10+ Website dan Aplikasi Pembuat Logo Online yang Cocok Bagi Pemula

aplikasi pembuat logo online

Logo adalah salah satu hal penting yang harus dipersiapkan saat merintis bisnis. Tapi, adakah aplikasi pembuat logo online yang cocok bagi pemula?

Jawabannya ada, dong!

Di artikel ini KoinWorks akan membagikan beberapa aplikasi pembuat logo online yang cocok bagi pemula. Apa saja, ya? 

Sebelum itu, cari tahu pentingnya sebuah logo dalam merintis bisnis, yuk!


Apa Pentingnya Logo bagi Sebuah Bisnis?

Logo adalah elemen wajib bagi sebuah bisnis jika ingin terlihat lebih profesional dan unggul dari kompetitor. Untuk itu, supaya berhasil membranding bisnis kamu harus meluangkan waktu untuk membuat desain logo yang menarik dan memiliki ciri khas. 

Lebih lanjut, melansir dari BBC, logo dari sebuah bisnis ternyata dapat langsung menghubungkan pikiran pelanggan dengan bisnis yang kamu kelola tanpa perlu melihat namanya, lho. 

Pasti kamu juga pernah, dong, mengenali sebuah brand hanya dari logonya saja? 

Nah, jika dahulu pemilik bisnis harus menyewa jasa profesional untuk membuat logo yang menarik, kini kamu bisa membuat desain logo dengan mudah di internet, lho. 

Ingin mencobanya? Yuk, simak dan coba daftar website dan aplikasi pembuat logo online di bawah ini.


Aplikasi Pembuat Logo Online

1. FreeLogoDesain

FreeLogoDesign adalah aplikasi pembuat logo online yang ditujukan bagi para pebisnis yang masih merintis bisnisnya. 

Sebab, aplikasi yang satu ini mengklaim bahwa tools mereka bisa digunakan secara gratis namun bisa membantumu membuat logo yang profesional hanya dalam hitungan menit. 

Selain itu, FreeLogoDesign juga menawarkan lebih dari 1000 template logo yang bisa kamu kreasikan sesuai keinginan. 

Untuk langkah penggunaannya, hal pertama yang harus kamu lakukan adalah ketikkan nama bisnis lalu klik ‘Get Started’. Kemudian, kamu akan diminta untuk memilih desain

Selanjutnya, edit desain dengan menambahkan teks, ikon, template lainnya, atau mengombinasikan beberapa desain sesuai keinginan. 

Terakhir, klik ‘Save’ untuk menyimpan desain yang telah dibuat. 


2. Canva

Aplikasi pembuat logo online yang satu ini cukup populer karena kemudahan yang ditawarkan. Apalagi kalau bukan Canva

Canva bisa membantu kamu untuk membuat logo lewat beragam template dan fitur menariknya. Terdapat beragam template logo yang dikategorikan sesuai bidang bisnisnya, mulai dari fashion, kecantikan, edukasi, F&B, dan masih banyak lagi. 

Selain membuat logo, Canva juga bisa jadi andalan kamu untuk membuat desain poster, kartu nama, hingga materi presentasi, lho. 

Tertarik menggunakan Canva? Cukup daftarkan akun email atau Facebook saja kamu sudah bisa menggunakannya secara gratis.

Akan tetapi, jika kamu kurang puas dengan fitur-fitur di paket gratis kamu bisa coba paket berbayar Canva Pro seharga $164.98 atau setara dengan Rp2,3 juta per tahun. 


3. Zyro Logo Maker

Zyro Logo Maker adalah aplikasi pembuat logo online berbasis Artificial Intelligence (AI). Aplikasi ini memiliki klaim bahwa penggunanya dapat membuat logo online secara gratis hanya beberapa menit meski tanpa keterampilan desain sekalipun. 

Untuk membuat logo yang menarik, tentu kamu memerlukan beberapa elemen yang mendukung, bukan?

Tenang saja, dengan menggunakan Zyro Logo Maker terdapat beragam pilihan font, warna, hingga icon yang bisa kamu kreasikan, lho. Cukup atur sesuai dengan image brand kamu dan sesuaikan dengan apa yang ingin kamu tonjolkan dari logo tersebut. 

Jika sudah, tinggal download saja karyamu. Mudah, bukan?

Menariknya, Zyro Logo Maker memiliki dua opsi pembuatan logo yang berbeda, yaitu:

  • Menggunakan AI Logo Generator. Pada opsi ini, kamu akan diminta memilih template awal, warga, serta bentuk logo. Tunggu beberapa saat dan logo siap untuk kamu download. 
  • Membuat logo secara mandiri. Pada opsi ini, kamu akan diminta untuk menulis nama brand, tagline, bidang industri, dan keperluan logo. Setelah itu, akan muncul beberapa logo yang bisa kamu download atau modifikasi sesuai keinginan. 

4. DesignEvo

Aplikasi pembuat logo online yang mudah dan gratis akan sangat menghemat tenaga serta biaya. Salah satu aplikasi yang bisa kamu gunakan adalah DesignEvo.

Memiliki lebih dari 10 ribu template, kamu bisa memilih template yang diinginkan hanya dengan mengetikkan kata kunci saja, lho. 

Tak hanya itu, tersedia lebih dari 100 font menarik dan up to date yang akan membuat logo kamu terlihat lebih update. 


5. Hatchful

Hatchful merupakan aplikasi pembuat logo online yang berada di bawah naungan Shopify, perusahaan perdagangan elektronik asal Kanada.

Aplikasi ini menyediakan beberapa jenis desain logo menarik untuk berbagai tipe bisnis, mulai dari kecantikan, teknologi, obat-obatan, jasa, dan lain sebagainya. Selain itu, terdapat pula beragam pilihan gaya logo, seperti klasik, futuristik, dan lain-lain. 

Semua fitur yang tersedia pada Hatchful bisa kamu nikmati secara gratis, lho. Caranya juga mudah. 

Cukup pilih jenis industri bisnis kamu, persona brand, nama, tagline, serta keperluan logo, kemudian akan muncul berbagai opsi logo menarik yang bisa kamu pilih. 


6. Visme

Visme adalah aplikasi online yang bisa membantu kamu dalam membuat infografis, presentasi, bagan, animasi, hingga logo. Aplikasi ini menyediakan template siap pakai yang mudah digunakan. 

Selain itu, Visme juga memiliki fitur berupa grafis, warna, font, serta lainnya yang bisa kamu ubah sesuai keinginan. Kemudian, opsi autosave yang tersedia juga akan sangat membantu kamu lebih tenang ketika lupa menyimpan hasil editan yang belum selesai. 

Meskipun pendaftarannya dapat dilakukan secara gratis, terdapat beberapa fitur dan template yang hanya tersedia pada paket berbayar, ya. 


7. Oberlo

Oberlo merupakan sebuah perusahaan jasa dropshipping yang melebarkan sayapnya menjadi penyedia tools marketing, seperti business name generator, profit margin calculator, hingga pembuatan logo online. 

Untuk membuat logo di Oberlo, cukup klik menu ‘Generate Logo’. Kemudian, kamu akan diarahkan ke halaman pembuatan dan pengaturan yang menyediakan berbagai macam desain yang bisa diatur sesukamu. 


8. LogoMakr

LogoMakr merupakan aplikasi pembuat logo online yang bisa membuat logo bisnis kamu jadi lebih menarik dan intuitif. 

Menariknya, di halaman awal aplikasi ini kamu akan langsung disambut dengan tutorial cara membuat logo online dalam bentuk video.

Selain itu, aplikasi ini juga menyediakan berbagai template, ikon dan grafis, serta kumpulan font aesthetic yang bisa kamu gunakan secara gratis.  

Setelah itu, kamu bisa langsung mengunduh logo yang telah dibuat secara gratis dengan resolusi maksimal 200 piksel. 

Jika ingin mengunduh logo dengan resolusi yang lebih tinggi, maka kamu harus membeli paket berbayar LogoMakr. 


9. NameCheap

Aplikasi pembuat logo online yang selanjutnya adalah NameCheap

Untuk menggunakan aplikasi ini, pertama-tama klik menu ‘Create Your Logo’. Kemudian, akan muncul beberapa pertanyaan mengenai gaya font, ikon, dan skema warna yang kamu inginkan. 

Setelah itu, NameCheap akan membuat desain sesuai dengan jawabanmu dari pertanyaan di atas. 

Kelebihan dari aplikasi ini adalah kamu tak perlu mengeluarkan biaya untuk mengunduh logo beresolusi tinggi dan file vektor yang dihasilkan. 


10. Ucraft

Dibandingkan dengan aplikasi pembuat logo online yang telah disebutkan sebelumnya, tampilan antarmuka Ucraft terbilang lebih sederhana. 

Sebab, aplikasi ini tidak menyediakan template logo bawaan ataupun menanyakan preferensi desain logo online yang kamu inginkan. Akan tetapi, aplikasi ini akan meminta kamu langsung memilih ikon dan font lalu memodifikasinya lewat opsi yang tersedia secara mandiri. 

Jika sudah, kamu bisa langsung mengunduh logo tersebut melalui dua pilihan ekstensi file, yaitu .PNG untuk versi gratis dan .SVG untuk pengguna berbayar. 


11. Online Logo Maker

Meski tampilan website Online Logo Maker terbilang biasa saja, kemampuan aplikasi ini dalam membuat logo tidak bisa dianggap remeh, lho. 

Di aplikasi ini, kamu akan diberikan satu template logo secara acak. Dari template tersebut, kamu bisa modifikasi sesuai selera mulai dari mengubah font, simbol, maupun grafis lain. 

Selain itu, kamu juga diberi kebebasan untuk mengunggah gambar supaya hasil akhir logo menjadi lebih personal. 

Jika sudah, kamu bisa mengunduh logo tersebut secara gratis dengan resolusi maksimal 300 piksel. 


12. MarkMaker

Untuk membuat logo online, mula-mula kamu akan diminta untuk menuliskan nama brand bisnismu. Setelah itu, MarkMaker akan menampilkan berbagai variasi logo yang bisa kamu pilih sesuai selera. 

Jika sudah, kamu bisa langsung mengunduh logo tersebut. Hal ini merupakan salah satu kelemahan dari MarkMaker, yaitu kamu tidak bisa mengedit atau memodifikasi logo secara manual.


13. Vectr

Apabila kamu sudah sedikit familiar dengan aplikasi desain grafis Vectr bisa menjadi pilihan bagi kamu, Sobat KoinWorks. 

Sebab, di aplikasi ini kamu bebas berkreasi untuk membuat logo mulai dari nol. Lebih lanjut, tidak ada pilihan template atau pertanyaan interaktif yang diajukan untuk menyesuaikan tampilan logo dengan bidang bisnis yang dijalankan. 

Namun, kamu tak perlu khawatir karena Vectr menyediakan fitur-fitur yang cukup lengkap, lho. Mulai dari elemen grafis yang siap pakai, pilihan font yang beragam, hingga opsi membuat logo online dengan pen tool. 


14. Free Logo Design

Free Logo Design merupakan aplikasi pembuat logo online yang ramah bagi pemula. 

Di halaman awal, kamu akan langsung diminta untuk mengetikkan nama brand bisnismu. Jika sudah, aplikasi ini akan menyajikan berbagai template desain logo online untuk kamu pilih.

Setelah itu, kamu bebas memodifikasi logo tersebut. Mulai dari mengganti teks, mengubah warna, hingga menambahkan simbol baru. Bahkan, di Free Logo Design kamu juga bisa mendesain logo mulai dari nol, lho. 


15. Adobe Spark’s Logo Maker

Aplikasi pembuat logo online yang terakhir adalah Adobe Spark’s Logo Maker. Sesuai namanya, aplikasi ini berada di bawah naungan Adobe, perusahaan teknologi dan multimedia yang sangat populer. 

Melalui tampilan awal yang interaktif, mula-mula kamu akan disuguhkan pertanyaan seputar nama brand, bidang bisnis, hingga karakteristik tampilan logo yang kamu harapkan. 

Jika sudah, Spark’s Logo Maker akan menyajikan berbagai template logo yang bisa kamu pilih dan modifikasi lebih lanjut. 


Selain logo, hal penting yang perlu kamu siapkan ketika akan merintis sebuah bisnis adalah modal usaha. 

Jika kamu tengah kekurangan modal usaha, tak perlu khawatir karena saat ini ada KoinBisnis dari KoinWorks.

Dengan KoinBisnis, kamu bisa mengajukan pinjaman modal usaha hingga Rp2 miliar dengan bunga rendah, yaitu 0,75% – 1,67% per tahun, lho!

Tenang, tak ada biaya tersembunyi, kok!

Yuk, ajukan pinjaman modal usaha di KoinBisnis!

Kunjungi KoinBisnis!

Dapatkan berbagai informasi seputar Pengembangan Bisnis dan Daily lainnya hanya di KoinWorks.

Tentang Penulis
Gina Valerina

Gina Valerina

Gina began her professional journey within the realm of finance, accumulating a wealth of invaluable insights and hands-on experiences. Building upon this extensive background, she uses her expertise to carefully create informative articles. Each article is born from in-depth research and her unwavering dedication to providing her audience with well-verified insights.
Kalkulator finansial untuk hitung kebutuhan kamu

Hitung semua keperluan finansial kamu cukup di satu tempat

Punya uang Rp.100 Ribu? Mulai pendanaan sekarang dan dapatkan keuntungan hingga 14,5%.