Bisnis waralaba sudah sangat menjamur. Dari mulai makanan, minuman, laundry kiloan bahkan sampai tempat servis dan belajar mengajar juga sudah menggunakan bisnis waralaba. Memang banyak keuntungan yang bisa diraih baik untuk pemilik waralaba atau untuk mereka yang membeli lisensi waralaba tersebut. Mungkin sebelumnya Anda memiliki pertanyaan bagaimana caranya mewaralabakan bisnis Anda ke orang lain untuk mendapatkan keuntungan lebih. Ini tidak mudah tapi bukan mustahil.

Jika orang lain bisa mewaralabakan bisnis mereka, tentu Anda juga bisa melakukan hal yang sama. Jika Anda berencana untuk mewaralabakan bisnis Anda, perhatikan beberapa tips atau langkah berikut ini agar banyak orang yang meminati bisnis waralaba Anda. Tentu, sebelumnya Anda harus mempersiapkan modal yang tidak sedikit serta kerja keras untuk mensukseskan nama dan pasar bisnis waralaba Anda terlebih dahulu sebelum ’dijual’ kepada orang lain. Mari kita tengok tipsnya.

Bisnis Wajib Berpotensi

Ini adalah syarat wajib yang tidak boleh dilewatkan. Bahkan, tanpa syarat ini, bisa dipastikan bisnis waralaba Anda akan tenggelam ditelan bumi. Artinya, bisnis waralaba yang Anda tawarkan harus memiliki potensi pasar dan keuntungan yang baik baik sekarang atau nanti di masa yang akan datang. Pasalnya, jika bisnis belum tentu menjanjikan tapi Anda sudah mewaralabakannya, kerugian yang akan terjadi baik kerugian Anda sendiri dan termasuk mereka yang membeli waralaba Anda atau partner waralaba Anda.

Saat ini, bisnis waralaba yang sedang menjamur adalah bidang kuliner baik makanan atau minuman. Minuman seperti es teh rasa buah, es cendol, es buah, kopi capucino dan masih banyak lagi. Untuk makanan, ada baso sosis bakar, jagung bakar, kentang balado, kentang ulir, kentang crispy, fried chicken, kebab, burger, pizza, martabak dan masih banyak lagi. Namun, tidak ada salahnya jika Anda mencoba dibidang kecantikan, reparasi elektronik dan lain-lain. Ini bisa membuka peluang berikutnya.

Usaha Sudah Berjalan Serta Nama Sudah Dikenal

Ini poin penting berikutnya. Bisnis waralaba Anda akan sukses diwaralabakan kepada orang lain ketika bisnis tersebut sudah jalan dan tentu memiliki nama atau merek yang sudah dikenal. Paling tidak, usaha tersebut sudah berjalan selama 1 tahun. Ini akan membuat mereka yang akan menjadi partner merasa optimis bahwa bisnis tidak akan mati serta nama yang sudah dikenal akan memudahkan untuk mendapatkan pasar. Bisnis berjalan saja tanpa sebuah nama tidak akan diminati oleh partner.

Bisnis Mudah Dikelola serta Dijalankan

Ketika Anda berencana untuk mewaralabakan bisnis Anda, pastikan bahwa bisnis tersebut mudah dikelola serta dijalankan oleh siapa saja. Jikapun dibutuhkan training, maka singkat saja bahkan training bisa dengan membaca atau melihat video. Itu karena tidak semua orang yang membeli lisensi waralaba Anda mau bersusah payah. Mereka lebih suka pada keuntungannya. Oleh sebab itu, mereka akan merekrut pegawai. Bisnis waralaba yang mudah dikelola dan dijalankan oleh siapapun pastinya akan sangat mudah diterima.

Beri Dukungan dan Promosikan

Bagi pemilik bisnis waralaba, sudah semestinya memberikan dukungan kepada mereka yang membeli waralabanya. Bentuk dukungan ini bisa memberikan supply bahan baku tentu dengan harga yang lebih terjangkau. Sehingga, mereka tidak perlu repot-repot mencari bahan baku. Bahan baku disediakan dengan harga yang lebih murah sehingga mereka bisa menentukan keuntungan secara maksimal. Selain itu, sudah menjadi hal yang lumrah bagi pemiliki waralaba untuk membantu promosikan bisnis yang diwaralabakan tersebut. Iklan bisa dengan berbagai cara.

Jangan Lupakan Izin Waralaba

Terkesan sederhana tapi pada hakikatnya sangat penting. Izin waralaba kepada pemerintah daerah setempat sangat penting untuk memayungi hukum bisnis Anda termasuk juga mereka yang membeli bisnis waralaba ini kepada Anda. Pastikan Anda sudah memiliki izin waralaba sebelum Anda mulai memasarkan bisnis ini kepada masyarakat. Ini tidak boleh Anda lupakan atau abaikan begitu saja.

Itulah beberapa tips yang bisa Anda lakukan ketika Anda berencana akan mewaralabakan bisnis Anda kepada orang lain. Pastikan semua berjalan sesuai dengan rencana sehingga mereka yang membeli bisnis waralaba kepada Anda juga akan merasakan keuntungannya. Dengan begitu, akan ada banyak orang yang akan berwaralaba dengan Anda.


Simulasi Pinjaman Modal Usaha

Jumlah Pinjaman

Suku Bunga/Tahun (% APR)

Jangka Waktu (Tahun)


Hasil
Bunga Pinjaman
Pokok + Bunga

Cicilan Bulanan:

Syarat Pengajuan Pinjaman di KoinWorks


Download Aplikasi KoinWorks

apple app store iosgoogle play store android app

1 KOMENTAR

  1. tips yang bermanfaat bagi para calon pelaku usaha waralaba, saat ini trend membuat bisnis waralaba di indonesia sendiri sedang meningkat.
    yang paling menonjol adalah tren waralaba minuman, karena mudahnya mendapatkan bahan baku serta modalnya yang kecil.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.