4 Cara Tepat Menyimpan Emas yang Mudah dan Aman – Apakah Anda termasuk orang yang memiliki banyak emas? Atau baru saja akan membeli emas untuk sebuah investasi?

Nah, sebelum itu, ada baiknya Anda memikirkan terlebih dahulu bagaimana caranya menyimpan emas yang Anda miliki. Biasanya jika kita saksikan sebuah film, emas-emas ini sering disimpan di dalam brankas besi.

Padahal, masih banyak lho cara-cara yang bisa dilakukan untuk menyimpan emas secara aman.

Baca Juga: 5 Pertimbangan Sebelum Membeli Emas Batangan Atau Emas Perhiasan

Sebelum membahas detil caranya menyimpan emas yang benar dan aman, Anda juga harus tahu nih beberapa aturan dasar yang harus dilakukan dalam penyimpanan emas:

  1. Modal: Jangan bersikap pelit jika Anda ingin memiliki keamanan penyimpanan yang baik. Mengeluarkan uang untuk investasi keamanan bukanlah hal yang salah.
  2. Upaya: Saat Anda melindungi barang berharga, tidak ada salahnya melakukan upaya yang lebih dari biasanya. Hal ini demi melindungi barang tersebut, karena jika sudah hilang maka kemungkinan kembalinya sangat kecil.
  3. Pisahkan Perhiasan: Jangan satukan emas untuk keperluan investasi Anda dan emas yang sering Anda gunakan sehari-hari
  4. Kreatif: Kini para pencuri sudah semakin kreatif, jadi Anda juga harus memiliki cara yang lebih kreatif dan out of the box.

4 Cara Tepat Menyimpan Emas yang Mudah dan Aman

1Gunakan 3 Lapisan Pengamanan atau Lebih

simpan-emas-aman-mudah-brankas-safe-box-4 Cara Tepat Menyimpan Emas yang Mudah dan Aman

Pencuri biasanya memiliki waktu yang terbatas saat melakukan aksinya, mereka cenderung sering mengambil barang yang mudah diraih, seperti dalam laci, lemari, atau tempat sejenisnya.

Seperti yang disebutkan pada aturan dasar sebelumnya, berpikirlah kreatif dan berupaya lebih ekstra dari biasanya. Anda bisa menyimpan emas tersebut pada suatu kotak yang sudah digembok, kemudian dimasukan ke dalam kotak yang lebih besar lagi dengan kata sandi, hingga akhirnya kotak itu dikubur di suatu tempat yang diatasnya ditutupi pot tanaman.

Semakin sulit pencuri mengbongkar tempat penyimpanan emas, semakin kecil peluangnya untuk berhasil.


2Simpan di Brankas Unik

simpan-emas-aman-mudah-brankas-buku-unik-4 Cara Tepat Menyimpan Emas yang Mudah dan Aman

Kini brankas berbentuk unik sudah bisa banyak kita temui di toko offline maupun toko online. Untuk fungsinya sendiri, ini memang benar-benar sama dengan brankas besi pada umumnya.

Kebanyakan orang menyimpan barang-barang berharga termasuk emas mereka di dalam lemari pribadinya, jadi hindari untuk menyimpannya di sana.

Baca Juga: Apakah Emas Termasuk Investasi yang Bagus? Ayo Simak Kelebihan dan Kekurangannya di Bawah Ini

Misalnya dengan menyimpan emas tersebut di dalam brankas buku, bentuk yang tidak mencurigakan dan sangat mirip dengan buku asli membuat brankas ini sering hilang dari titik pandang seorang pencuri.

Selain itu, Anda juga bisa menggunakan brankas berbentuk jam dinding yang bisa Anda tempatkan di tempat yang sulit dijangkau oleh tangan sang pencuri.


3Kelabui Pencuri

simpan-emas-aman-pencurian-mencuri-curi-4 Cara Tepat Menyimpan Emas yang Mudah dan Aman-Ini Dia 5 Cara Hindari Penipuan Berkedok Tes CPNS!

Jika Anda berpikir sedikit kreatif, Anda bisa saja mengelabui sang pencuri.

Misalnya, Anda meletakan brankas di tempat yang mudah terlihat. Lalu, isi brankas tersebut dengan barang-barang yang tidak berharga.

Jadi, ketika si pencuri menemukan brankas ini dan membongkarnya, ia akan beranggapan bahwa Anda tidak memiliki barang berharga lainnya. Kemudian segera meninggalkan rumah atau kantor Anda.


4Simpan di Bank atau Pegadaian

cara tepat menyimpan emas yang mudah dan aman - penghasilan sambil tidur - jenis investasi jangka panjang

Apakah Anda pernah mendengar tenatang safe deposit box? Ya, safe deposit box (SDB) adalah fasilitas yang diberikan oleh bank bagi nasabah yang ingin menyimpan emas atau dokumen yang berharga.

SDB ini dapat memberikan perlindungan dari risiko kehilangan dan pencurian. Bukan hanya itu saja, SDB juga memberikan fasilitas berupa perlindungan dari risiko kebakaran dengan ruangan khusus, sistem pemindai sidik jari, nomor PIN, dan kunci pengaman ganda.

Tapi tentu saja fasilitas ini tidak gratis ya, Anda diharuskan untuk membayar iuran dan uang jaminan.

Solusi lainnya adalah menyimpan emas Anda di pegadaian dengan tarif sekitar Rp 20.000 per 100 gram emas setiap bulannya.

Baca Juga: 4 Perbedaan Investasi Saham dan Investasi Emas

Itu dia tadi 4 cara tepat yang bisa Anda praktikkan untuk membuat emas Anda tetap aman. Namun, jika Anda masih ragu juga untuk berinvestasi emas, Anda bisa berinvestasi juga di Peer-to-Peer Lending seperti KoinWorks.

Anda sebagai pendana bisa mulai memberikan pinjaman-pinjaman kepada pihak yang membutuhkan mulai dari Rp 100.000 saja. Nantinya, para peminjam akan mengembalikan pinjamannya kepada Anda dengan sistem cicilan dimana Anda akan mendapatkan bunga mulai dari 18%.

Jadi, bagaimana? Apakah Anda sudah siap berinvestasi emas? Atau lebih tertarik dengan sistem pendanaan di KoinWorks? Yuk, tulis jawaban Anda di kolom komentar!


Agar kami dapat memahami kebutuhan informasi Anda dengan baik dan menyediakan konten yang berkualitas serta informatif kepada setiap pembaca, mohon luangkan waktu untuk mengisi survey singkat di halaman berikut.

Hitung Efek Compounding Investasi Anda

Investasi Awal:
Investasi Bulanan:
Suku Bunga per Tahun (%):
Jangka Waktu (Tahun):



Total Investasi:
Future Value:
Bunga Keuntungan:
Daftar Dapat 150.000

(*) KOIN, Khusus Pendaftar Baru

Download Aplikasi KoinWorks

apple app store iosgoogle play store android app

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.