Event Penghargaan Wirausaha di Indonesia

·
3 menit
event KoinWorks - wirausaha di indonesia- 7 bisnis di hari kemerdekaan

Event Penghargaan Wirausaha di Indonesia – Ada berbagai latar belakang disetiap kisah sukses para pengusaha termasuk bagaimana mereka mendapatkan modal seperti dari kredit mikro, investor, tabungan, jual harta benda dan lain sebagainya.

Selain itu, ada berbagai strategi bisnis atau investasi yang mereka lakukan untuk bisa eksis dan tentu mendapatkan banyak keuntungan.

Salah satunya melalui berbagai kompetisi bisnis. Dengan adanya kompetisi tentu ilmu, relasi, jaringan dan bahkan informasi mereka akan bertambah. Ada juga kebahagiaan dan kebanggan tersendiri ketika memenangi kompetisi tersebut.

Berikut beberapa event penghargaan yang diberikan kepada para pengusaha di Indonesia;

Event Penghargaan Wirausaha di Indonesia

1. Anugerah Wirausaha Indonesia (AWI)

AWI atau Anugerah Wirausaha Indonesia memang salah satu bentuk penghargaan atau apresiasi yang tinggi diberikan pada para pengusaha di Indonesia.

Baca Juga: Wajib Gabung! 3 Komunitas Pengusaha Pilihan Tempatnya Belajar Bisnis

Kompetisi dan penghargaan AWI sendiri dilaksanakan setiap tahun. Untuk tahun 2016 ini, AWI diadakan pada hari Rabu, 23 Maret 2016 bertempat di Ritz Carlton Hotel.

Dalam kesempatan ini, sudah terpilih 26 pengusaha yang memiliki kemungkinan untuk mendapatkan Award AWI 2016.

Tentu, sosok pengusaha hebat dimana bisa menginspirasi serta memberikan pengaruh positif bagi banyak masyarakat dan tentunya bagi pebisnis lain yang dipilih menjadi nominator dari AWI ini.

AWI juga diberikan kepada para pengusaha dengan tujuan bisa mendorong semangat para pengusaha di Indonesia untuk terus maju dan mengembangkan bisnisnya termasuk melakukan berbagai inovasi yang bermanfaat di masa mendatang. Penghargaan ini memang bergengsi karena peserta juga dipilih dari berbagai daerah di Indonesia.

2. WMM, MYT dan WSM

WMM atau Wirausaha Mandiri Muda, MYT atau Mandiri Young Technopreneur dan WSM atau Wirausaha Sosial Mandiri juga merupakan ajang kompetisi serta penghargaan yang diberikan kepada mereka yang memang layak sesuai dengan standard yang diberikan oleh Bank Mandiri divisi wirausaha.

Kompetisi ini berjalan setiap tahun dan tiap tahunnya kompetisi ini memunculkan sosok-sosok pengusaha yang terampil dan kreatif karena fokus kompetisi dan penghargaan dari Bank Mandiri ini adalah UMKM.

Baca Juga: Jumlah Pengusaha di Indonesia Meningkat, Tapi…

WMM diberikan oleh Bank Mandiri kepada UMKM sebagai bentuk apresiasi dan kepedulian Bank Mandiri kepada para pebisnis UKM muda yang berprestasi.

Sedangkan MYT sendiri merupakan penghargaan yang diberikan kepada para innovator muda yang memiliki kemampuan melakukan inovasi dengan teknologi dimana teknologi ini nantinya bisa diimplementasikan untuk mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat banyak.

Selain itu, teknologi ini juga nantinya akan mendorong mereka bisa menjadi wirausaha teknologi atau Technopreneur.

Sedangkan WSM sendiri secara khusus ditujukan kepada mereka yang bisa merealisasikan dan mengimplementasikan ide kewirausahaan sosial di lingkungan anak mudah.

Penghargaan ini juga diberikan baik kepada individu atau komunitas yang sudah berjasa dalam mengembangkan kewirausahaan sosial di Indpnesia.

Tentu, penghargaan-penghargaan ini lebih dari sekedar ucapan apresiasi melainkan juga dukungan untuk terus berkembang.

3. Ernst & Young Entrepreneurial Winning Women

Sesuai dengan namanya, penghargaan Ernst & Young Entrepreneurial Winning Women diberikan kepada para wanita yang sudah menjalani kompetisi wirausaha.

Jadi, yang menjadi finalis dan pemenang dari ajang penghargaan ini adalah para wanita yang juga merupakan pebisnis.

Memang, wanita juga memiliki kemampuan yang tinggi dan semangat yang besar sehingga bisa bersaing dan pada akhirnya bisa sukses seperti yang lain. Mereka bisa jeli melihat peluang kemudian berani melakukan inovasi.

Setiap peserta dari ajang ini dibekali berbagai persiapan seperti;

  • Negotiation dan selling skills
  • Rencana pengembangan bisnis
  • Project management
  • Modernisasi bisnis
  • Inovasi sosial
  • Etika berbisnis
  • dan lain-lain

Ini merupakan ajang wirausaha perempuan yang berjalan setiap tahun. Walau tergolong baru, ajang ini nyatanya telah menghasilkan sosok-sosok perempuan yang mampu menjadi inspiratory bagi pengusaha wanita lain di Indonesia.

4. Wanita Wirausaha Femina

Hampir sama dengan Ernst & Young Entrepreneurial Winning Women, Wanita Wirausaha Femina (WWF) juga merupakan ajang penghargaan yang diberikan kepada para pebisnis perempuan yang sukses mendirikan bisnis serta mengembangkannya sehingga bermanfaat bagi khalayak ramai.

Tentu, finalis dan juara dari ajang ini adalah mereka yang terpilih berdasarkan penilaian juri yang ahli di bidangnya masing-masing.

Tentunya, ajang-ajang seperti penghargaan di atas akan membuat para pebisnis baik laki-laki dan perempuan untuk terus maju walau dimulai dengan kredit mikro sebagai modalnya.

Nah, itulah 4 event penghargaan wirausaha di Indonesia. Sudah pernah mengikutinya?

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

0 Comments
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​

Super Financial App yang
membawamu #MelangkahLebih