Home » Strategi-bisnis » Bentuk-bentuk Promosi untuk Pelanggan Baru dan Lama Bisnis Buat Website

Bentuk-bentuk Promosi untuk Pelanggan Baru dan Lama Bisnis Buat Website

bentuk-bentuk promosi untuk pelanggan baru dan lama bisnis buat website

Ada berbagai macam bentuk-bentuk promosi untuk pelanggan baru dan lama. Setiap pebisnis tentu saja mengharapkan agar bisnis bisa berjalan dengan lancar, bahkan dibanjiri oleh pelanggan. 

Agar bisa mewujudkannya, kamu harus memahami cara menarik pelanggan baru agar produkmu menjadi semakin laris manis. Termasuk dalam bisnis pembuatan website. Tetapi, mempertahankan pelanggan lama juga harus diupayakan dengan baik, sehingga pelanggan lama menjadi semakin loyal

Bila kedua golongan pelanggan ini bisa kamu gaet, kamu langsung terbayang bukan, berapa keuntungan yang bisa kamu dapatkan? 

Bentuk-bentuk Promosi untuk Pelanggan Baru dan Lama

Lantas, seperti apa strategi yang harus dilakukan agar dapat menarik pelanggan baru, sekaligus mempertahankan pelanggan lama? Berikut tips lengkapnya!

Lakukan Promosi Sesuai dengan Data

Agar bisa menarik hati pelanggan, baik pelanggan baru maupun pelanggan lama, kamu harus mengetahui, apa saja hal yang mereka sukai. Kemudian, kamu dapat menyesuaikan promosi sesuai kebutuhan serta target calon pelanggan. 

Untuk melakukannya, kamu bisa menggunakan data. Contohnya, kamu bisa melihat dari data pengunjung website bisnismu. Dengan konten promosi yang sesuai mereka suka, peluang pelanggan merasa berkaitan dengan produk website yang kamu miliki menjadi semakin besar. 

Oleh sebab itu, mulai dari sekarang, kamu bisa menyesuaikan promosi sesuai dengan kebutuhan setiap pelanggan, sehingga kamu bisa mempertahankan mereka serta memperoleh lebih banyak pelanggan baru. 

Contohnya kamu bisa memberi diskon untuk pelanggan yang sudah menggunakan jasa pembuatan websitemu lebih dari 2X. 

Optimalkan Media Sosial dengan Baik 

Saat ini media sosial bukan hanya menjadi sarana untuk berpromosi, tetapi juga menjadi salah satu rahasia efektif untuk menjaring pelanggan baru dan menyapa pelanggan yang setia.

Agar menjaring pelanggan setia lebih banyak, kamu dapat memperluas pelanggan dengan menggunakan berbagai media sosial. Kamu bisa memulai dengan update media sosial bisnis. 

Sehingga, pelanggan akan melihat bisnis jasa pembuatan websitemu selalu aktif. Jangan lupa buat variasi konten sesuai dengan trend, sehingga nantinya isi dari media sosial bukan hanya berkaitan dengan promosi. 

Jika semakin sering konten media sosial yang kamu miliki muncul di linimasa target pasar, nantinya calon pelanggan juga akan semakin mengenal jasamu. Sehingga, ketika mereka membutuhkan jasa pembuatan website, mereka akan langsung pergi ke bisnismu. 

Coba Sejumlah Strategi Marketing

Ada berbagai bentuk-bentuk promosi untuk pelanggan baru dan lama. Kamu bisa mencoba sejumlah strategi marketing. Hindari hanya terpaku pada satu strategi yang sama setiap saat. Kamu bisa menggunakan strategi marketing yang berubah-ubah. 

Memang, hal ini terkesan mengundang risiko, tetapi hal ini sangat bermanfaat serta tidak ada salahnya mencoba. Contohnya saja, kamu dapat menggunakan strategi marketing yang berkaitan dengan teknologi baru seperti WhatsApp Business. 

Cari strategi marketing yang paling cocok sesuai dengan bisnis pembuatan website yang kamu jalani. Jika sudah menemukan strategi paling cocok, kamu bisa mengkreasikan strategi yang lain. 

Cari Rekan Bisnis

Untuk menjaring pelanggan baru, tetapi tetap mempertahankan pelanggan lama, kamu bisa mencari serta menemukan rekan bisnis yang akan membantu bisnis pembuatan websitemu. Cari rekan yang tepat agar bisa sukses bersama membangun bisnis.

Rekan yang kamu miliki harus memiliki jiwa wirausaha selaras dengan visi serta misi yang dianut. Selain itu, sebelum melakukan kerjasama, pastikan jika rekan bisnis memiliki komitmen tinggi serta mempunyai komitmen untuk membangun usaha. 

Tentu saja, harapan usaha yang dimaksud ialah meningkatkan performa bisnis. Untuk bentuk kerjasama yang dilakukan, tidak melulu masalah produksi website, tetapi bisa dengan membagikan voucher potongan harga atau membuat paket bundling

Rutin Berikan Diskon

Agar bisa menarik pelanggan baru, kamu bisa rutin memberikan diskon atau hadiah. Strategi ini sekarang begitu relevan karena media sosial sekarang sudah berubah menjadi kebutuhan sehari-hari. 

Kamu bisa ingat kembali, kapan kamu memberikan diskon atau penawaran khusus pada pelanggan. Tidak ada salahnya mulai sekarang memberi diskon secara rutin pada pelanggan. 

Tetapi, hal yang harus dijadikan sebagai catatan adalah, ketika memberikan diskon, hindari memberikannya secara berlebihan sehingga malah membebani biaya operasional yang kamu miliki. 

Tidak sedikit pebisnis yang memberi diskon serta penawaran spesial lain agar dapat menjaring konsumen baru tetapi tetap mempertahankan konsumen lama. Jaadi, kamu bisa mencobanya juga. 

Cek Laporan Penjualan dengan Rutin

Sudah mencoba berbagai macam strategi tetapi pelanggan baru yang kamu ingin tidak kunjung datang? Bila hal ini terjadi, kemungkinannya adalah bukan karena strategi pemasaran yang dilakukan salah, tetapi website yang kamu tawarkan belum bisa menarik pelanggan. 

Cara menarik pelanggan bisa dengan mengecek database serta mengecek apakah terdapat kesalahan mengenai produk website yang sudah kamu tawarkan. 

Bila belum yakin dengan masalah yang terjadi, kamu dapat melakukan sejumlah survei serta meminta feedback pada pelanggan sesudah mereka melakukan transaksi pembelian. Kemudian, buat jadwal rutin untuk mengecek feedback

Ada berbagai bentuk-bentuk promosi untuk pelanggan baru dan lama, kamu bisa mencoba semua hal di atas. Selain itu, jangan lupa melakukan evaluasi secara berkala untuk melihat seberapa efektif pemasaran yang kamu lakukan.


Lihat berbagai strategi tepat dan efisien untuk bisnis pembuatan website kamu.

Bank digital khusus UKM pertama di Indonesia hadir untuk bantu segala keperluan bisnis dan keuangan kamu.

Kemudahan berbagai layanan seperti bebas biaya transfer antar bank dan pinjaman modal tanpa agunan untuk bisnismu hanya dengan KoinWorks NEO!

[E-Book GRATIS] Dapatkan konten ekslusif seputar strategi bisnis di sini
DAFTAR SEKARANG!
Pilih E-book untuk kamu download.
Dalam Ebook ini mengulas:Cara mudah untuk pebisnis melakukan iklan Google Display Network berupa banner atau visual yang ampuh untuk meningkatkan penjualan.
Dalam Ebook ini mengulas:Membantu pebisnis mengetahui lebih banyak tentang performa promosi yang dilakukan di dunia digital terutamanya platform Facebook untuk menentukan audiens.
Dalam Ebook ini mengulas:Penggunaan Business Metrics/KPI yang tepat untuk melacak sejauh mana bisnis kita sudah berjalan dan seberapa banyak target dari usaha kita yang sudah tercapai.
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.
Bentuk-bentuk Promosi untuk Pelanggan Baru dan Lama Bisnis Buat Website

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​