Home » Strategi Bisnis » 8 Cara Agar Unggul dari Kompetitor Bisnis Furniture

8 Cara Agar Unggul dari Kompetitor Bisnis Furniture

8 Cara Agar Unggul dari Kompetitor Bisnis Furniture

Bagi setiap pemilik bisnis furniture, menjadi unggul di tengah-tengah ketatnya persaingan bisnis dengan kompetitor adalah suatu keharusan. Supaya bisnis kamu dapat berkembang dan memiliki pelanggan setia yang selalu kembali untuk membeli produk furniture yang kamu tawarkan.

8 Strategi Bersaing dengan Kompetitor dalam Bisnis Furniture

Persaingan pasar dalam dunia bisnis adalah hal yang tidak asing. Ada delapan cara agar usaha kamu tetap unggul dari kompetitor dalam bisnis furniture, seperti berikut ini: 

Mengamati Kompetitor

Untuk dapat bersaing dengan kompetitor lain, kamu perlu melihat seberapa besar peluang pasar yang tersedia. Kamu harus mencari tahu tentang siapa saja yang akan menjadi pesaing paling kompeten. 

Dengan begitu, kamu bisa menentukan langkah selanjutnya. Ketika kamu mengetahui pesaing, maka secara tidak langsung kamu bisa menentukan cara untuk menghadapi pesaing tersebut. 

Ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk mengamati seberapa kompetennya pesaingmu. Misalnya, mengecek akun sosial media atau web mereka, sehingga kamu bisa meninjau strategi bisnis yang mereka lakukan. 

Ada banyak kompetitor furniture yang kompeten, kamu bisa mengecek akun Instagram mereka. Contonya @dekoruma, @viverecollection, @goodget.home, @ikea_id, dan lain sebagainya. 

Selain itu, kamu juga bisa meminta orang terdekatmu untuk melakukan interaksi dengan mereka. Misalnya, seperti membeli produk yang mereka tawarkan. Terakhir, lakukan pemantauan tentang promosi terbaru yang mereka berikan kepada pasar.

Mengenali Konsumen

Adanya perubahan minat dan kebutuhan konsumen akan berdampak pada bisnismu, jadi amati masalah ini secara berkala. 

Kamu bisa mencari tahu tentang kebutuhan dan prioritas konsumen. Apakah harga terjangkau atau bahkan lebih fokus pada kualitas premium. Nah, dari sinilah kamu bisa menyusun strategi pemasaran yang lebih matang untuk mengembangkan produk furniture milikmu.

Jika kamu baru memulai bisnis, maka sebaiknya fokus pada target konsumen yang spesifik terlebih dahulu. Untuk mengembangkan target pasar yang lebih luas, bisa dilakukan setelah konsumen spesifik berhasil kamu taklukkan.

Semakin spesifiknya niche target, maka semakin mudah bagi kamu untuk menawarkan produk. Misalnya, jika target konsumen kamu adalah anak-anak, maka kamu bisa menawarkan ranjang kecil minimalis dengan warna cerah yang menggambarkan keceriaan anak-anak.

Menciptakan Produk dengan Inovasi Baru

Inovasi menjadi hal yang penting dalam dunia bisnis, apalagi jika membahas persaingan pasarnya. Dengan menciptakan sebuah produk yang berbeda dari lainnya, maka produk kamu bisa memiliki nilai tambah di mata masyarakat.

Cara agar usaha tetap maju ditengah banyaknya kompetitor dalam bisnis furniture adalah dengan membuat produk yang unik dan memiliki ciri khas tertentu. Adanya daya tarik tersebut, membuat konsumen lebih mengenali produk furniture buatan kamu. 

Misalnya, seperti bangku tangga anak, troli rak serbaguna, rak bumbu dapur, dan aksesoris ruangan lainnya.

Menonjolkan Keunggulan Produk

Kamu bisa memberikan kualitas produk dan pelayanan yang bagus kepada konsumen. Dengan demikian, loyalitas konsumen terhadap bisnis furniture kamu akan terus bertambah.

Misalnya seperti memberikan peluang kepada konsumen untuk berdiskusi tentang furniture yang sesuai keinginan mereka. Jadi, mereka bisa dengan bebas memilih modelnya.

Cari Tahu Kelebihan dan Kelemahan Kompetitor

Manfaatkan kelemahan dari pesaing agar kamu dapat menghadapi persaingan pasar yang ketat, , Dengan begitu, kamu bisa dengan mudah memenangkan peluang pasar. Ini adalah cara agar usaha tetap maju ditengah banyaknya kompetitor dalam bisnis furniture.

Kamu bisa menciptakan inovasi produk yang belum ada atau memberikan pelayanan yang tidak disediakan oleh pesaing. Karena penawaran yang belum disediakan pesaing akan memberikan peluang besar untuk kamu dalam memenangkan persaingan pasar.

Mempertahankan Eksistensi Produk

Ketika berhasil mengetahui kelebihan dan kelemahan dari pesaingmu, sebaiknya pertahankan eksistensi produk bisnis furniture milikmu. Ini bertujuan untuk menjaga loyalitas konsumen.

Misalnya, jika kompetitor memiliki bahan baku kurang bagus dalam/koi pembuatan kursi, maka sebaiknya kamu memilih bahan baku yang lebih berkualitas. Sehingga, kamu bisa mengalahkan kompetitor karena kelemahan tersebut.

Dengan cara ini, kamu akan mengantarkan produk mencapai kemenangan pasar. Tentunya, kamu juga bisa menguasai pasar dan menjadi kompetitor furniture kesukaan banyak orang.

Berikan Harga yang Mampu Bersaing 

Cara agar usaha tetap maju ditengah banyaknya kompetitor dalam bisnis furniture adalah memberikan harga produk yang mampu bersaing. Namun, ini bukan berarti kamu perlu menurunkan harga.

Contoh harga yang dapat bersaing, antara lain kursi rotan dengan harga Rp 2,7 juta kasur springbed dengan harga Rp 1 juta, meja belajar minimalis dengan harga Rp 890 ribu, dan lain sebagainya.

Tawarkan juga harga spesial berupa diskon setiap pembelian produk tertentu kepada konsumen. Misalnya, jika pesaing menjual produk dengan harga yang murah dibanding harga asli bisnismu, maka kamu bisa memberikan penawaran kepada konsumen dengan beli 2 gratis 1.

Pemasaran Produk

Ada banyak cara untuk unggul dari kompetitor bisnis furniture, salah satunya adalah dengan promosi atau pemasaran produk.

Untuk pemasaran produk furniture, kamu bisa melakukan berbagai jenis promosi. Contohnya memasang spanduk, brosur, iklan majalah, iklan TV, atau bahkan promosi online dengan media sosial.

Kisaran biaya untuk memasang iklan berbeda-beda dan tergantung platform yang kamu gunakan. Misalnya, seperti Youtube sekitar Rp 800 ribu hingga Rp 3,7 juta per bulan, TV sekitar Rp 14 juta hingga Rp 100 juta per 30 detik, dan lain sebagainya.

Pastikan untuk membuat iklan produk dengan menarik, jadi akan banyak orang yang menaruh perhatian terhadap produk furniture milikmu. Rekomendasi kompetitor yang memiliki iklan menarik adalah IKEA.

Yuk, Buat Bisnis Furniture Kamu Unggul dari Kompetitor!

Sembilan cara agar bisnis furniture kamu unggul dari kompetitor di atas penting untuk kamu terapkan. Demi mempermudahkan kamu dalam menjalankan dan mengembangkan bisnis furniture sehingga lebih cepat meraih kesuksesan.


Bank digital hadir untuk pelaku UKM, freelancers, dan online sellers di Indonesia. 

Urus segala keperluan bisnis dan keuangan pakai KoinWorks NEO. Kemudahan berbagai layanan seperti bebas biaya transfer antar bank dan pinjaman modal tanpa agunan untuk bisnismu hanya dengan satu aplikasi!

Lihat juga berbagai panduan dan informasi bisnis hanya di KoinWorks.

Lukito Wijaya

Download aplikasi KoinWorks dan mulai kembangkan asetmu sekarang!

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​