antara paket usaha dengan franchise atau waralaba.

Pada umumnya, harga paket usaha akan dijual dengan harga yang relatif terjangkau, karena memang menyasar mereka yang ingin membuka usaha namun hanya memiliki modal kecil.

Untuk paket usaha kamu hanya perlu membayarnya sekali dan kamu tidak perlu membayar lagi selanjutnya.

Sedangkan untuk usaha franchise atau waralaba, harga yang ditawarkan pun akan cenderung lebih mahal.

Ditambah kamu harus membayar royalty fee lagi kepada pihak franchisor.  Namun, sekarang ini banyak juga franchise yang menawarkan peluang kemitraan atau waralaba, apabila kamu merasa berminat untuk bergabung dengan perusahaan franchise.

Nah, sekarang kamu sudah tahu kan perbedaaan antara paket usaha dan franchise. Intinya, apapun usaha yang ingin kamu pilih, baik itu paket usaha maupun franchise kamu harus berusaha dengan sebaik mungkin dan setotal mungkin agar usaha tersebut berhasil.

Mungkin harga franchise waralaba memang lebih mahal jika dibandingkan dengan paket usaha, namun dengan bergabung dengan bisnis franchise waralaba, kamu sudah mendapatkan nama dan kamu tidak perlu berjuang terlalu ekstra agar nama brand mu dikenal masyarakat.

Namun, apabila kamu hanya memiliki modal yang pas-pasan maka kamu bisa mencoba untuk membeli paket usaha terlebih dahulu.

Lihat bagaimana respon pasar terhadap brand yang kamu jual. Apabila respon masyarakat bagus, kamu bisa membuka cabang lain dari paket usaha mu tersebut.

Intinya adalah, dari ulasan mengenai perbedaaan paket usaha dengan franchise atau waralaba diatas, kamu bisa memilih jenis usaha yang sesuai dengan kondisi serta modal yang kamu miliki.

Keduanya pasti memiliki pro dan kontra nya masing-masing. Jadi, pertimbangkan terlebih dahulu sekiranya manakah yang bisa memberikan keuntungan maksimal dalam jangka waktu yang lama bagi kamu.

Miko
Dengan tulisan, Miko bisa membagikan banyak hal positif. Berkontribusi dalam pengembangan pengetahuan para pembaca membuatku bahagia.

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​

Super Financial App yang
membawamu #MelangkahLebih