5 Faktor Pemilihan Lokasi untuk Bisnis Digital Printing

Apa saja faktor penting yang perlu kamu perhatikan dalam pemilihan lokasi untuk memperluas bisnis digital printing milikmu?

Melakukan ekspansi bisnis digital printing akan membutuhkan usaha yang tidak sedikit. Butuh waktu berbulan-bulan untuk benar-benar bisa terealisasi, hingga cabang bisnis berdiri dan mulai beroperasi secara normal.

Salah satu yang paling penting untuk kamu perhatikan adalah apa saja faktor penting pemilihan lokasi untuk perluas bisnis.

Salah memilih lokasi, usaha bisa mengalami kebangkrutan dan tidak berjalan sesuai yang kamu harapkan. 

Lokasi memberi pengaruh pada penghasilan yang akan kamu peroleh, dampak pasar, biaya yang harus kamu keluarkan untuk operasional, serta hal-hal lainnya.

Maka, sangat penting untuk kamu melakukan banyak pertimbangan sebelum menentukan lokasi mana yang akan kamu jadikan untuk lokasi cabang kedua, ketiga, atau seterusnya.


5 Faktor Pemilihan Lokasi untuk Bisnis Digital Printing

Mari lihat apa saja yang perlu jadi bahan pertimbangan ketika memilih lokasi usaha yang baru, serta cara terbaik untuk menentukan tempat yang tepatm demi mencapai kesuksesan.

Inilah faktor-faktor yang perlu kamu perhatikan, silakan disimak!


1. Kedekatan dengan target pasar

Dari awal memulai bisnis digital printing, kamu sudah menyasar target mana yang akan jadi pelanggan potensial.

Kamu sudah menuliskan persona calon konsumen dengan detail. Maka, ketika membuka cabang selanjutnya, kamu hanya perlu mencari lokasi yang berdekatan dengan target pasar. 

Semakin dekat lokasi bisnis kamu dengan calon konsumen, akan semakin besar kemungkinan memperoleh pendapatan tinggi.

Sebab, kamu sudah tahu apa saja yang mereka inginkan dan butuhkan, kemudian kamu sediakan.

Mereka tinggal mengambil dan menikmati layanan yang kamu berikan. Begitu puas, mereka akan memasarkannya ke orang lain secara mulut ke mulut (word of mouth).


2. Harga sewa dan biaya operasional

Sebelum menentukan lokasi mana yang akan kamu jadikan tempat ekspansi bisnis, kamu harus melakukan survei terlebih dahulu.

Cari tahu harga sewa di lokasi tersebut. Selain itu, kamu juga harus mencari tahu berapa rata-rata biaya hidup di tempat itu. 

Semakin tinggi harga sewa bangunan, akan semakin tinggi pula harga yang harus kamu berikan ke konsumen. Nah, sudah pasti ini akan memberatkan mereka.

Kamu bisa kalah dari para kompetitor lantaran konsumen enggan mengeluarkan uang lebih banyak dengan hasil yang serupa dengan pesaing kamu. 

Oleh karena itu, pastikan memilih harga sewa bangunan yang lebih murah, dengan fasilitas yang cukup memadai, sehingga harga yang kamu tawarkan ke konsumen pun bisa lebih terjangkau. 

Selain itu, kamu perlu memperhitungkan biaya hidup di area sekitar cabang bisnis. Ini berpengaruh ke kesejahteraan karyawan dan gaji yang harus kamu berikan untuk mereka. 


3. Demografi

Faktor penting pemilihan lokasi untuk perluas bisnis digital printing selanjutnya adalah demografi.

Ini penting untuk jadi pertimbangan utama ketika ingin membuka cabang baru. Sebab, penting buat kamu untuk terus berada di dekat komunitas atau kelompok calon konsumen yang menjadi target.

Digital printing berhubungan dengan percetakan biasa atau secara offset.

Kamu harus mencari lokasi yang dekat dengan instansi pendidikan seperti kampus, sekolah dasar, sekolah menengah, maupun area perkantoran. Sebab, merekalah yang akan lebih banyak membutuhkan jasa percetakan daripada masyarakat umum lainnya. 

Dengan memilih lokasi yang tepat berdasarkan demografi tersebut, penjualan yang kamu peroleh pun akan lebih tinggi, dan keuntungan bisa terus meningkat.

Ketika kamu memberikan banyak promosi untuk menarik para pelanggan nantinya, pendapatan pun akan terus bertambah tiap waktu.


4. Infrastruktur dan aksesibilitas

Pertimbangan lainnya dalam memilih lokasi untuk memperluas bisnis adalah infrastruktur dan aksesibilitasnya.

Infrastruktur akan bermanfaat untuk operasional harian. 

Kamu harus memastikan listrik dalam kondisi stabil, air tidak keruh dan bersih, koneksi ke jalan utama begitu mudah, dekat dengan banyak tempat yang dijangkau banyak orang, dan hal lainnya lagi. 

Selain itu, kamu juga harus memperhatikan aksesibilitas dari sisi konsumen.

Pastikan, lokasi yang kamu pilih memberikan akses parkir yang luas, baik untuk karyawan maupun pelanggan. Ada pula akses yang memudahkan para penyandang disabilitas untuk mendatangi bisnis digital printing kamu. 

Lokasi bisnis yang baik, umumnya tidak berada di wilayah yang sibuk, tetapi ada di tempat-tempat strategis yang memudahkan orang untuk masuk dan keluar.

Dengan begitu, orang akan senang untuk datang kembali di lain waktu. Sebab, orang enggan datang ke tempat bisnismu bila areanya penuh dengan kemacetan, dan susah untuk parkir atau berbelok. 


5. Kompetitor

Bisnis tidak akan berjalan tanpa kompetitor.

Ini yang penting agar kamu semakin semangat dalam mengembangkannya. Nah, dalam memilih lokasi baru, kamu juga harus mengecek tingkat persaingan di lokasi tersebut. 

Antara kantor digital printing yang satu dengan lainnya, berapa jaraknya?

Apa saja yang pesaing lakukan untuk menarik para konsumen agar datang, seberapa tinggi tingkat persaingannya, adakah yang menggunakan cara kurang baik untuk memenangkan pelanggan?

Semua hal itu perlu kamu cari tahu ketika melakukan survei di awal. 


Yuk, Perhatikan Faktor Pemilihan Lokasi untuk Bisnismu!

Itulah beberapa faktor penting pemilihan lokasi untuk perluas bisnis digital printing yang perlu kamu perhatikan.

Faktor-faktor tersebut bisa kamu gunakan juga ketika memilih lokasi untuk memulai bisnis pertama kali, sewaktu ingin membuka cabang kedua, atau cabang-cabang lainnya. 

Tidak hanya untuk bisnis digital printing, faktor itu bisa kamu terapkan juga untuk mengembangkan semua usaha, tanpa pandang bulu.

Jadi, pastikan untuk menerapkan dan melakukan evaluasi berkala, ya.

. . .

Kalau kamu termasuk salah satu pelaku usaha kecil, online sellers, atau freelancers, KoinWorks punya satu solusi nih untuk semua kebutuhan keuangan kamu.

Mulai dari transfer antar bank tanpa biaya admin, pembuatan invoice & laporan keuangan, hingga ke akses yang fleksibel untuk mendapatkan pinjaman– semua ini khusus untuk mendukung usaha & bisnis kamu, dan bisa kamu dapatkan di KoinWorks NEO.

Yuk, cari tahu lebih banyak tentang KoinWorks NEO di sini!


KoinWorks NEO Lead Gen Form
Kelola Bisnis Lebih Cepat dan Mudah.
Yuk, Daftar Menjadi Bagian dari KoinWorks NEO Sekarang!
Apakah Bentuk Usahamu Saat Ini?

Dapatkan berbagai informasi seputar lainnya hanya di KoinWorks.

Tentang Penulis
Kalkulator finansial untuk hitung kebutuhan kamu

Hitung semua keperluan finansial kamu cukup di satu tempat

Panduan Bisnis untuk Usahamu
[Download Ebook] 7 Tanda Bisnis Kamu Butuh Pinjaman Usaha
[Download Ebook] 7 Tanda Bisnis Kamu Butuh Pinjaman Usaha
Strategi Bisnis Untuk Raih Untung Maksimal di Ramadan 2022
[Download Ebook] Strategi Bisnis untuk Raih Untung Maksimal di Ramadan 2022
[Download Ebook] Strategi Bisnis untuk Raih Untung Maksimal di Ramadan 2022
Kiat Cerdas Mencapai Kebebasan Finansial ebook cover
[Download Ebook] Kiat Cerdas Mencapai Kebebasan Finansial
[Download Ebook] Kiat Cerdas Mencapai Kebebasan Finansial
E-Book Gratis

Bacaan pilihan untuk kamu, para pejuang mimpi

Punya uang Rp.100 Ribu? Mulai pendanaan sekarang dan dapatkan keuntungan hingga 14,5%.