Home » Strategi Bisnis » 6 Strategi Mengatasi Penurunan Penjualan Bisnis Sepatu Anak

6 Strategi Mengatasi Penurunan Penjualan Bisnis Sepatu Anak

6 Strategi Mengatasi Penurunan Penjualan Bisnis Sepatu Anak

Adanya pandemi berdampak pada penjualan bisnis yang menurun. Tidak terkecuali, bisnis sepatu anak. Sebagai pebisnis, kamu harus bisa mengatasinya. Lantas, apa saja strategi mengatasi penurunan penjualan dalam bisnis sepatu anak?

6 Cara Mengatasi Penurunan Penjualan Bisnis Sepatu Anak

Sebagai pelaku usaha bisnis sepatu anak, tentunya kamu harus selalu siap dalam mengambil dan menghadapi risiko. Nah, berikut ini ada enam strategi mengatasi penurunan penjualan dalam bisnis sepatu anak yang perlu kamu lakukan:

Menganalisis Tren Pasar

Hal pertama yang bisa kamu lakukan adalah mengevaluasi penjualan dan tren pasar masa kini. Cara paling sederhana, kamu bisa mengecek data penjualan toko selama 6 bulan terakhir. Analisis hingga kamu dapat menemukan faktor apa saja yang membuat penjualan menjadi turun.

Berdasarkan data tersebut, kamu bisa menentukan kategori produk yang sudah terjual. Misalnya, seperti kategori produk yang best seller dan bad seller. Dengan analisis data penjualan, kamu bisa mengevaluasi tren pasar terkini. Jadi, kamu akan mengetahui apa yang kini sedang menjadi kesukaan konsumen di pasar.

Ini bertujuan agar dapat menentukan strategi marketing yang paling cocok untuk kamu gunakan. Selain itu, analisis juga bisa membantu kamu untuk menemukan ide baru bisnis sepatu. Sehingga, kualitas produk juga akan meningkat.

Promosi Produk Sepatu Anak

Ketika sedang mengalami penurunan daya beli, ini disebabkan karena konsumen membatasi berbelanjanya. Dengan demikian, perebutan konsumen pun menjadi semakin ketat. Jika kamu tidak siap menghadapi kompetisi tersebut, maka akan berdampak pada penjualan yang menurun.

Promosi bertujuan agar penjualan mencapai target omset yang optimal dan menghasilkan keuntungan. Jadi, promosi harus dilakukan secara benar dan tepat. Sehingga, omset optimal akan tercapai dan memberikan keuntungan kepada bisnis sepatu anak milikmu.

Untuk menentukan metode promosi, tergantung target pasar. Oleh sebab itu, pemilihannya harus hati-hati. Karena bisa membebani biaya bisnis, jika promosinya tidak efektif. 

Jika promosi yang menyangkut penurunan harga jual, maka harus ada pertimbangan tentang efektifitas dan komunikasi efektif. Karena ada kemungkinan promosi bisa menggerus laba usaha yang diperoleh.

Kamu bisa melakukan pemasaran melalui media online, baik Facebook Ads, Instagram Ads, Youtube Ads, dan lain sejenisnya. Dengan menggunakan promosi tipe ini, kamu tidak perlu mengeluarkan banyak biaya. Selain itu, jangkauannya pun sangat luas.

Jika promosi online dilakukan dengan rutin, bukan tidak mungkin penjualan akan mengalami peningkatan. Jadi, cara ini memang cukup mudah dan tepat untuk dilakukan.

Buat Promo Paket Bundling

Jika kamu memiliki stok barang lama dengan nilai jual rendah, maka sebaiknya buat promo paket bundling. Buat perpaduan antara barang-barang paling laris yang diminati oleh banyak konsumen dan barang stok lama.

Cara ini dapat menjadi strategi mengatasi penurunan penjualan dalam bisnis sepatu anak yang benar. Karena bisa meningkatkan omset penjualan milikmu. Selain itu, strategi ini juga akan membantu kamu menghabiskan barang stok lama yang tersisa.

Adakan Promo Flash Sale dan Giveaway

Kebanyakan promo flash sale akan tersedia pada momen tertentu, seperti lebaran atau tahun baru. Namun, ternyata kamu juga bisa membuat flash sale sesuai kebutuhan bisnismu, loh! Sebagai contoh, flash sale awal bulan karena banyak orang yang akan mendapatkan gaji. 

Secara umum, orang-orang akan lebih suka membeli barang diskon. Oleh sebab itu, buatlah program flash sale untuk menarik orang-orang berbelanja di toko sepatu anak milikmu. Selain pembeli lama, tentunya pembeli baru juga akan kamu dapatkan.

Agar flash sale menarik perhatian khalayak umum, pastikan bahwa kamu memiliki promosi yang bagus. Misalnya, membuat gambar promosi dengan desain yang kreatif dan menyebarkannya melalui email atau media sosial seperti Instagram, Facebook, Twitter, dan lain-lain.

Selain flash sale, kamu juga bisa mengadakan giveaway setiap satu bulan sekali. Strategi ini sangat jitu untuk membuat bisnis sepatu anak milikmu dikenal oleh banyak orang.

Cara ini bisa kamu adakan melalui media sosial, untuk hadiah dari promo ini adalah produk bisnismu. Jangan lupa untuk membuatnya menarik dengan persyaratan dan ketentuan yang bisa memberikan keuntungan ke bisnis sepatu kamu!

Misalnya, seperti memberikan ketentuan wajib untuk mengikuti akun media sosial milikmu, berfoto dan upload dengan melampirkan produk dari bisnis sepatu anak milikmu, dan lain sebagainya.

Mengurangi Biaya Produksi

Strategi mengatasi penurunan penjualan dalam bisnis sepatu anak selanjutnya adalah dengan mengurangi biaya produksi. 

Jika sepatu di tokomu melalui proses produksi, adanya penurunan omset akan berdampak pada kapasitas menganggur yang semakin tinggi. Dengan begitu, beban biaya satuan produk juga akan mengalami kenaikan.

Ada juga biaya tenaga kerja langsung pada produksi juga akan menjadi besar, ini bisa berdampak ke bisnis kamu yang semakin menurun. Bahkan, bisa mengalami kebangkrutan karena omset yang kian tergerus.  

Oleh sebab itu, analisis seluruh total biaya bagian produksi. Jadi, kamu bisa menemukan berapa biaya produksi yang paling ideal untuk dihemat. Namun,  jangan mengurangi kemampuan produksi bisnis kamu.

Tingkatkan Kualitas Pelayanan

Menurunnya penjualan bisa terjadi karena pelayanan yang buruk. Jadi, strategi mengatasi penurunan penjualan dalam bisnis sepatu anak adalah dengan meningkatkan kualitas pelayanan.

Misalnya, selalu bertutur kata dan sabar menghadapi pelanggan, sehingga mereka akan lebih puas dalam membeli produk kamu. Selain itu, bisa saja mereka menjadi langganan toko karena kualitas pelayanan yang baik.

Yuk, Segera Atasi Penurunan Penjualan Bisnis Sepatu Anak!

Nah, itulah enam strategi mengatasi penurunan penjualan dalam bisnis sepatu anak yang bisa kamu terapkan. Jangan lupa untuk selalu konsisten dalam menerapkannya!


Bank digital hadir untuk pelaku UKM, freelancers, dan online sellers di Indonesia. 

Urus segala keperluan bisnis dan keuangan pakai KoinWorks NEO. Kemudahan berbagai layanan seperti bebas biaya transfer antar bank dan pinjaman modal tanpa agunan untuk bisnismu hanya dengan satu aplikasi! 

Lihat juga berbagai panduan dan informasi bisnis hanya di KoinWorks.

Lukito Wijaya

Download aplikasi KoinWorks dan mulai kembangkan asetmu sekarang!

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​