9 TED Talks Terbaik Untuk Pengusaha – Bagi para pengusaha, ide dan inspirasi merupakan dua elemen penting dalam mengembangkan bisnisnya. Selain itu, ide dan inspirasi kerap memiliki peranan penting dalam sebuah bisnis, entah itu nantinya membuatnya berkembang atau malah pudar.

Sebagai seorang pengusaha, Anda tentu tahu betul bagaimana pola aktivitas Anda setiap hari sebagai upaya untuk terus mengembangkan bisnis. Ide bisnis mungkin sudah ada dan inspirasi untuk mewujudkannya juga sudah Anda miliki. Namun, apakah ide dan inspirasi yang kini Anda miliki memang sudah cukup dalam mengembangkan bisnis tersebut? Belum?

Bagi Anda yang masih ingin mencari ide leaderdan inspirasi bisnis, TED Talks merupakan salah satu sumber yang bisa Anda rujuk untuk urusan ini. Sebagai sebuah platform berbagi ide inspiratif non-profit untuk berbagai bidang, terutama bisnis, TED Talks kerap menjadi “media nongkrong” para pengusaha dan kaum profesional lain untuk memuaskan dahaganya dalam hal-hal yang tentu sangat inspiratif dan membangun.

Nah, bagaimana dengan Anda? Apakah Anda kini tertarik untuk mencoba TED Talks? Berikut TED Talks terbaik untuk pengusaha;

9 TED Talks Terbaik Untuk Pengusaha dan Leader

1. “Trial, Error and the God complex” oleh Tim Harford

Dalam video ini, Tim Harford sebagai pembicara mendorong para pemimpin dan pengusaha untuk mengabaikan God complex, yang biasanya membuat para pengusaha dan pemimpin meyakini bahwa dirinya selalu benar, memilih untuk menjadi rendah hati dan pemecahan masalah yang sistematis.

God Complex sendiri berarti bahwa keyakinan yang tak tergoyahkan, ditandai dengan perasaan konsisten yang meningkat dari kemampuan pribadi, hak istimewa, atau kesempurnaan.

Trial (Percobaan) dan Error (Kesalahan) menghasilkan variasi hasil yang justru berhasil, dan tidak ada yang mengerti mengapa hal tersebut bisa terjadi. Harford berpendapat bahwa bekerja untuk memecahkan masalah sistematis sangatlah bagus.  Ia juga merekomendasikan agar setiap pemimpin dan pengusaha mengakui kesalahan jika mereka memang melakukan kesalahan.

2. “How Great Leaders Inspire Action” oleh Simon Sinek

Menurut Simon Sinek, orang-orang di luar sana tidak peduli apa yang kita kerjakan. Mereka hanya peduli tentang bagaimana cara kita mengerjakannya. Dalam TED Talk ini, Simon juga menekankan bagaimana caranya mempengaruhi karyawan agar lebih totalitas dalam melakukan pekerjaannya.

Menurut Simon, baik pemimpin maupun pengusaha harus bisa menginspirasi karyawannya untuk bekerja secara totalitas. Ia menjelaskan, “Jika Anda merekrut seseorang hanya karena ia mampu mengerjakan sesuatu, ia hanya akan bekerja demi gaji yang Anda berikan. Sebaliknya, jika Anda merekrut seseorang yang yakin dengan apa yang Anda yakini, maka ia akan bekerja secara totalitas untuk Anda.”

3. “Inspiring a Life of Immersion” oleh Jacqueline Novogratz

Jacqueline Novogratz dalam episode TED Talks ini menekankan bahwa hidup yang penuh keterlibatan pastinya jauh lebih baik ketimbang hidup tanpa saling mengenal. “Pemimpin dan pengusaha yang luar biasa harus berani hidup dalam keterlibatan”, tukas Jacqueline.

Pemimpin dan pengusaha hebat sebaiknya memanfaatkan sumber daya yang ada untuk merubah dunia ke arah yang lebih positif.

4. “What it takes to be a great leader” oleh Roselinde Torres

Roselinde Torres menghabiskan waktu selama 25 tahun dalam mengamati apa yang membuat seseorang menjadi leader yang tangguh dan memberdayakan leader secara turun-temurun. Dia berpendapat bahwa melebarnya kesenjangan kepemimpinan berasal dari program pengembangan kepemimpinan yang sudah kuno yang kemudian menghambat produktivitas.

Di abad ke-21, baginya, bisnis seharusnya memiliki target secara global, transparan dan mampu memiliki acuan yang kompleks untuk menyelesaikan sesuatu yang menjadi target dalam lingkup pengembangan bisnis. Ia juga memberikan banyak petuah melalui TED Talk-nya di atas.

5. “The happy secret to better work.” oleh Shawn Achor

Shawn Anchor mendorong agar setiap leader mampu merubah pandangannya dalam melihat dunia saat ini, pada akhirnya akan mengubah hasil bisnis. Kita perlu membalikkan formula untuk kebahagiaan dan kesuksesan karena 75% dari keberhasilan pekerjaan bergantung pada outlook. 

Di dalam TED Talk ini, Shawn Anchor memberikan petuah dan inspirasi mengenai bagaimana  para leader dan pebisnis dapat mempengaruhi manfaat kebahagiaan, di mana tingkat kreativitas dan produktivitas kemudian dapat berkembang.

6. “Why work doesn’t happen at work” oleh Jason Fried

Jason Fried dengan gamblangnya membandingkan “bekerja” dengan “tidur”, di mana dua kegiatan tersebut sama-sama rentan terhadap gangguan. Ia juga memunculkan pertanyaan, “Kenapa kita berharap orang-orang untuk bekerja dengan baik sedangkan sepanjang hari mereka terganggu di kantor?”

Dengan menganggap bahwa bermain media sosial merupakan sebuah kegiatan jeda istirahat terbaik, ia menolak untuk menyalahkan teknologi sebagai penyebab kurangnya produktivitas.

Setiap pemimpin atau pun pengusaha seharusnya mampu memikirkan cara untuk meminimalisir gangguan-gangguan yang berpotensi terjadi di kantor, sehingga produktivitas bisa lebih ditingkatkan lagi.

7. “Why We Do What We Do” oleh Tony Robbins

Tony Robbins, seorang life coach, menganggap bahwa emosilah yang menjadi penggerak kehidupan, bukan kepentingan pribadi. Ketika pemimpin/pengusaha memahami kebutuhan manusia, mereka pun menghargai pekerja dan menghargai sesuatu yang membentuk mereka untuk berkontribusi dalam perusahaan.

Dalam video TED Talk di atas, Robbins menunjukkan bahwa alasan-alasan atas kegagalan itu sia-sia, dan faktor yang menentukan keberhasilan adalah akal budi. Buatlah keputusan yang berdasarkan fokus, memberikan makna, dan menghasilkan emosi yang mengilhami tindakan.

8. “How to live before you die” oleh Steve Jobs

TED Talks terbaik untuk pengusaha dan pemimpin selanjutnya datang dari Steve Jobs, orang hebat yang berada di balik kesuksesan Apple selama bertahun-tahun. TED Talks-nya di atas merupakan pidatonya di Universitas Stanford.

Baca Juga:

Kisah Steve Jobs Mendirikan Apple

Dalam pidatonya tersebut ia bercerita mengenai latar belakangnya yang unik, pengadopsiannya, dan peristiwa-peristiwa penting dalam hidupnya yang kemudian membawanya untuk membangun salah satu perusahaan yang paling berpengaruh dan revolusioner di abad ke-21.

Steve Jobs mendorong para pemimpin maupun pengusaha untuk untuk yakin dengan langkah yang mereka ambil, dan untuk terus berani mengambil resiko.

9. “Tribal Leadership” oleh David Logan

Menurut Logan, pada dasarnya orang-orang memilih untuk berkelompok dari yang satu dengan yang lain karena perilaku yang berbeda-beda. Misalnya, kelompok yang satu menganggap bahwa “Kami hebat, dan kelompokmu tidak”. Adanya kelompok-kelompok seperti itu pada dasarnya membuat produktivitas berkurang. Ia menggambarkannya sebagai tingkatan atau ‘stage’, dari satu hingga lima.

David Logan kemudian berpendapat bahwa tantangan terbesar bagi setiap pemimpin adalah menyatukan kelompok yang berbeda-beda tersebut sehingga kelompok-kelompok yang ada menjadi satu dan kemudian mengganggap “Kami semua hebat”. Di sini, ketika semua kelompok telah bersatu, setiap pekerja kemudian bersatu dan bersama-sama menyatukan nilai kreativitas, dan kemudian menganggap “Life is great“.

Penutup

Itulah 9 TED Talks terbaik untuk pengusaha dan leader, yang bisa Anda tonton sekarang juga. Sebagai salah satu sarana berbagi kreativitas dan inspirasi dari para ahli di bidangnya, TED Talks kerap dijadikan “tempat nongkrong” yang tepat bagi mereka yang ingin mengembangkan diri dan bisnisnya. TED Talks mana yang paling Anda sukai?


Simulasi Pinjaman Modal Usaha

Jumlah Pinjaman

Suku Bunga/Tahun (% APR)

Jangka Waktu (Tahun)


Hasil
Bunga Pinjaman
Pokok + Bunga

Cicilan Bulanan:

Syarat Pengajuan Pinjaman di KoinWorks


Download Aplikasi KoinWorks

apple app store iosgoogle play store android app

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.