Home » Blog » Bisnis & UKM » Kumpulan Ide – Ide Promosi Kreatif Yang Wajib Dicoba untuk Bisnismu

Kumpulan Ide – Ide Promosi Kreatif Yang Wajib Dicoba untuk Bisnismu

·
4 menit
Ide – Ide Promosi Kreatif

Banyak orang yang menganggap promosi dan pemasaran itu sama. Padahal tahukah kamu kalau keduanya itu berbeda? Ya, promosi dan pemasaran itu berbeda.

Bisa dibilang bahwa promosi itu masuk dalam salah satu strategi pemasaran yakni dengan menggunakan ide-ide promosi kreatif yang wajib kita coba.

Perbedaan Promosi dan Pemasaran

Jadi, promosi adalah bagian dalam sebuah pemasaran. Sedangkan pemasaran adalah segala strategi serta kegiatan dan aktivitas dalam suatu bisnis guna memperoleh awareness dari para audiens. Jadi, sekarang kamu sudah tahu ya bedanya promosi dan pemasaran.

Saat menjalankan sebuah bisnis, kamu perlu untuk melakukan beberapa strategi pemasaran, salah satunya promosi.

Dengan melakukan promosi maka audiens akan tau informasi jelas tentang produk baru atau bisnismu.

Yang menjadi kunci sebuah pemasaran berhasil atau tidak adalah apabila audiens tertarik terhadap produk yang kamu tawarkan.

Ide-ide Promosi Kreatif

Oleh sebab itu kamu harus kreatif dalam melakukan promosi. Disini kami akan memberikan ide-ide promosi kreatif yang wajib dicoba agar penjualan bisnismu semakin meningkat.

Produk Gratis

Siapa sih yang tidak suka gratisan? Semua orang pasti kebanyakan suka dengan produk gratis. Nah, memberikan produk gratis bisa menjadi salah satu dari banyaknya ide-ide promosi kreatif yang wajib dicoba.

Strategi dengan memberikan produk gratis ini sangat sesuai dengan usaha yang bergerak dalam bidang business to business atau B2B. Kamu bisa dengan mudah melakukan trigger secara psikologis terhadap audiens dengan cara ini.

Berikan tambahan produk gratis atau Service gratis namun tetap jual produk atau jasa dengan harga normal.

Secara tidak langsung audiens akan terpengaruh sehingga tertarik pada bisnismu. Misalnya saja gratis 1 produk tambahan setiap pembelian 5 pcs atau gratis tas belanja setiap pembelian 2 pcs, dsb.

Tapi, disisi lain kompetitor juga akan kalang kabut dan berusaha membuat promosi sejenis. Jadi, siapkan strategi tambahan untuk kompetitor.

Poin Loyalitas Member

Nah, salah satu ide-ide promosi kreatif yang wajib dicoba berikutnya adalah dengan memanfaatkan member.

Cara ini sudah sering kali dilakukan oleh pelaku bisnis dan banyak yang tertarik. Dijamin kamu sendiri juga akan tertarik dengan sistem poin loyalitas member ini.

Jadi, cara menjalankan ide promosi yang satu ini adalah dengan membuat klub atau member untuk bisnismu.

Berikan compliments bagi member yang setia. Caranya bisa dengan memberikan voucher belanja saat ulang tahun atau potongan harga dan pengumpulan poin.

Memberikan keuntungan bagi member merupakan salah satu ide-ide promosi kreatif yang wajib dicoba. Dijamin kamu akan mendapatkan banyak pelanggan.

Memanfaatkan Data Pelanggan

Kamu bisa mendapatkan perhatian dari pelanggan dengan memanfaatkan data mereka. Caranya adalah dengan memberikan promo atau diskon khusus bagi pelanggan yang mencapai target tertentu dalam satu tahun.

Misalnya saja, memberikan predikat bagi pelanggan setia yang mencapai pembelanjaan 2 juta dalam satu tahun.

Pelanggan dengan pembelanjaan 2 juta akan menjadi member diamond misalnya dan mendapatkan potongan harga ekstra 2% setiap berbelanja plus poin yang bisa ditukar voucher belanja. Siapa yang tidak akan tertarik?

Mengadakan Giveaway

Kalau ide promosi yang atau ini saat ini marak dilaksanakan. Ini termasuk ide-ide promosi kreatif yang wajib dicoba yaitu dengan menyelenggarakan giveaway.

Siapa yang tak suka hadiah? Saya suka dan pasti kamu juga. Nah, kamu bisa memanfaatkan program giveaway ini untuk menarik minat pelanggan.

Giveaway yang kamu berikan bisa berupa sampel produk gratis, tiket atau potongan harga. Namun, sertakan juga beberapa ketentuan misalnya harus menyertakan hastag tertentu atau menyebutkan teman yang lain dalam kolom komentar.

Semakin menarik hadiah yang kamu berikan pada program giveaway maka akan semakin ramai orang yang berpartisipasi. Jadi memberikan giveaway adalah salah satu ide-ide promosi kreatif yang wajib dicoba.

Sneak Peak bagai Teaser Drama

Perlu ide anti mainstream? Maka coba buat preview dari event yang akan kamu gelar. Istilahnya berikan sedikit bocoran tentang acara dan jangan lupa berikan sedikit hadiah bagi mereka yang berhasil menebak sesuatu atau tiket gratis masuk area tertentu bila membeli produk dengan jumlah tertentu.

Menggandeng Influencer

Hayo siapa yang diam – diam suka mengikuti segala kegiatan influencer termasuk produk yang ia pakai? Gak usah malu, banyak orang melakukan hal yang sama. Mereka akan tertarik dengan produk yang dipakai atau dipromosikan influencer.

Menggandeng influencer bisa jadi salah satu ide-ide promosi kreatif yang wajib dicoba. Namanya saja influencer, tentu akan mampu men “influence” audiens untuk membeli produk atau jasa.

Nah, kamu bisa nih mengajak influencer yang cukup popular untuk mempromosikan bisnismu.

Tapi ingat, gunakan influencer yang benar – benar berkualitas. Jangan gunakan influencer yang asal menerima produk meski kualitas jelek atau abal – abal. Kalau demikian, bisnis kamu juga akan ikut downgrade.

Kamu bisa memanfaatkan selebgram atau youtuber (tergantung dari dana) untuk strategi promosi.

Pilih yang memiliki banyak audiens atau follower yang sesuai dengan pasar bisnismu. Salah – salah memilih influencer bisa – bisa promosimu tidak tepat sasaran.

Dukung Komunitas Tertentu

Mendukung komunitas lokal dengan memberikan sponsor bisa jadi salah satu ide-ide promosi kreatif yang wajib dicoba.

Dengan memberikan support serta dukungan pada komunitas lokal maka kamu secara tidak langsung sedang mempromosikan bisnismu.

Selain bisnis bisa menjadi lebih dikenal, memberikan bantuan merupakan cara terbaik untuk meningkatkan kualitas hidup.

Dengan membantu komunitas loka atau memberikan sponsor maka bisnismu akan dipandang positif.

Meski berbeda dengan sedekah, namun aksi sosial juga dijamin akan membantu peningkatan bisnismu.

Menjadi bermanfaat bagi sekitar juga akan memberikan atmosfer positif pada lingkungan bisnismu. Mulai dari karyawan hingga pelanggan akan merasakannya.

Kamu bisa mencoba dengan memberikan bantuan berupa beasiswa bagi anak karyawan atau orang yang membutuhkan.

Jika dananya terlalu besar, kamu bisa mencoba memberikan sponsor untuk acara lomba di sekitar lokasi bisnis misalnya. Dengan ketentuan logo perusahaanmu akan masuk dalam kostum atau pamphlet.

Bisa juga dengan cara mengadakan kompetisi foto pada acara jalan santai yang digelar di kotamu. Pemenangnya akan mendapatkan produk gratis dari bisnismu.

Atau mungkin bisa juga malah kamu sendiri yang menggelar acara tersebut dengan menggandeng beberapa yayasan sosial agar orang lain juga tertarik untuk memberikan bantuan kepada mereka yang membutuhkan.

Itulah tadi beberapa ide promosi kreatif yang wajib dicoba. Masih banyak cara atau ide kreatif yang bisa kamu coba untuk meningkatkan bisnis yang kamu jalankan. Intinya adalah gali semua potensi yang ada pada dirimu serta karyawan.

Kamu bisa dengan baik meminta bantuan karyawan untuk mempromosikan bisnismu sesekali pada media sosial mereka.

Dengan begitu kamu bisa menjangkau lingkungan sekitaran karyawan untuk promosi secara gratis.

Jangan lupa berikan reward atau ucapkan terima kasih bagi karyawan yang telah melakukannya atau melakukan penjualan tinggi.

Memberikan bonus bagi karyawan juga masuk salah satu ide-ide promosi kreatif yang wajib dicoba lho.

Jika kamu membutuhkan dana terkait penerapan promosi kreatif untuk memajukan bisnismu, KoinWorks siap membantumu.

Simulasi Pinjaman KoinWorks
Ketahui maksimum pinjaman dan cicilan per bulan
+62
Estimasi jumlah maksimum pinjaman

Rp

Estimasi cicilan bulanan
  • Tenor 6 bulan: Rp
  • Tenor 12 bulan: Rp
  • Tenor 24 bulan: Rp

Install aplikasi KoinWorks dan mulai ajukan pinjaman di KoinBisnis!

Ajukan Pinjaman Sekarang

Miko
Dengan tulisan, Miko bisa membagikan banyak hal positif. Berkontribusi dalam pengembangan pengetahuan para pembaca membuatku bahagia.

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​

Pinjaman bisnis sd 2M dapat CASHBACK GOPAY s/d Rp 9,9 Juta, Sikaaat