Home » Blog » Bisnis & UKM » Cara Mudah Memulai Bisnis Makanan Ringan

Cara Mudah Memulai Bisnis Makanan Ringan

·
4 menit
cara memulai bisnis makanan ringan

Bisnis makanan memang salah satu jenis bisnis yang sangat populer. Jenis bisnis ini populer karena return yang didapatkan memang cenderung besar dibandingkan dengan bisnis lainnya. Selain itu ada banyak juga jenis yang dimilikinya. Salah satunya adalah bisnis makanan ringan. Untuk kamu yang tertarik memulai bisnis makanan ringan tapi masih pemula intip ulasan di bawah ini.


Memahami alasan berbisnis makanan ringan

Bisnis makanan selain memberikan laba yang lebih besar juga memiliki banyak kelebihan lainnya. Salah satunya adalah mengenai daya tahan yang dimiliki oleh bisnis ini. Bisnis makanan terutama bisnis makanan ringan adalah salah satu bisnis yang tidak mudah merugi. Hal ini disebabkan karena beberapa alasan :

  • Bisnis kebutuhan primer

Prinsip kebutuhan manusia yang pokok ada 3 yaitu kebutuhan primer, sekunder dan juga kebutuhan tersier. Makanan adalah kebutuhan primer, hal ini membuat bisnis makanan adalah bisnis yang cenderung lebih banyak yang dicari.

  • Lebih tahan lebih lama

Selanjutnya, tidak seperti bahan makanan yang lainnya. Bahan makanan umumnya lebih mudah membusuk. Mulai dari sayuran, buah maupun daging adalah jenis makanan yang lebih mudah membusuk. Karena kondisinya yang lebih mudah membusuk, makanan ini harus segera dijual.

Beda dengan makanan ringan. Makanan ringan adalah makanan yang memiliki daya tahan yang lebih lama, terutama jika disimpan dengan baik. Dengan daya tahan yang dimilikinya, makanan ringan menjadi lebih menguntungkan untuk digunakan dalam bisnis.

  • Dapat dijual secara online maupun offline

Selain itu, karena makanan ringan adalah makanan yang tahan lama karena memiliki sifat kering, makanan ini juga bisa dijual dengan sistem online maupun sistem offline. Jika kamu memiliki modal usaha kecil, maka menggunakan sistem online cocok digunakan untuk memulai bisnis makanan ringan ini.

  • Banyak dicari untuk banyak keperluan

Hal lain yang membuat bisnis makanan ringan menjadi sangat menarik dan banyak dicari adalah mengenai banyaknya orang yang membutuhkan produk bisnis makanan ringan ini. Selain dikonsumsi sendiri, makanan ringan juga bisa digunakan untuk suguhan acara-acara. Karena banyaknya tujuan penggunaan ini, bisnis makanan ringan menjadi lebih banyak dicari dan lebih banyak dibutuhkan.

Memang ada banyak sekali keuntungan yang akan kamu dapatkan jika memulai bisnis makanan ringan. Akan tetapi untuk memulai bisnis ini, pastikan kamu tahu dahulu cara membuat bisnis makanan ringan agar sukses. Bagi kamu yang baru akan memulai bisnis ini, berikut ini adalah beberapa tips untuk mensukseskan bisnis makanan ringan kamu.


Perhatikan trend

Untuk kamu yang ingin memulai bisnis makanan ringan, hal pertama yang harus kamu lakukan adalah memperhatikan tren yang sedang ada di masyarakat. Jika bisnis kamu adalah bisnis makanan ringan. Sangat penting untuk memperhatikan tren yang ada di kalangan kaum milenial.

Kaum milenial adalah salah satu bagian dari masyarakat yang paling mudah dijadikan sasaran di dunia bisnis makanan. Pasalnya kaum milenial adalah kaum yang paling mudah tertarik dengan sesuatu hal jika produk yang kamu miliki punya nilai untuk dijadikan bahan konten.

Ada banyak sekali tren yang sudah berhasil melambungkan sebuah bisnis karena mendapatkan perhatian dari kaum milenial. Contohnya adalah tren makanan pedas, tren makanan aci kemasan, tren kue artis dan masih banyak yang lainnya.

Jika kamu membuat bisnis dengan berbasis tren, bisnis kamu akan lebih mudah dikenali dan lebih banyak mendapatkan perhatian. Oleh karena itu, mengenal dan menganalisis tren sangat penting untuk dilakukan sebagai langkah awal bisnis kamu.


Perhatikan image brand

Hal selanjutnya yang perlu kamu perhatikan adalah mengenai image brand yang kamu miliki. Saat kamu akan membuat brand baru, image dari brand tersebut harus diperhatikan. Image brand bisa dibangun dari banyak hal. Mulai dari kualitas kemasan, sistem pemasaran dan juga cara mendekatkan produk kamu dengan masyarakat atau pangsa pasar.

Jika kamu ingin membuat bisnis yang cepat dikenal, buat image sesuai dengan pangsa pasar kamu. Jika kamu ingin menyasar pangsa pasar yang kelas atas, pastikan kemasan produk kamu premium dan buat produk dengan rasa dan bahan premium. Ini akan membantu kamu untuk mendapatkan perhatian dengan lebih mudah.


Buat daya tarik yang membedakan produk kamu

Selanjutnya adalah mengenai desain dan keunikan produk yang kamu miliki sendiri. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, kamu wajib membuat produk kamu dengan menggunakan bahan yang berkualitas dan rasa yang berkualitas. Akan tetapi, pastikan produk yang kamu miliki juga menarik perhatian dari konsumen kamu.

Salah satu contohnya adalah membawa makanan daerah menjadi makanan global seperti yang dilakukan oleh Maicih beberapa tahun yang lalu, dan masih banyak lagi yang lainnya. Makin unik produk yang kami miliki, makin mudah produk kamu dikenali oleh konsumen dan makin mudah kamu mendapatkan perhatian untuk produk tersebut. Makin banyak perhatian, sudah pasti makin banyak dan makin besar bukan keuntungan yang akan kamu dapatkan bukan?


Gencarkan iklan sosial media

Selanjutnya, untuk kamu yang ingin mendapatkan keuntungan lebih besar dari bisnis makanan ringan kamu, jangan lupa untuk melakukan pengiklanan di sosial media dengan gencar. Salah satu cara membangun image brand kamu adalah dengan membuat iklan di sosial media dengan baik.

Sosial media adalah salah satu cara pemasaran yang menawarkan banyak keuntungan. Iklan di sosial media lebih menarik dan lebih menguntungkan karena pengiklanan ini dapat menyasar lebih banyak pasar bisnis. Sosial media saat ini adalah salah satu cara utama untuk komunikasi. Jenis sosial media juga sangat banyak. Salah satu sosial media terbaik untuk melakukan pengiklanan adalah Instagram.

Jika kamu ingin melakukan pengiklanan di Instagram, pastikan kamu tahu bagaimana cara membuat gambar, video dan juga gif yang menarik untuk memastikan produk yang kamu miliki lebih banyak mendapatkan perhatian.


Gunakan bahan populer di kalangan milenial

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, milenial adalah salah satu segmen pasar yang sangat menarik. Segmen pasar ini memberikan banyak peluang bagi bisnis baru untuk lebih mudah mendapatkan perhatian.

Kalangan milenial menyukai konten, hal inilah yang membuat produk kamu menjadi lebih mudah dikenali jika memiliki nilai jual di mata kalangan ini. Oleh karena itu, untuk menarik perhatian kalangan milenial, kamu bisa melakukan riset mengenai jenis-jenis bahan yang disukai oleh kalangan tersebut untuk membangun produk kamu.

Beberapa jenis bahan yang banyak disukai oleh kalangan milenial adalah keju, makanan pedas dan juga makanan-makanan asing yang berbau Korea. Akan tetapi perlu kamu ketahui bahwa tren akan terus berganti sehingga kamu harus melakukan riset terus menerus jika ingin produk makanan ringan kamu tembus pasar bisnis kuliner dan bisa bertahan.

Miko
Dengan tulisan, Miko bisa membagikan banyak hal positif. Berkontribusi dalam pengembangan pengetahuan para pembaca membuatku bahagia.

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​