Home » Blog » Bisnis & UKM » Tips Sukses Menggunakan Layanan Pre Order Untuk Bisnismu

Tips Sukses Menggunakan Layanan Pre Order Untuk Bisnismu

·
4 menit
Tips Sukses Menggunakan Layanan Pre Order untuk Bisnis

Image Source: mybookcave.com

Sistem pemasaran pre-order hingga saat ini masih banyak mendapatkan perhatian. Akan tetapi perlu kamu ketahui bahwa sistem pre-order sesungguhnya cukup riskan.

Ada kelebihan dan kekurangan yang bisa kamu temukan jika menggunakan sistem penjualan ini.

Bagi kamu yang tertarik untuk belajar bagaimana cara meningkatkan penjualan dengan sistem pre order ini, berikut ini adalah ulasannya.

Apa dan Bagaimana Cara Kerja Sistem Pre Order?

Sistem pre-order merupakan sebuah sistem dimana konsumen melakukan pembelian ketika item yang diinginkannya belum tersedia.

Untuk mendapatkan perhatian terhadap produk yang kamu akan jual dengan sistem pre order ini, kuncinya hanya satu. Kamu harus bisa membangun produk yang unik dan menarik bagi konsumen kamu.

Pada umumnya sistem pre order ini berjalan dari 1 minggu hingga 2 bulan. Akan tetapi ketika sistem pre-order kamu terlalu jauh waktunya, konsumen cenderung akan lupa dengan order yang mereka lakukan.

Keuntungan Menawarkan Layanan Pre-Order

Pelayanan pre order memberikan banyak keuntungan bagi konsumen maupun kamu sebagai pebisnis. Beberapa keuntungan melakukan pemesanan secara periodik ini antara lain:

  • Menyesuaikan produksi barang dengan kebutuhan pasar

Ketika kamu membuat produk dengan jumlah yang besar dan produk ini populer, kamu tidak akan menyesal bukan? Akan tetapi apa yang terjadi jika kamu sudah memproduksi besar-besaran tapi jumlah pemesanan hanya sedikit?

Hal ini pasti akan membuat kamu merasa kecewa? Masalah ini tidak akan terjadi jika kamu menerapkan sistem pemasaran pre order ini. Dengan sistem ini, kamu bisa tahu seberapa banyak produk yang harus kamu produksi untuk memenuhi kebutuhan pasar kamu.

  • Memberikan kesan limited edition

Salah satu keuntungan dari sistem pemasaran pre order adalah untuk membuat produk kamu terkesan limited edition. Ketika kamu memiliki barang yang berkualitas dan barang ini tidak mudah untuk didapatkan, konsumen akan merasa produk kamu spesial.

Ketika mereka bisa mendapatkannya mereka juga merasa bahwa diri mereka spesial dan beruntung.

Konsumen merasa spesial saat mendapatkan produk tersebut. Kamu bisa memanfaatkan emosi ini untuk menarik lebih banyak pembeli untuk produk kamu di masa depan.

  • Menjamin pemasukan

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya ketika kamu memproduksi barang dengan jumlah sebanyaknya pemesanan, kamu tidak perlu khawatir dengan barang yang tidak laku.

Kamu bisa berekspektasi mengenai berapa jumlah produk yang akan kamu jual sehingga tidak ada barang yang tidak berputar.

Akan tetapi selain itu, kamu juga bisa mendapatkan keuntungan lain dari segi pendapatan. Semua produk kamu yang dipesan sudah pasti akan menghasilkan pemasukan untukmu.

Jika produk kamu berhasil mendapatkan perhatian, meskipun ada produk yang di cancel, produk hasil produksi yang di cancel ini tetap bisa mendapatkan pemiliknya dengan menawarkannya sebagai produk hit and run.

Kekurangan Sistem Pre-Order

Ketika kamu membuat produk pre order yang berkualitas dan menarik pasti kamu akan menerima pemesanan dalam jumlah besar bukan? Hal ini tentu akan membuat kamu merasa senang melihat banyaknya jumlah order yang kamu dapatkan.

Sayangnya, sistem pre-order juga memiliki kekurangan. Kekurangan dari sistem pre order ini antara lain adalah :

  • Masalah operasional

Salah satu tantangan dalam menjalankan sistem periodik adalah masalah operasional. Ketika kamu menjalankan sistem pemesanan pre order, kamu harus siap dengan deadline yang kamu buat.

Artinya kamu harus benar-benar terorganisasi untuk bisa menyesuaikan janji pemenuhan order pada konsumen kamu.

Untuk memastikan kamu bisa memenuhi semua pre order ini kamu harus siap dari segi bahan baku, biaya produksi, masalah pengiriman, dan juga masalah ketepatan produksi.

Masalah pemenuhan produksi secara tepat waktu merupakan salah satu hal yang sangat menantang dan menjadi masalah utama dari sistem pemasaran pre order ini.

Ada cukup banyak brand yang berusaha memenuhi permintaan pre order tapi tidak memiliki sumber daya yang cukup untuk menangani permintaan tersebut.

Pada akhirnya brand ini akan membuat kecewa konsumen terkait dengan keterlambatan pengiriman barang dan penerimaan barang yang mereka tunggu-tunggu. Hal ini merupakan salah satu hal yang wajib dihindari jika kamu ingin membangun sistem penjualan pre order.

  • Menyesuaikan dengan ekspektasi konsumen

Hal lain yang membuat sistem pre order menjadi salah satu sistem yang cukup menantang adalah menyesuaikan produk yang kamu hasilkan dengan ekspektasi dari konsumen.

Konsumen cenderung tidak sabar. Keterlambatan pengiriman produk sedikit saja bisa menjadi salah satu trigger ketidakpuasan mereka.

Apalagi jika produk yang diterima tidak sesuai dengan ekspektasi dari segi kualitasnya. Mereka harus menunggu dalam waktu yang cukup lama hanya untuk menerima produk yang tidak sesuai dengan ekspektasi mereka. Hal inilah yang menjadi tantangan terberat selanjutnya dari sistem pre order ini.

Tips Membuat Strategi Pre-Order yang Menguntungkan

Dilihat dari ulasan kelebihan dan kekurangan sistem pre order ini, kita bisa simpulkan bahwa sistem pre order memang merupakan salah satu sistem pemasaran yang sangat menarik dan membawa keuntungan.

Akan tetapi sistem pre order ini juga memiliki kekurangan jika dilakukan tanpa organisasi yang baik.

Bagi kamu yang ingin merasakan keuntungan-keuntungan menjalankan strategi pre order ini berikut ini adalah beberapa tips yang bisa kami berikan.

1. Buat tim khusus layanan pre order

Hal pertama yang sangat penting untuk diperhatikan saat kamu akan membuka sistem dan layanan pre order adalah memastikan kamu memiliki tim khusus yang melayani permintaan pre order ini.

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, sistem pre order merupakan sistem yang cukup rumit.

Oleh karena itu dengan membuat tim khusus yang melayani layanan pre order ini. Layanan pre order kamu akan lebih sempurna.

2. Persiapan sumber daya dan melakukan perencanaan

Setelah kamu membangun tim khusus untuk layanan pre order ini, pastikan kamu membuat layanan pre order yang berkualitas dan memiliki perencanaan yang matang.

Mulai dari budget, bahan baku, ketersediaan sumber daya manusia untuk produksi, dan hal-hal lainnya harus dihitung dengan sungguh-sungguh.

Jika kamu sudah membuat perencanaan yang baik dan mengetahui kapasitas produksi kamu, kamu bisa membuka sistem pre order ini.

Mengetahui kapasitas produksi merupakan salah satu hal yang sangat penting untuk diperhatikan.

Hal ini disebabkan karena produk yang berkualitas saja tidak cukup untuk memuaskan konsumen yang sedang menunggu.

Ketepatan pengiriman juga menjadi salah satu hal penting sebagai indikator kepuasan konsumen terhadap produk pre order kamu.

3. Gunakan promosi pre order yang efektif

Promosi sebelum kamu membuka layanan pre order produk merupakan momen promosi paling penting.

Pembuatan promosi secara besar-besaran mengenai pembukaan layanan pre order yang akan kamu lakukan penting karena tujuannya untuk memberitahukan pada konsumen bahwa sistem pre-order hanya berlaku selama beberapa waktu.

Tujuan lainnya adalah memberikan urgensi pada konsumen untuk melakukan order produk yang kamu tawarkan.

Butuh modal lebih untuk penjualan produk pre order kamu?. KoinWorks siap mendukung lho.

Simulasi Pinjaman KoinWorks
Ketahui maksimum pinjaman dan cicilan per bulan
+62
Estimasi jumlah maksimum pinjaman

Rp

Estimasi cicilan bulanan
  • Tenor 6 bulan: Rp
  • Tenor 12 bulan: Rp
  • Tenor 24 bulan: Rp

Install aplikasi KoinWorks dan mulai ajukan pinjaman di KoinBisnis!

Ajukan Pinjaman Sekarang

 

Miko
Dengan tulisan, Miko bisa membagikan banyak hal positif. Berkontribusi dalam pengembangan pengetahuan para pembaca membuatku bahagia.

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​