Sebelum Berinvestasi, Kenali 8 Cara Membedakan Emas Asli dan Emas Palsu – Sudah bukan menjadi rahasia lagi, kalau emas bagi banyak orang masih jadi salah satu investasi yang menguntungkan.

Tak heran, karena investasi emas diklaim lebih stabil dari nilai mata uang, selain itu juga sangat cocok bagi Anda yang menginginkan investasi jangka panjang.

Dalam berinvestasi emas, biasanya Anda akan mengeluarkan kocek yang cukup besar. Seringkali Anda khawatir, apakah emas yang Anda investasikan asli atau palsu?

Baca juga: Harga Emas Hari Ini: Senin, 9 Desember 2019

Jadi, Anda harus benar-benar memastikan kalau emas tersebut asli agar investasi dapat berjalan sesuai dengan tujuan Anda.

Sebenarnya cara membedakan emas itu, susah-susah-gampang, namun bagi Anda yang pemula tentu akan mengalami sedikit kebingungan.

Nah, agar tidak salah kaprah lagi berikut ada 8 cara membedakan emas asli atau palsu yang perlu Anda lakukan sebelum mulai berinvestasi. Mudah, kok!

Baca Juga: Mau Lebih Percaya Diri Saat Berinvestasi Emas? Yuk, Belajar dari 5 Artikel Ini!


Sebelum Berinvestasi, Kenali 8 Cara Membedakan Emas Asli dan Emas Palsu

1Perhatikan Bagian Fisik Emas

investasi emas

Cara membedakan emas asli dan palsu yang pertama adalah dengan melihat langsung dari fisiknya. Ciri-ciri dari emas asli itu biasanya akan terdapat cap yang menunjukan kadar emas tersebut.

Baca Juga: 5 Cara Mudah Kenali Emas Palsu

Nah, kadar emas biasanya menggunakan satuan fineness (1-999 atau 0.1-0.999), yang lazim dikenal dengan satuan karat dalam angka 1-999 atau 0.1-0.999) yang lazim dikenal dengan satuan karat dalam angka 10K, 18K atau 24K.


2Identifikasi Warnanya

emas-investasi-untung

 

Warna juga bisa Anda perhatikan untuk mengetahui cara membedakan emas, lho. Caranya mudah banget, Anda hanya perlu untuk coba menggosok permukaan emas dengan telapak tangan atau jari telunjuk.

Baca Juga: 4 Cara Tepat Menyimpan Emas yang Mudah dan Aman

Jika tidak mengalami perubahan, maka emas Anda tersebut asli. Tetapi, jika warnanya menjadi pudar dan tidak seragam, kemungkinan emas palsu.


3Cobalah untuk Digigit

cara mudah kenali emas palsu

Jika Anda mengernyitkan dahi saat mengetahui cara membedakan emas yang satu ini, tenang saja karena hal ini benar adanya.

Kenapa? Emas adalah logam mulia lunak yang mudah sekali dibentuk. Semakin tinggi kadar karatnya, akan makin lebih juga emasnya.

Anda bisa mencoba menggigit bagian permukaan emas. Bila ada bekas gigitan yang tertinggal , maka artinya emas milik Anda itu kemungkinan asli.  Jika terjadi hal sebaliknya, yaitu keras banget saat digigit dan tak meninggalkan bekas apapun, bisa jadi itu palsu.

Baca Juga: Jangan Terlalu Percaya Diri! 5 Bahaya Berinvestasi yang Perlu Diketahui

Tetapi, Anda juga jangan langsung percaya begitu saja. Bisa saja, material yang digunakan untuk membuat emas palsu itu adalah timah. Logam timah, juga termasuk golongan logam lunak, lho. Jadi, Anda juga harus lebih jeli, ya.


4Dekatkan dengan Magnet

investasi emas - investasi minim risiko

Cara membedakan emas selanjutnya, Anda bisa menggunakan alat tambahan seperti magnet.   

Baca Juga: 5 Produk Investasi Hebat yang Bisa Dimiliki oleh Para Investor Pemula

Pada dasarnya emas termasuk jenis logam yang sifatnya non magnetis. Jadi, ketika mendekatkan magnet dengan emas milik Anda yang diklaim asli, seharunya tidak akan saling tertarik atau menempel.


5Uji dengan Keramik atau Kertas

emas-investasi-perhiasan

Ambil kertas atau datangi keramik terdekat Anda, karena 2 benda ini bisa digunakan untuk mengetahu cara membedakan emas asli dan palsu.

Mudah sekali, Anda hanya perlu menggoreskan emas ke keramik atau kertas.

Jika setelah digoreskan lalu terdapat warna hitam, maka bisa saja emas tersebut palsu. Kalau terjadi sebaliknya, artinya emasnya asli.

Tapi perlu Anda ingat, kalau cara ini bisa saja merusak emas.

Baca Juga: Investasi Emas Atau Berlian? Menentukan Investasi yang Akan Dipilih


6Teteskan Nitric Acid

investasi emas - investasi berlian

Cara membedakan emas yang asli dan palsu berikutnya adalah dengan meneteskan asam nitrat atau Nitric Acid.

Kalau warna emas berubah jadi hijau setelah diteteskan asam nitrat, bisa saja emas Anda sebenarnya adalah logam yang diberi lapisan emas.

Sedangkan jika berubah jadi warna kuning, berarti emas Anda adalah kuningan yang diberi lapisan emas.

Sementara itu, jika berubah menjadi warna susu, maka emas tersebut adalah perak yang diberi lapisan emas.

Nah, jika tidak terjadi perubahan warna apapun, emas Anda berarti asli.

Sangat perlu Anda perhatikan, saat ingin menggunakan asam nitrat untuk mengecek keaslian emas, ada baiknya didampingi seorang profesional.

Selain karena cairan ini bahaya untuk tubuh dan pernapasan, emas juga bisa rusak. Hati-hati, ya.

Baca Juga: 5 Kesalahan Investasi Emas yang Bisa Merugikan Diri Sendiri


7Cek Kepadatan Emas

investasi emas - investasi berlian

Mengecek kepadatan emang bisa menjadi cara membedakan emas asli dan palsu juga, lho. Engga hanya itu, cara ini bahkan dinilai paling mendekati valid.

Kenapa begitu? Alasannya karena logam emas punya kepadatan yang sangat tinggi. Jadi, sangat jarang ada logam lain yang bisa menyaingi kepadatan emas.

Semakin tinggi kepadatan suatu emas, maka makin murni emas tersebut.

Baca Juga: Tips Investasi Emas untuk Pemula Biar Anda Makin Pro!

Cara mengujinya cukup mudah kok, yuk ikuti langkah berikut:

  1. Isi air di gelas atau botol yang memiliki takaran ukuran mililite
  2. Masukkan emas dengan cara digantung menggunakan benang
  3. Lihatlah perbedaan air antara sebelum dan sesudah emas direndam

Anda bisa menggunakan rumus perhitungan kepadan = massa dibagi volume. Nah, jika angka mendekati 19 gram per milimeter, bisa dipastikan emas tersebut asli.

Sebagai panduan Anda, berikut adalah angka kepadatan emas berdasarkan karat. Emas 14 k = 12,9-14,6 gram/mililiter, 18K kuning = 15,2-15,9 g/ml, 18K putih = 14,7-16,9 g/ml dan 22K = 17,7-17,8 g/ml.


8Datang ke Toko Emas

cara tepat menyimpan emas yang mudah dan aman - penghasilan sambil tidur - jenis investasi jangka panjang

Jika setelah melakukan cara membedakan emas di atas Anda masih merasa tidak yakin, datanglah langsung ke Toko Emas terdekat. Biasanya mereka meiliki alat khusus yang memang dipersiapkan untuk mengukur dan menentukan emas asli atau palsu.

Baca Juga: 4 Perbedaan Investasi Saham dan Investasi Emas

Bagaimana, setelah mengetahui cara membedakan emas di atas, sudah lebih yakin untuk mulai berinvestasi emas? Sebenarnya bila berbicara mengenai investasi, tak hanya investasi emas saja lho yang bisa Anda lakukan, ada juga investasi Peer-to-Peer Lending (P2P).

Jika tertarik memulai investasi Peer-to-Peer Lending (P2P), Anda bisa memilih KoinWorks yang merupakan salah satu platform terpercaya bagi para investor muda.

Selain itu, KoinWorks juga telah terdaftar dan diawasi Otoritas Jasa Keuangan, tentunya kegiatan investasi Anda jauh lebih aman.

Anda juga tak perlu mengeluarkan kocek berlebih, Anda bisa mulai berinvestasi hanya dengan Rp100.000 dan sudah bisa mendapatkan keuntungan mulai dari 18% setiap tahunnya.

Jadi tunggu apalagi? Masa depan yang lebih baik sekarang bisa mudah Anda dapatkan tanpa harus mengeluarkan banyak dana. Yuk, segera berinvestasi!


Agar kami dapat memahami kebutuhan informasi Anda dengan baik dan menyediakan konten yang berkualitas serta informatif kepada setiap pembaca, mohon luangkan waktu untuk mengisi survey singkat di halaman berikut.

Download Aplikasi KoinWorks

apple app store iosgoogle play store android app

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.