Home » Blog » Bisnis & UKM, Daily » 7 Strategi Pemasaran Produk Makanan Paling Jitu

7 Strategi Pemasaran Produk Makanan Paling Jitu

·
3 menit
Strategi Pemasaran Produk Makanan

7 Strategi Pemasaran Produk Makanan Paling Jitu – Salah satu usaha yang selalu memiliki tempat di hati pelanggan adalah usaha kuliner.

Para pelanggan kerap merasa bosan dengan jenis makanan yang sudah sering mereka konsumsi, makanya jika ada usaha kuliner baru biasanya para konsumen akan tertarik untuk mencoba.

Lagipula, makanan juga merupakan kebutuhan pokok yang pastinya kita butuhkan setiap hari.

Untuk kamu yang punya bisnis kuliner ataupun yang ingin mencoba untuk merambah bisnis kuliner, ada beberapa strategi pemasaran produk makanan yang bisa kamu terapkan supaya usaha kamu ramai oleh pelanggan.


1. Tentukan Target Pasar

Setiap orang memiliki selera yang berbeda-beda, begitu pula dengan selera makanan.

Untuk memaksimalkan strategi pemasaran produk makanan yang kamu jual, kamu harus menentukan target dari produk tersebut.

Sebagai contoh, apabila kamu menjual makanan yang memiliki cita rasa pedas maka sudah dipastikan produkmu tidak cocok untuk anak-anak.

Sebaliknya, jika kamu mencual produk dengan cita rasa manis atau memiliki bentuk yang unik maka mungkin produk tersebut cocok untuk kamu promosikan ke anak-anak.

Pada intinya, menentukan target pasar sangat penting ketika ingin mulai mempromosikan produk yang kamu jual supaya kegiatan promosimu bisa maksimal dan produkmu laris terjual.


2. Kemasan yang Unik

Meskipun terkesan sederhana, tapi kemasan produk merupakan hal yang penting untuk menunjang penjualan produk.

Buatlah kemasan yang unik sehingga orang akan lebih  mudah mengenali produkmu.

Selain itu, kamu juga bisa membuat kemasan yang eye catchy agar ketika orang baru pertama kali melihat produkmu maka mereka akan merasa tertarik dan ingin mencoba.

Kamu bisa menentukan tema untuk kemasan produk, misalnya saja tema yang colorful atau yang minimalis.

Yang harus kamu perhatikan adalah pastikan kemasan produk sesuai dengan identitas yang ingin kamu bangun di produk tersebut.


3. Logo yang Menarik

Tahukah kamu? Jasa pembuatan logo makanan sangatlah mahal.

Mengapa?

Karena logo merupakan bagian dari identitas produk yang kamu jual.

Jika kamu perhatikan, usaha-usaha kuliner yang sudah besar dan sukses pasti memiliki logo yang mudah dikenali.

Buatlah logo yang unik dan gampang diingat oleh para pelanggan, supaya orang akan tetap mengenali produkmu meskipun hanya dengan melihat logo.

Baca juga : Apa itu Brand Identity, dan pentingnya dalam bisnis?


4. Manfaatkan Media Sosial

Strategi pemasaran produk makanan berikutnya adalah dengan memanfaatkan media sosial.

Salah satu tips yang bisa kamu terapkan ketika ingin mengunggah foto-foto produk ke dalam media sosial adalah pastikan kamu menggunakan foto yang mampu menarik perhatian calon konsumen.

Untuk dapat menghasilkan foto makanan yang terbaik, tidak ada salahnya untuk menggunakan jasa fotografer handal yang memang sudah mengerti tentang  bagaimana cara pengambilan foto produk makanan.


5. Layanan Pesan Antar

Apabila kamu pernah mengalami rasa malas keluar rumah hanya untuk membeli makanan, maka kamu tidak sendirian.

Di jaman sekarang, orang-orang sangat menginginkan sesuatu yang praktis dan tidak merepotkan, dan ini termasuk dalam hal pesan makanan.

Jika menyediakan layanan pesan antar sendiri terbilang rumit dan membutuhkan modal lebih untuk membayar jasa pengantar, maka kamu bisa bekerja sama dengan pihak ke 3 seperti grabfood dan gofood.

Dengan begitu, para konsumen bisa dengan mudah membeli makanan dan kamu juga tidak dibebankan dengan biaya gaji karyawan pengantar makanan.


6. Endorsement

Percaya atau tidak strategi pemasaran produk makanan berikutnya yang terbilang efektif adalah dengan bekerja sama dengan artis atau selebgram melalui endorsement.

Endorsement merupakan kegiatan dimana kamu bisa mengirimkan produk kepada seorang artis atau selebgram kemudian produkmu akan dipromosikan di sosial media miliki mereka.

Sebelum menentukan selebram mana yang akan kamu gunakan jasanya untuk mempromosikan produk makananmu, ada baiknya kamu melihat jumlah pengikut selebram tersebut karena ini akan berkaitan dengan jangkauan promosi yang akan kamu dapat.

Baca juga : Pasti Untung! 12 Ide Bisnis Masa Pandemi Untukmu

Kamu juga bisa mengecek keseimbangan antara jumlah interaksi melalui komen dengan jumlah pengikut, karena apabila perbandingannya sangat jauh bisa saja selebgrab tersebut membeli pengikut.

Jadi, lakukan riset kecil-kecilan dulu sebelum memilih selebgram ya.


7. Inovasi Produk

Strategi pemasaran produk makanan yang tidak bisa kamu anggap remeh adalah inovasi produk.

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, terkadang orang merasa bosan dengan makanan yang itu-itu saja, makanya kamu harus melakukan inovasi pada produkmu.

Apabila kamu kesulitan untuk menciptakan produk baru, kamu bisa mulai dengan menambahkan varian baru dari produk yang sudah ada.

Setidaknya akan selalu ada yang baru dari toko kamu.

Baca Juga: Cara Mendapatkan Logo Halal


Nah, itulah 7 strategi pemasaran produk makanan yang bisa kamu terapkan.

Apabila kamu butuh pinjaman modal usaha untuk memaksimalkan pemasaran produkmu, kamu bisa coba untuk mengajukan pinjaman modal usaha melalui KoinBisnis dari KoinWorks.

KoinBisnis menyediakan pinjaman modal usaha sampai dengan Rp. 2 Miliar dan dengan bunga yang cukup rendah yaitu mulai dari 0.75% per bulan.

Selain itu, seluruh prosesnya dilakukan secara online, lho!
Jadi pasti cepat dan tidak ribet.

Simulasikan pinjaman modal usaha kamu disini:

Simulasi Pinjaman KoinWorks
Ketahui maksimum pinjaman dan cicilan per bulan
+62
Estimasi jumlah maksimum pinjaman

Rp

Estimasi cicilan bulanan
  • Tenor 6 bulan: Rp
  • Tenor 12 bulan: Rp
  • Tenor 24 bulan: Rp

Install aplikasi KoinWorks dan mulai ajukan pinjaman di KoinBisnis!

Ajukan Pinjaman Sekarang

Gina Valerina
Beware of little expenses, a small leak will sink a great ship - Benjamin Franklin

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​

Pinjaman bisnis sd 2M dapat CASHBACK GOPAY s/d Rp 9,9 Juta, Sikaaat