Home » Strategi-bisnis » Manfaat Media Sosial untuk Bisnis Sepatu Anak!

Manfaat Media Sosial untuk Bisnis Sepatu Anak!

Manfaat Media Sosial untuk Bisnis Sepatu Anak!

Di era teknologi yang sudah berkembang seperti sekarang, media sosial menjadi salah satu alat komunikasi yang digunakan semua orang. Berdasarkan We Are Social, jumlah pengguna media sosial pada tahun 2022 telah mencapai 191 juta. Jumlah tersebut membuat platform media sosial dimanfaatkan dalam bidang bisnis, salah satunya bisnis sepatu anak.

Pengaruh media sosial terbukti sangat efektif dan kuat untuk mendapatkan engagement yang besar. Lalu, apa saja media sosial untuk sepatu anak yang perlu kamu manfaatkan agar bisnis semakin berkembang? Simak ulasan berikut!

Media Sosial untuk Bisnis Sepatu Anak

Terdapat banyak platform media sosial untuk bisnis sepatu anak yang dapat kamu manfaatkan untuk mendukung promosi, seperti berikut ini: 

1. Instagram

Media sosial pertama yang merupakan primadona dan bisa kamu manfaatkan adalah Instagram. Melalui Databoks, dapat dilihat bahwa sebagian besar pengguna Instagram berada dalam usia produktif, yaitu sekitar usia 20-34 tahun. 

Hal ini memberikan kemungkinan, bahwa banyak pengguna dari Instagram merupakan orang tua yang sudah memiliki anak. Fakta tersebut bisa kamu manfaatkan untuk melakukan promosi produk sepatu anak. Ditambah adanya banyak fitur dalam Instagram juga akan semakin mempermudah pembuatan konten promosi.

Contoh konten yang bisa kamu buat adalah konten berbentuk reels yang saat ini tengah naik daun. Reels dapat kamu isi dengan konten video pembuatan sepatu. Tidak masalah jika kamu ingin mengunggah foto-foto produk yang umum. 

Asalkan, kamu mampu memberikan informasi-informasi mengenai keunikan produk sepatu kamu secara menarik.

Kamu juga bisa memanfaatkan Instagram Ads agar konten kamu dapat menjangkau konsumen yang lebih luas. Selain itu, adanya Instagram bisnis juga menjadi peluang untuk kamu dapat memberikan informasi produk yang lebih mudah dengan bentuk katalog pada konsumen.

2. TikTok

Sekarang ini berjualan menggunakan fitur TikTok Shop sangatlah populer. TikTok memiliki ratusan juta pengguna aktif. Selain itu, berdasarkan survei Adweek-Morning Consult, setidaknya 49% penggunanya memutuskan untuk membeli sebuah produk setelah melihat promosi, iklan, dan juga review di video TikTok.

Hal inilah yang menjadikan TikTok sebagai media sosial yang akan sangat bermanfaat untuk kemajuan bisnis sepatu kamu. Kamu hanya perlu membuat konten yang sesuai dengan produk sepatu anak yang kamu jual dan menggunakan TikTok Shop untuk memudahkan konsumen melakukan pembelian.

Ingat, kamu harus membuat konten menarik. Misalnya, konten promosi seperti adanya potongan harga ketika melakukan pembelian di hari ulang tahun anak dan sebagainya. 

Kamu juga bisa memanfaatkan promo-promo menarik dari TikTok Shop itu sendiri untuk semakin menarik minat konsumen. Karena biasanya TikTok akan memberikan promo seperti potongan gratis ongkos kirim yang sangat besar. 

Jangan lupa untuk menambahkan caption dan hashtag yang sesuai dengan produk yang kamu jual. Biasanya kamu juga bisa menggunakan hashtag populer yang sejalan dengan produk kamu. Namun, jangan sampai kamu berlebihan memberikan caption dan hashtag

3. Facebook

Media sosial untuk bisnis sepatu anak yang lain adalah Facebook. Facebook memang salah satu media sosial yang tidak ada matinya dan selalu menjadi favorit banyak orang. Berdasarkan Statista, pengguna dengan rentang usia 18-34 tahun menjadi pengguna Facebook yang paling dominan. 

Jika tujuan dari penggunaan media sosial adalah untuk meningkatkan interaksi antara penjual dan pembeli, maka Facebook dapat menjadi pilihan kamu. Apalagi dengan adanya Facebook Ads yang akan semakin memudahkan promosi. Kamu bisa membuat konten yang umum tentang produk dan menyertakan deskripsi produk yang lengkap. 

Hal lain yang bisa kamu lakukan adalah membuat campaign sederhana di Facebook. Campaign tersebut akan meningkatkan brand awareness. Kamu dapat memanfaatkan penggunaan hashtag yang berhubungan dengan produk sepatu ketika sedang mengunggah foto atau informasi tentang produk. 

Misalnya, hashtag yang berbunyi #sikecilaktif. Hashtag tersebut dapat berkaitan dengan anak-anak yang ada dalam usia yang aktif. Kamu juga dapat memberikan pengetahuan seputar bagaimana cara menangani anak yang aktif dan sebagainya. Kemudian, sisipkan penawaran produk sepatu milikmu di bagian penutupnya.

Cara lain yang bisa kamu lakukan dengan Facebook adalah menjangkau komunitas yang ada di Facebook. Komunitas adalah sasaran paling tepat jika kamu ingin melakukan promosi produk dengan cepat dan sesuai target. Karena, umumnya komunitas terbentuk dari suatu kesamaan.

Carilah komunitas yang berhubungan dengan parenting atau komunitas ibu Indonesia. Jika kamu berhasil menjangkau komunitas tersebut, maka akan jauh lebih untuk kamu melakukan promosi. Bahkan kamu tidak perlu melakukan promosi berkali-kali, karena satu promosi sudah mampu menjangkau seluruh anggota.

Sudah Tahu Apa Saja Media Sosial untuk Bisnis Sepatu Anak?

Demikianlah informasi tentang media sosial untuk bisnis sepatu anak yang perlu kamu manfaatkan. Setiap media sosial memiliki segmentasinya masing-masing. Kamu bisa memilih media sosial yang menurutmu paling sesuai dengan target market yang telah kamu tetapkan sebelumnya.

Namun, selain memilih media sosial yang tepat, kamu juga tetap harus memperhatikan konten yang kamu buat. Semakin menarik sebuah konten, maka semakin besar peluang konten tersebut menarik minat calon konsumen. Jadi, media sosial mana yang ingin kamu gunakan?


Nikmati kemudahan transaksi dalam satu aplikasi dan berbagai strategi bisnis hanya di KoinWorks.

Bank digital khusus UKM pertama di Indonesia hadir untuk bantu segala keperluan bisnis dan keuanganmu.

Kemudahan berbagai layanan seperti bebas biaya transfer antar bank dan pinjaman modal tanpa agunan untuk bisnismu hanya dengan satu aplikasi! Pakai KoinWorks NEO sekarang!

[E-Book GRATIS] Dapatkan konten ekslusif seputar strategi bisnis di sini
DAFTAR SEKARANG!
Pilih E-book untuk kamu download.
Dalam Ebook ini mengulas:Cara mudah untuk pebisnis melakukan iklan Google Display Network berupa banner atau visual yang ampuh untuk meningkatkan penjualan.
Dalam Ebook ini mengulas:Membantu pebisnis mengetahui lebih banyak tentang performa promosi yang dilakukan di dunia digital terutamanya platform Facebook untuk menentukan audiens.
Dalam Ebook ini mengulas:Penggunaan Business Metrics/KPI yang tepat untuk melacak sejauh mana bisnis kita sudah berjalan dan seberapa banyak target dari usaha kita yang sudah tercapai.
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.
Manfaat Media Sosial untuk Bisnis Sepatu Anak!

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​