Home » Strategi Bisnis » Kunci Sukses Dalam Bisnis Pembuatan Website, Wajib Tahu!

Kunci Sukses Dalam Bisnis Pembuatan Website, Wajib Tahu!

Data dari Datareportal menunjukkan jika jumlah pengguna internet dunia di awal tahun 2022 mencapai 4.95 miliar, yang mana merupakan 62.5% dari total penduduk dunia. Oleh karena itu, dalam berbisnis membangun situs online, ada kunci sukses pembuatan website yang wajib untuk kamu tahu.

Peluang dari data di atas bisa menjadi kesempatan besar dalam membangun bisnis website online. Perhatikan beberapa kunci sukses pembuatan website agar bisa semakin mendapatkan banyak pelanggan. 

5 Kunci Sukses Pembuatan Website

Ini lima kunci sukses pembuatan website agar situs milik client semakin banyak pengunjung dan kamu bisa mengembangkan bisnismu:

1. Deskripsi Jelas

Di dalam kesuksesan pembuatan situs, deskripsi yang jelas menjadi kunci utama. Idealnya, sebuah situs menampilkan layanan yang ditawarkan dari pemilik tersebut dan kemana pengunjung dapat menghubungi.

Salah satu tips untuk membuat deskripsi situs yang jelas adalah dengan membuat deskripsi situs yang sesuai. Tidak perlu membuat deskripsi yang panjang, karena bisa menghilangkan makna dari situs.

Kamu juga bisa memisahkan topik dengan garis vertikal agar kata yang sama tidak terulang pada baris selanjutnya. Contohnya seperti di bawah ini:

  • Layanan kirim, terima uang.
  • Layanan kirim/terima uang.
  • Layanan kirim | terima uang.

Terakhir, dalam membuat deskripsi yang jelas kamu bisa menambahkan kata sifat di akhir penjelasan layanan. Hal ini dapat membuat mesin pencarian merekomendasikan situs kamu. Contohnya, seperti layanan kirim uang terpercaya di Indonesia.

Jangan lupa juga untuk menambahkan halaman kontak yang dapat dihubungi, seperti nomor Whatsapp, alamat e-mail, dan juga alamat.

2. Tampilan atau Design

Jika sudah selesai membuat deskripsi situs yang jelas dan relevan, poin kedua yang perlu kamu perhatikan agar mencapai kunci sukses pembuatan website adalah tampilan atau design.

Tampilan website yang menarik akan membuat pengunjung betah berlama-lama membuka situs yang kamu bangun. Kamu bisa mencontoh website airbnb yang memiliki tampilan minimalis dan tidak terlalu padat.

Ketika membuat tampilan situs, desain situs juga harus selaras dengan kebutuhan website itu sendiri. Berikut beberapa rekomendasi tampilan desain website yang bisa kamu contoh:

  • Mode Gelap: Menggunakan warna dasar hitam atau pilihan warna gelap. Desain ini pernah digunakan Apple dan Mercedes.
  • Full Page Header: Desain ini membuat informasi yang disampaikan bisa langsung diakses oleh pengunjung, karena ukuran tulisan yang besar dan jelas.
  • Gradient Color: Cocok ditujukan untuk perempuan, karena memiliki hasil desain yang estetik.
  • Warna Terang: Menggunakan pilihan warna pastel yang terang dan lembut. Warna tersebut nyaman di mata, sehingga betah untuk melihat website.

3. User Experience

User experience adalah pengalaman pengguna dalam mengakses situs yang kamu bangun. Pengalaman ini termasuk cara mengakses laman, memahami informasi website, hingga akhirnya menemukan hal yang mereka cari pada website tersebut.

Ada beberapa cara untuk meningkatkan pengalaman pengguna agar semakin nyaman mengunjungi website kamu:

  • Menggunakan bahasa visual: Contohnya seperti meletakkan logo perusahaan, logo nomor telepon di bawah, dan mesin pencarian di bagian atas.
  • Mengaplikasikan hierarki penulisan: Contoh untuk judul menggunakan (H1), headings (H2), sub-headings (H3), dan seterusnya.
  • Pemilihan huruf yang nyaman dibaca: Bisa menggunakan beberapa jenis font, seperti arial, georgia, times new roman, dan lain sebagainya.
  • Gunakan navigasi laman: Navigasi laman atau site navigation mempermudah pengunjung untuk mendapatkan hal yang mereka mau. Beberapa tombol juga perlu disesuaikan dengan tujuan, seperti tombol buy bisa dibuat lebih besar agar mempermudah pengunjung melakukan pembelian.

Selain menggunakan beberapa langkah di atas, kamu juga bisa mengevaluasi user experience secara berkala dengan memberikan kuisioner. Tanggapan dari pengunjung dapat menjadi masukan untuk kamu. 

4. Isi Konten

Isi konten yang menarik dan bermanfaat juga merupakan salah satu kunci sukses pembuatan website. Mengutip Bill Gates, content is king, isi konten dalam sebuah laman merupakan aset yang sangat efektif dalam pemasaran. 

Karena, konten yang berkualitas merupakan pilar penting SEO, meningkatkan traffic, dan dapat mendorong interaksi dengan pengguna.

Simak cara berikut untuk menghasilkan konten website yang berkualitas:

  • Memberikan informasi yang akurat dari sumber terpercaya.
  • Menulis konten website secara terperinci.
  • Memiliki sense untuk mengetahui apa yang pengguna cari.
  • SEO friendly.
  • Ada headline yang jelas dan penulisan rapi.

Jika menggunakan cara-cara tersebut, mesin pencarian bisa lebih mudah untuk menemukan website yang kamu bangun. Hasilnya, traffic akan semakin tinggi dan client akan semakin puas dengan hasil kerja kamu.

5. Mobile-Friendly

Terakhir, hal yang cukup tricky bagi seorang pembuat website adalah menghadirkan situs yang mobile-friendly. Istilah ini mengacu kepada kemudahan seorang pengunjung membuka laman tersebut.

Dari data Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia, banyak orang lebih senang mengakses internet melalui telepon pintar. Oleh karena itu, seorang pembuat website harus mampu mengakomodasi hal tersebut atau memastikan jika laman dapat diakses melalui telepon pintar dan tidak ada informasi yang terpotong.

Demi membuat situs yang mobile-friendly, ada beberapa tips yang bisa kamu coba:

  • Pastikan laman situs responsif, lakukan testing dengan menggunakan perangkat yang berbeda-beda.
  • Manfaatkan Accelerated Mobile Pages.
  • Buat menu yang simpel, sehingga mudah diakses dari ponsel.
  • Hindari membuat pop-up messages.
  • Testing hasil situs yang kamu buat menggunakan mobile-friendly test.

Sudah Siap Membangun Website untuk Client?

Nah, itu dia beberapa kunci sukses pembuatan website untuk client. Semoga beberapa tips di atas dapat membantu kamu supaya menghasilkan situs yang lebih baik lagi.


Bank digital hadir untuk pelaku UKM, freelancers, dan online sellers di Indonesia. 

Urus segala keperluan bisnis dan keuangan pakai KoinWorks NEO. Kemudahan berbagai layanan seperti bebas biaya transfer antar bank dan pinjaman modal tanpa agunan untuk bisnismu hanya dengan satu aplikasi! 

Lihat juga berbagai panduan dan informasi bisnis hanya di KoinWorks.

Download aplikasi KoinWorks dan mulai kembangkan asetmu sekarang!

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​