Home » Blog » Bisnis & UKM » 5 Tips Memilih Influencer yang Tepat untuk Bisnis

5 Tips Memilih Influencer yang Tepat untuk Bisnis

·
3 menit
influencer sedang membuat konten

Influencer marketing merupakan salah satu strategi digital marketing yang banyak digunakan para pebinsis dewasa ini.

Jangkauannya yang luas dan hasil/return yang cepat menjadi dua alasan utama strategi ini jadi andalan.

Metodenya pun terbilang sederhana. Kamu hanya perlu memilih satu influencer yang nantinya akan mempromosikan bisnismu lewat konten-konten media sosial buatannya.

Kamu bisa mengawali langkah dengan menghubungi influencer pilihanmu. Biasanya, setelah itu dia akan mengirimkan rate card atau daftar harga per-layanan atau konten yang dia buat untuk mempromosikan bisnis.

Setelah kamu setuju, kerjasama pun terjalin. Langkah selanjutnya, kamu bisa mengirimkan brief atau detail informasi seputar bisnis atau produk yang ingin kamu promosikan, yang akan menjadi acuan dia dalam membuat konten.

Nantinya, sang influencer akan membuat konten yang isinya sesuai dengan permintaanmu. Misalnya, bagian atau fitur apa yang ingin ditonjolkan, dan sebagainya.

Lalu, ia akan mempublikasikannya di media sosial dan bisa disaksikan oleh ribuan, bahkan jutaan pengikutnya.

Meski terdengar sederhana, pemilihan influencer untuk mempromosikan bisnismu ini perlu dilakukan dengan pertimbangan-pertimbangan tertentu.

Tujuannya adalah agar promosimu tepat sasaran dan dipromosikan oleh orang yang tepat yang bisa menjangkau target pasarmu.

Apa saja caranya?

Simak 5 tips memilih influencer yang tepat untuk bisnismu di bawah ini!


1. Identifikasi Relevansi Brand

Dalam memilih influencer, hal pertama yang harus kamu perhatikan adalah relevansinya dengan brand atau bisnismu.

Tips memilih influencer yang tepat adalah memilih influencer yang bergerak di bidang yang sama dengan bisnismu.

Misalnya, kamu adalah pengusaha kuliner yang ingin mempromosikan salah satu restoranmu lewat influencer marketing. Maka, pilihlah influencer yang sering membahas mengenai kuliner, traveling, dan sebagainya.

Hal tersebut penting karena fokus konten seorang influencer akan mempengaruhi minat dan jenis audiensnya.

Bila kamu memilih influencer kuliner, maka audiensnya kebanyakan adalah mereka yang juga suka berwisata kuliner, jalan-jalan dan mengeksplor berbagai tempat makan, atau mereka yang sedang mencari rekomendasi tempat makan dan tempat wisata kuliner.

Oleh karena itu, adalah pilihan yang tepat memilih influencer tersebut untuk mempromosikan restoran barumu.

2. Ketahui Siapa Followers-nya dan Berapa Jumlahnya

Memilih influencer dengan jumlah followers yang banyak adalah cara yang paling lumrah dilakukan.

Itu karena kita biasa berpikir dengan asumsi bahwa semakin banyak followers, maka semakin luas pula jangkauan audiens influencer tersebut. Dan ketika kita memilihnya untuk mempromosikan sebuah produk, maka jumlah audiens yang melihat dan menonton konten promosi tersebut akan semakin banyak pula.

Hal tersebut tidak salah.

Meski begitu, jumlah followers bukanlah satu-satunya hal yang harus jadi pertimbangan kita ketika memilih influencer.

Kita juga harus memperhatikan orang-orang atau kelompok apa saja yang mem-follow influencer tersebut.

Ditelaah dari segi demografi, misalnya, ada seorang influencer kuliner yang kebanyakan followers-nya adalah anak-anak muda usia SMA s/d mahasiswa.

Di sisi lain, ada seorang influencer lain yang kebanyakan followers-nya adalah orang-orang dewasa muda dari kalangan pekerja kantoran usia 24 tahun ke atas.

Bila kamu ingin mempromosikan restoran yang menganut konsep klasik dan mewah, disertai dengan menu-menu makanan autentik berbahan segar dan berkualitas, maka akan lebih baik bila kamu memilih influencer yang kebanyakan followers-nya adalah orang-orang dewasa muda dan pekerja kantoran.

Hal itu disebabkan karena kisaran harga makanan di restoranmu cukup tinggi. Sehingga, target pasarmu lebih menyasar orang-orang yang sudah berpenghasilan.

Jangan lupa pastikan followers dari influencer pilihanmu adalah pengguna asli, ya! Bukan bot atau akun palsu hasil beli followers.

3. Pilih Influencer dengan Engagement yang Baik

Alasan lain mengapa kita tak boleh hanya mempertimbangkan pemilihan influencer dari jumlah followers-nya adalah karena yang sesungguhnya menunjukkan kuatnya interaksi antara influencer dengan followers adalah engagement.

Engagement adalah sebuah tolak ukur yang digunakan untuk melihat tingkat keterlibatan audiens dalam sebuah strategi marketing, terkhusus media sosial.

Bila engagement seorang influencer tinggi, maka ketika dia mempublikasikan sebuah konten, jumlah likes dan komentar dari para followers-nya akan banyak pula.

Engagement menunjukkan apakah konten influencer itu benar-benar berpengaruh dan bisa meningkatkan minat audiens.

4. Ketahui Media Sosial yang Digunakan dan Kecocokannya dengan Audiensmu

Setiap media sosial memiliki mayoritas pengguna dari kalangan yang berbeda.

Misalnya, Facebook lebih didominasi pengguna dari kalangan orang dewasa hingga tua (generasi X, baby boomers), sementara Instagram didominasi pengguna anak muda hingga dewasa muda (generasi Z, Y, dan sebagainya).

Nah, kamu harus memilih influencer yang menggunakan media sosial yang sesuai dengan target pasarmu agar bisa membidik audiens-audiens potensial yang cocok dengan bisnismu.

5. Ketahui Kualitas Konten-konten yang Dibuatnya

Jangan lupa untuk mengetahui bagaimana kualitas konten yang telah dibuat oleh seorang influencer, karena hal tersebut akan menunjukan profesionalismenya dalam bekerja.

Kamu bisa memperhatikan apakah konten-kontennya membahas topik/produk secara komprehensif, apakah kualitas gambar/video/audionya baik dan diambil menggunakan alat yang memadai, teknik editingnya, kalimat ajakan yang digunakan, dan masih banyak lagi.


Berminat pakai influencer marketing untuk mempromosikan produk dan bisnismu? Pakai platform digital marketing dan influencer marketing aja! Virallo dan Endorsaja bisa jadi solusinya!

Tanpa perlu bingung dan menentukannya secara manual, Virallo dan Endorsaja akan membantu kamu menentukan influencer-influencer yang paling tepat untuk mempromosikan bisnismu sesuai dengan karakteristik audiens, jenis bisnis, dan masih banyak lagi.

Nikmati potongan harga hingga jutaan rupiah dengan belanja layanan Virallo dan Endorsaja di KoinWorks Business Marketplace!

Dapatkan harga spesialnya di sini!

Selma Kirana
Aspiring story-teller. A former journalist being lovestruck in finance industry.

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​