Home » Strategi-bisnis » Jasa Website: 8 Faktor agar Konsumen Tertarik untuk Membeli Produk

Jasa Website: 8 Faktor agar Konsumen Tertarik untuk Membeli Produk

Jasa Website: Faktor-Faktor Agar Konsumen Tertarik untuk Membeli Produk

Apa saja faktor penting yang membuat konsumen tertarik membeli produk pada bisnis pembuatan website?

Dalam menjalankan bisnis pembuatan website, kamu wajib mengetahui faktor-faktor agar konsumen tertarik untuk membeli produk atau jasa yang kamu tawarkan.

Misalnya saja seperti paket atau bundle, layout & desain website, dan lain sebagainya.

Mengetahui faktor-faktor penentu ketertarikan konsumen pada suatu jasa atau produk merupakan hal yang penting.

Sebab, dengan pengetahuan tersebut, kamu bisa mengatur sejumlah langkah atau strategi yang harus dijalankan, dalam bisnis pembuatan website.

Lewat pengaturan strategi berbisnis yang mementingkan faktor-faktor tersebut, maka bisa dipastikan pemesanan website bisa meningkat, sehingga bisnis jasa pembuatan website-mu bisa semakin maju.

Nah, untuk mengetahui faktor-faktor tersebut, ikuti informasinya berikut!


Faktor Penting agar Konsumen Tertarik Membeli Produk di Bisnis Pembuatan Website

Sebagai pemilik bisnis pembuatan website, sebaiknya ketahui faktor-faktor yang menentukan konsumen dalam membeli suatu produk atau layanan, sebagai berikut:


1. Kemudahan akses

Biasanya, bisnis pembuatan website tidak memiliki outlet secara terang-terangan dalam suatu lokasi fisik.

Mengapa demikian? Karena produk atau jasa yang kamu tawarkan tidak berbentuk fisik, sehingga penawaran dan promosinya pun bisa kamu lakukan lewat internet.

Nah, maka tidak heran jika konsumen harus berselancar di internet untuk menemukan penawaran terbaik terkait pembuatan website. Mereka biasanya akan mudah tertarik pada bisnis pembuatan website yang mudah diakses.

Contoh kemudahan akses dalam berbisnis jasa pembuatan website adalah letak ‘official website’ bisnismu dalam laman pencarian Google.

Jika terletak paling awal di halaman satu, itu pertanda bahwa bisnismu sudah memiliki kemudahan akses.

Konsumen bisa langsung mengeklik website bisnismu, lalu memutuskan untuk menggunakan layananmu atau tidak.

Kemudian, selain letak webpage di Google, kecepatan website bisnismu pun berpengaruh pada kemudahan akses.


2. Tampilan website resmi dan portofolio

Saat mengunjungi website maupun mengecek portofolio produk atau jasa yang kamu tawarkan, hal pertama yang berpotensi tinggi ada dalam pikiran konsumen adalah tentang tampilan.

Jika website bisnismu memiliki tampilan yang menarik, ringkas, dan mudah dibaca, maka sudah pasti konsumen akan merasakan kesan pertama yang baik. Sebab, tampilan website bisa dibilang seperti portofolio secara tidak langsung.

Mereka pasti berpikir jika website-nya bagus, sudah pasti order yang dikerjakan pun berkualitas sama bagusnya. Jika konsumen sudah berpikir demikian, bisa dipastikan mereka akan mempercayai bisnis pembuatan website-mu.

Soal portofolio, pastikan kamu hanya mencantumkan sejumlah karya yang kamu nilai sebagai yang terbaik saja. Dengan begitu, konsumen atau pelanggan bisa langsung kagum dan yakin pada produk atau jasa website yang kamu tawarkan.


3. Ketersediaan informasi produk

Dalam faktor-faktor agar konsumen tertarik untuk membeli produk atau jasa, tampilan saja tidak cukup, namun keseluruhannya pun memengaruhi keputusan final mereka. Khususnya yakni ketersediaan, kualitas, hingga informasi.

Jika konsumen ingin membeli bundle pembuatan website – namun itu hanya tersedia dalam waktu tertentu dan informasi tentang durasi tersebut tidak tersebar dengan baik, tentu itu akan memengaruhi keputusan mereka dalam membeli. 


4. Harga kompetitif

Dalam kamus konsumen, harga terjangkau bukanlah harga yang terlalu murah sehingga membuat mereka ragu akan kualitas, dan juga bukan harga yang terlalu mahal sehingga mereka beralih pada kompetitor.

Jadi, dapat kamu simpulkan bahwa harga terjangkau adalah harga pasaran yang sedikit rendah.

Mengetahui hal ini, kamu sebaiknya melakukan riset seputar harga jasa pembuatan website di pasaran supaya bisa memenuhi ekspektasi konsumen atau pelanggan.


5. Promosi menarik

Faktor satu ini sudah pasti menjadi juru kunci untuk menggaet konsumen.

Maka, tidak heran jika terdapat banyak sekali bisnis yang membuat promo fantastis dalam suatu momen tertentu.

Untuk mengadakan promosi bisnis pembuatan website, kamu bisa melakukannya secara menarik dan konsisten.

Contohnya seperti rajin membuat konten di media sosial, mengadakan giveaway, diskon, cashback, dan lain sebagainya.


6. Komunikasi yang mudah dipahami

Dalam berkomunikasi dengan konsumen, entah itu dalam copywriting, teks informasi, customer service, konten media sosial, official website, dan lain sebagainya, sebaiknya usahakan selalu menggunakan bahasa sederhana dan gampang orang-orang pahami.

Hal yang terpenting adalah, gunakan cara komunikasi dan bahasa yang tidak kaku. Jika perlu, kamu bisa menyesuaikan gaya bahasa target market kamu. Dengan begitu, konsumen bisa merasa familiar dan tertarik dengan produk atau jasa bisnismu.

Perlu kamu ketahui, konsumen mempunyai kecenderungan untuk semakin menyukai sesuatu yang mana tidak cuma familiar, namun juga gampang mereka mengerti. Itulah penyebab penyampaian bahasa yang sederhana bisa mereka sukai.

Intinya, bisnismu wajib membangun relasi emosional dan personal dengan konsumen. Contoh, alih-alih menginformasikan detail teknis jasa atau produk yang belum konsumen pahami, lebih baik gambarkan saja benefit yang bisa mereka peroleh.


7. Ulasan dari sesama konsumen

Reputasi bisnis sangat berpengaruh pada keputusan konsumen atau pelanggan dalam membeli suatu produk atau jasa.

Maka demikian, kamu wajib terus memantau ulasan yang diberikan untuk bisnismu maupun produk atau jasanya.


8. Pelayanan berkualitas

Pelayanan yang dilakukan secara asal-asalan maupun lambat dan tidak ramah bisa memicu penurunan minat konsumen untuk membeli produk atau jasa pembuatan website.

Maka, terapkan kesopanan dan keramahan dalam merespon keluhan mereka.


Sudah Paham Beragam Faktor Penting agar Konsumen Membeli Produkmu?

Kini, kamu tentu telah mengetahui faktor-faktor agar konsumen tertarik untuk membeli produk.

Dengan demikian, kamu sebaiknya tidak meremehkan semuanya dan mulai mencoba satu per satu.

Nah, sudah siap untuk hal ini?

. . .

Kalau kamu termasuk salah satu pelaku usaha kecil, online sellers, atau freelancers, KoinWorks punya satu solusi nih untuk semua kebutuhan keuangan kamu.

Mulai dari transfer antar bank tanpa biaya admin, pembuatan invoice & laporan keuangan, hingga ke akses yang fleksibel untuk mendapatkan pinjaman– semua ini khusus untuk mendukung usaha & bisnis kamu, dan bisa kamu dapatkan di KoinWorks NEO.

Yuk, cari tahu lebih banyak tentang KoinWorks NEO di sini!

[E-Book GRATIS] Dapatkan konten ekslusif seputar strategi bisnis di sini
DAFTAR SEKARANG!
Pilih E-book untuk kamu download.
Dalam Ebook ini mengulas:Cara mudah untuk pebisnis melakukan iklan Google Display Network berupa banner atau visual yang ampuh untuk meningkatkan penjualan.
Dalam Ebook ini mengulas:Membantu pebisnis mengetahui lebih banyak tentang performa promosi yang dilakukan di dunia digital terutamanya platform Facebook untuk menentukan audiens.
Dalam Ebook ini mengulas:Penggunaan Business Metrics/KPI yang tepat untuk melacak sejauh mana bisnis kita sudah berjalan dan seberapa banyak target dari usaha kita yang sudah tercapai.
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.
Jasa Website: 8 Faktor agar Konsumen Tertarik untuk Membeli Produk

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​