Home » Strategi Bisnis » Testimonial Positif dari Konsumen Bisnis Ayam Geprek, Ini Strateginya!

Testimonial Positif dari Konsumen Bisnis Ayam Geprek, Ini Strateginya!

Ada banyak faktor yang dapat mempengaruhi keputusan konsumen dalam membeli di warung ayam geprek kamu. Salah satunya adalah umpan balik yang diberikan pelanggan lainnya di media sosial maupun laman web. Testimonial positif akan mendatangkan banyak pelanggan dan keuntungan. Review negatif akan membuat orang ragu dengan bisnis kamu.

Untuk itu, pelajari strategi mendapat testimonial positif dari konsumen dari sini.

Ketahui Dulu Pengertian Testimonial

Testimoni atau feedback atau review adalah pernyataan yang diberikan oleh pelanggan terhadap suatu produk atau perusahaan, yang menjelaskan secara detail pengalaman yang diperoleh. Bisa berupa keunggulan dan kualitas produk, layanan yang diterima, serta hal-hal lainnya yang dirasakan oleh pelanggan. Testimoni juga bisa berbentuk tulisan ataupun rekaman video & audio. 

Secara singkat, testimonial adalah cerita atau pendapat yang dirasakan oleh konsumen mengenai suatu produk baik berupa jasa atau layanan sebuah perusahaan. Itu artinya, review bisa berupa hal yang negatif atau positif. 

Daftar Strategi Mendapat Testimonial Positif dari Konsumen 

Pelanggan merupakan bagian terpenting dalam bisnis apa pun, terutama untuk bisnis kuliner ayam geprek. Tanpa pelanggan, bisnis tidak akan berjalan. Untuk itu, semua perusahaan pasti ingin memastikan jika mereka sudah mendapatkan testimoni yang positif dari konsumen. 

Nah, berikut strategi yang bisa kamu gunakan untuk memperoleh hal tersebut: 

Sampaikan Secara Alami 

Bisnis ayam geprek adalah bisnis B2C yang mengharuskan kamu berhadapan langsung dengan pelanggan. Maka, dalam interaksi dengan mereka, sisipkan ucapan yang meminta mereka untuk memberikan testimoni positif mengenai menu atau layanan yang diterima di media sosial atau laman web. 

Kamu juga bisa menambahkan jika review negatif dapat disampaikan secara langsung. Dengan begitu, tidak akan ada review buruk yang tampil di media sosial atau laman web. 

Berikan Link untuk Mereview

Bisa saja kamu secara tidak sengaja bertemu pelanggan di suatu tempat. Kemudian, dalam perbincangan, mereka memuji menu-menu ayam geprek dari warung kamu. Mulai dari cita rasa, keunikan nama-namanya, pengemasan yang rapi dan aman, serta layanan yang mereka terima. 

Bila itu terjadi, segera minta mereka untuk menuliskan review tersebut di laman media sosial atau website. Permudah dengan memberi langsung link yang mengarah ke halaman review. 

Kirim Broadcasting Message ke Pelanggan Tertentu

Untuk menjaga loyalitas pelanggan tetap yang sering mampir ke warung ayam geprek kamu, beri mereka reward melalui broadcasting message. Isi dari pesan tersebut bisa berupa informasi diskon atau voucher khusus. 

Kamu juga bisa mengirimkan pesan tersebut ke pelanggan yang sudah memberikan review positif di media sosial. Beri mereka hadiah yang menarik. Misal pemberian diskon saat makan di warung, cooking practice di warung kamu, atau lainnya. 

Minta Ulasan Setelah Mereka Membeli

Sebelum pelanggan meninggalkan kursi mereka atau ketika mereka tengah melakukan pembayaran, tanyakan testimoni mereka tentang menu atau layanan di warung ayam geprek kamu. Kemudian, minta mereka menuliskan umpan baliknya di sebuah kertas yang sudah disediakan agar lebih mudah. 

Strategi mendapat testimonial positif dari konsumen ini akan dapat membantu menyortir mana yang akan ditampilkan di media sosial dan mana yang menjadi acuan dalam perbaikan. 

Mengapa Testimonial Positif dari Konsumen Diperlukan? 

Sebelum membeli secara offline atau online, orang cenderung akan mencari tahu dulu mengenai toko atau produk dari internet. Bila banyak review yang bernilai positif, kepercayaan orang akan produk atau toko tersebut akan meningkat. Sebaliknya, jika banyak komen yang negatif, mereka akan urung untuk melanjutkan pembelian. 

Itulah mengapa begitu penting untuk kamu memperoleh testimoni yang positif dari konsumen. Tanpa itu, bisnis akan mudah terpuruk. Sebab, dari satu mulut ke mulut lainnya, berita mengenai umpan balik yang negatif akan lebih mudah tersebar. 

Ulasan yang positif juga dapat memberikan manfaat seperti: 

  • Menaikkan penjualan dan memudahkan tim pemasaran dalam membuat campaign iklan atau promosi. 
  • Menjadi bahan untuk melakukan inovasi baik dari sisi produk maupun layanan yang ditingkatkan agar lebih baik. 
  • Menjadi bahan evaluasi untuk karyawan yang berhubungan langsung dengan konsumen seperti pramusaji, agar semakin ramah dalam melayani. 
  • Menaikkan kredibilitas bisnis di mata konsumen. 
  • Meningkatkan kepercayaan pelanggan terhadap produk atau toko. 
  • Secara tidak langsung, membantu perusahaan dalam melakukan branding dengan mengenalkan kepada banyak orang. 
  • Memperkuat brand identity yang sudah dibuat oleh perusahaan.  

Itulah gambaran keuntungan yang akan kamu peroleh dari sebuah testimonial positif dari dari konsumen. Kamu juga sudah mengetahui bagaimana strategi memperoleh review yang baik untuk bisnis ayam geprek kamu. 

Kini, saatnya untuk kamu mempraktekkan strategi mendapat testimonial positif dari konsumen. Semakin banyak umpan balik bernilai positif, bisnis akan lebih mudah berkembang. Pelanggan akan semakin banyak berkembang, keuntungan pun dapat meningkat.


Bank digital hadir untuk pelaku UKM, freelancers, dan online sellers di Indonesia. 

Urus segala keperluan bisnis dan keuangan kamu pakai KoinWorks NEO. Kemudahan berbagai layanan seperti bebas biaya transfer antar bank dan pinjaman modal tanpa agunan untuk bisnismu hanya dengan satu aplikasi! 

Lihat juga berbagai panduan dan informasi bisnis hanya di KoinWorks.

Download aplikasi KoinWorks dan mulai kembangkan asetmu sekarang!

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​