Home » Blog » Bisnis & UKM, Daily » Tips Menyusun Strategi Bisnis Minuman Kekinian di Tengah Covid-19

Tips Menyusun Strategi Bisnis Minuman Kekinian di Tengah Covid-19

·
3 menit
strategi bisnis minuman kekinianmu tetap laris selama pandemi covid-19

Sebelum pandemi virus Corona melanda dunia, berbagai sektor bisnis dan industri tampaknya masih berjalan dengan normal dan terus mengalami peningkatan berkat adanya transformasi digital.

Setelah Covid-19 mulai masuk di Indonesia, seluruh masyarakat harus taat terhadap kebijakan untuk menetap dan menjalankan seluruh aktivitasnya di rumah.

Salah satu dampak dari adanya aturan tersebut adalah banyak pebisnis yang mulai merugi akibat tak ada satu pun pengunjung yang hendak membeli. 

Dari kejadian tersebut, pebisnis seakan dipaksa untuk memutar otak dan mencari jalan keluar agar usahanya tetap bisa bertahan, tak luput pemilik bisnis yang bergerak di sektor minuman.

Maka dari itu, sangat penting bagi kamu untuk dapat menyusun strategi bisnis minuman di tengah Covid-19.


Strategi Tepat dalam Mempertahankan Bisnis Minuman Kekinian

Alih-alih pusing terhadap pembatasan yang telah aturan umum tetapkan, maka akan jauh lebih baik jika pelaku bisnis minuman lebih terfokus pada hikmah positif dibaliknya. 

Kamu dapat memanfaatkan momentum dari peristiwa pandemi Covid-19 dan menerapkannya dalam inovasi produk minuman.

Sebagai pemilik bisnis minuman kekinian, kamu perlu memikirkan beragam upaya agar usaha kamu tetap bertahan di segala macam kondisi.

Kuncinya adalah pahami kebutuhan konsumen dan terapkan data tersebut dalam inovasi produk.

Berikut adalah beberapa contoh strategi bisnis minuman di tengah Covid-19 yang dapat kamu terapkan:

1. Terapkan Pemasaran dan Penjualan Berbasis Online

Semenjak adanya wabah virus Corona, seluruh penduduk dunia juga turut mengalami transformasi digitalisasi secara masif.

Berbagai bentuk kecanggihan dalam layanan komunikasi dan penyediaan informasi kini sudah semakin luas dipergunakan dalam lapisan masyarakat.

Merebaknya gaya hidup digital masa kini dapat kamu terapkan dalam menyusun strategi bisnis minuman di tengah Covid-19 baik dalam aspek pemasaran maupun penjualan. 

Sebagai pemilik usaha, kamu dapat melakukan promosi produk minuman melalui media sosial, website, atau bentuk strategi pemasaran digital lainnya. 

Selain itu, kamu juga dapat memanfaatkan jasa antar online dalam layanan pemesanan produk minuman.

Kamu dapat menggunakan jasa ojek online, kurir, atau sumber daya manusia sendiri.

2. Promosikan Produk Minuman Baru yang Menyehatkan

Salah satu kebutuhan masyarakat di masa pandemi ini adalah menjaga asupan nutrisi yang cukup dan seimbang demi memelihara sistem kekebalan tubuh.

Upaya ini sangat marak dan telah menjadi gaya hidup baru secara masif sebagai wujud perlindungan diri agar mereka tidak mudah terserang penyakit.

Kamu dapat memanfaatkan perilaku tersebut dengan menciptakan jenis produk baru yang sehat dan menggugah minat pembeli sebagai strategi bisnis minuman di tengah Covid-19.

Beberapa contohnya adalah menyediakan menu baru seperti jus buah dan sayur, susu segar, atau menambahkan suplemen vitamin C dengan takaran yang pas dalam setiap porsi minuman. 

Vitamin C telah menjadi kebutuhan esensial di masa new normal yang berperan sebagai antioksidan, membantu proses pemulihan dan meningkatkan sistem imun.

3. Jauhi Hal Negatif yang Dapat Mencoreng Citra Bisnis

Ketika sedang menawarkan atau mempromosikan produk kepada masyarakat, pastikan dahulu kesiapan seluruh aspeknya agar nanti tidak menimbulkan bentuk-bentuk kesalahan yang memicu kesan negatif di mata audiens.

Sebagai contoh saat ingin melakukan promosi produk dalam bentuk video.

Kamu dapat menunjukkan proses pembuatan minuman yang higienis serta terjamin kualitasnya sampai ke tangan konsumen. 

Sebisa mungkin untuk cek kembali video dengan teliti lagi agar hasilnya nihil dari kekeliruan yang dapat memicu tercorengnya brand bisnismu.

Dengan penyampaian promosi yang baik, maka audiens akan semakin yakin bahwa produkmu bebas dari isu yang tidak-tidak.

Kesalahan yang timbul akibat kelalaian dalam proses pengerjaan tidak selalu bersifat sepele.

Ada kalanya kesalahan tersebut akan berdampak besar terhadap nama brand serta citra bisnis minuman yang telah berdiri sejak lama.

Selain menjalankan strategi bisnis minuman di tengah Covid-19 untuk meningkatkan penjualan, kamu juga perlu memikirkan upaya lain agar risiko kerugian usaha dapat kamu tekan seminimal mungkin.

4. Beri Dukungan, Bukan Sekedar Mencari Keuntungan

Sebagai wujud simpati manusia kepada manusia lainnya, pelaku bisnis juga perlu memberikan bantuan dalam bentuk pelayanan khusus kepada target sasaran.

Karena pada dasarnya, semakin banyak kamu memberi akan semakin banyak pula rezeki.

Tak bisa dipungkiri jika penjualan adalah fokus utama dalam segala jenis bisnis.

Namun, tak ada salahnya jika kamu juga turut memberikan dukungan kepada orang-orang yang membutuhkan melalui layanan, produk minuman, maupun bentuk dukungan lainnya.

5. Jadikan Produk sebagai Solusi Kebutuhan Konsumen

Sebagai pebisnis minuman, kamu dapat membangun kesadaran masyarakat akan pentingnya suatu tindakan tertentu, lalu tawarkan segelas solusi dengan produk minumanmu.

Cara ini dapat kamu lakukan melalui strategi bisnis minuman di tengah Covid-19 dengan content marketing.

Sebagai contoh, kamu adalah seorang pengusaha jus kekinian dan ingin menyampaikan pesan kepada masyarakat bahwa mengonsumsi jus buah dapat meningkatkan sistem imun dan mengurangi risiko terkena Covid-19.

Setelah itu, tawarkan produk jus kamu kepada masyarakat di tengah permasalahan wabah penyakit Covid-19 yang sedang melanda saat ini.

Harapannya, masyarakat akan lebih menyadari pentingnya menjaga diri dan melihat jus buah kamu sebagai solusi.


Sesuaikan Strategi Bisnis Minuman di Tengah Covid-19 dengan Keadaan Usahamu

Hal utama yang perlu kamu perhatikan adalah pahami kondisi bisnis minumanmu sebelum melangkah pada penyusunan strategi pengembangan usahamu.

Selain itu, kenali kebutuhan masyarakat dan ciptakan tren minuman kekinian ala kamu.

Friska
Ketika banyak orang membutuhkan panduan dalam menyelesaikan masalah keuangan yang mereka hadapi, mereka sering mengalami kesulitan dalam mencari sumber/ saran terbaik. Karena itulah tulisan melalui artikel adalah hal yang menjadi passion bagiku karena akan membantu banyak orang yang mengalami kesulitan-kesulitan tersebut.

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​

Pinjaman bisnis sd 2M dapat CASHBACK GOPAY s/d Rp 9,9 Juta, Sikaaat