Home » Strategi Bisnis » Kisah Sukses Pemilik Bisnis Pembuatan Website yang Bisa Jadi Inspirasi

Kisah Sukses Pemilik Bisnis Pembuatan Website yang Bisa Jadi Inspirasi

Kisah sukses pemilik bisnis pembuatan website yang bisa jadi inspirasi

Mengambil pelajaran dari kisah pemilik usaha yang sudah sukses dalam bisnis pembuatan website tentu akan membuatmu lebih semangat dalam membangun bisnis tersebut. Selain itu, kamu juga bisa mengetahui hal apa saja yang perlu dilakukan untuk mengembangkan bisnis pembuatan website.

Kisah Sukses Pemilik Bisnis Pembuatan Website 

Berikut ini ada empat kisah sukses pemilik bisnis pembuatan website yang bisa menginspirasi kamu:

Karya Web Studio

Karya Web Studio merupakan sebuah perusahaan jasa pembuatan website yang kini berhasil mendulang kesuksesan. Andhika Putra dan Muhamad Haeni mendirikan bisnis ini dari forum diskusi hingga terbentuk sebuah komunitas.

Dalam forum diskusi tersebut, mereka sering bertukar informasi tentang pekerjaan dan teknologi hingga lahirnya ide bisnis web development yang relevan dengan era digital sekarang ini.

Kemudian, di tahun 2018 Dhika dan Haeni memutuskan membuat produk web development dengan membangun bisnis web agency. Pada awalnya, Karya Web Studio menggunakan sistem project based dengan bantuan anggota komunitas sebagai pekerja freelance.

Baru setelah bisnis tersebut stabil, keduanya mulai menentukan jam kerja yang efisien dan merekrut developer untuk bekerja secara full time. Selanjutnya, Dhika dan Heina mulai coba metode learning by doing untuk membangun bisnis tersebut.

Kini, Karya Web Studio berhasil menjaring ratusan klien. Mulai dari UMKM hingga perusahaan besar.

Dhika dan Haeni juga menyarankan bagi para pemula yang ingin membangun bisnis pembuatan website. Mulai dari belajar dan bergabung dengan forum diskusi. Kamu bisa bergabung di WordPress Indonesia atau yang lainnya.

Selain itu, selalu inisiatif dalam segala hal juga menjadi bagian yang tak kalah penting dalam bisnis pembuatan website. Sebab, nantinya akan selalu ada pembaharuan dan teknik baru yang mau tidak mau harus kamu kuasai sebagai pengusaha binsis pembuatan website.

CV Duwa Webmedia Solutions (DuwaWeb)

Dhimas Ronggobramantyo adalah pemilik bisnis pembuatan website DuwaWeb. Ia sudah memulai bisnis tersebut sejak tahun 2007 dan kini bisa meraup omset hingga Rp 25 juta.

Bagi Dhimas, membangun bisnis pembuatan website bukanlah hal yang sulit. Selagi kamu paham tentang proses desain, pemrograman, dan cara membangun infrastruktur website, maka kamu sudah bisa memulai bisnis tersebut.

Tidak hanya itu, mengetahui target pasar dengan jelas juga menjadi kunci utama keberlangsungan bisnis agar bisa terus mendapatkan klien. Jika kamu menyasar instansi pemerintah atau lembaga swadaya, maka coba ajukan layanan website profil perusahaan atau organisasi dan sejenisnya.

Sebab, potensi pasar bisnis pembuatan website sangatlah luas. Jadi, kamu harus bisa menentukan siapa target pasar dalam bisnismu.

Kemudian, kelengkapan layanan yang diberikan juga menentukan sukses atau tidaknya bisnis pembuatan website. Meski jasa utama yang ditawarkan adalah pembuatan website, namun sebaiknya kamu juga menyediakan jasa lainnya.

Misalnya, jasa pembuatan toko online, desain web animasi, layanan optimasi SEO, dan lain sebagainya. Dengan begitu, maka bisnis pembuatan website milikmu akan menjadi pertimbangan calon klien.

Ar Media Kreatif

Ar Media Kreatif adalah jasa pembuatan website khusus berita yang dibangun oleh jurnalis Ardi Muh Syadir. Ia membangun bisnis pembuatan website berita tersebut sejak tahun 2018 dengan tujuan untuk mengembangkan media online di Indonesia.

Menurut Ardi, bisnis pembuatan website berita mempunyai peluang yang sangat besar dan bisa bertahan dalam jangka panjang.

Ardi memulai bisnis website dari belajar secara otodidak di blog, YouTube, dan grup Facebook. Setelah itu, ia mulai coba menawarkan jasanya ke rekan-rekan jurnalis.

Sebagai pengusaha bisnis pembuatan website berita, tentunya target pasar bisnis Ardi sudah sangat jelas, yakni para jurnalis dan pengusaha media. Jadi, sejauh ini, Ardi hanya menawarkan jasanya kedua target pasar tersebut.

Adapun beberapa tips yang bisa diberikan Ardi kepada pengusaha bisnis pembuatan website. Mulai dari membuat profil web agency yang profesional dan terpercaya, membangun kepercayaan kepada konsumen, serta mempunyai customer support yang baik.

Dengan tiga hal tersebut, maka nantinya bisnis pembuatan website yang kamu bangun akan semakin sukses dan berhasil.

4. Fortinusa

Fortinusa adalah web agency yang fokus pada layanan jasa pembuatan website pemerintah. Bisnis pembuatan website ini merupakan milik Irwan Maing dkk yang secara khusus memiliki visi memanfaatkan teknologi untuk membuat produk yang dapat membantu masyarakat.

Hal inilah yang membuat Irwan Maing akhirnya membangun bisnis jasa pembuatan website dengan nama CV. IT Fourteen yang kini berubah menjadi PT Fortinusa. Pada awalnya, Irwan belum punya tim marketing untuk melakukan promosi bisnis mereka.

Namun, berkat mengikuti lelang, akhirnya ia mendapatkan project yang kliennya berasal dari instansi pemerintah dan swasta. Bagi Irwan, kesuksesan bisnisnya sekarang ini tidak terlepas dari fokus mereka dalam membuat website yang berkualitas.

Fortinusa memiliki keunikan dan nilai lebih yakni, menyasar institusi pemerintah sehingga membuatnya lebih mudah dalam memahami kebutuhan klien dan menciptakan layanan yang sesuai.

Siap Menyusul Kesuksesan Mereka?

Itulah empat kisah sukses dari para pengusaha bisnis pembuatan website yang sekarang ini sudah berhasil membangun bisnis mereka hingga mendapatkan ratusan klien. Sebenarnya kunci dari membangun bisnis pembuatan website adalah sabar dan konsisten untuk terus belajar. Selamat mencoba!


Lihat berbagai strategi tepat dan efisien untuk bisnis pembuatan website kamu.

Bank digital khusus UKM pertama di Indonesia hadir untuk bantu segala keperluan bisnis dan keuangan kamu.

Kemudahan berbagai layanan seperti bebas biaya transfer antar bank dan pinjaman modal tanpa agunan untuk bisnismu hanya dengan KoinWorks NEO!

Lukito Wijaya

Download aplikasi KoinWorks dan mulai kembangkan asetmu sekarang!

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​