Mulai Bisnis Sendiri: Dari Garasi Menjadi Gudang Produksi – Setelah lulus kuliah, banyak orang yang memilih untuk bekerja di perusahaan. Nggak masalah, sih, sebenarnya. Tapi apakah pilihan pekerjaan setelah lulus kuliah hanya menjadi pegawai?

Dimana kamu bekerja selama 5 hari dalam seminggu dari jam 8 pagi sampai 5 sore, lalu pulang ke rumah dengan kondisi lelah karena pekerjaan yang menumpuk seharian. Tentu tidak, masih ada pilihan pekerjaan yang bisa membuatmu mendapatkan penghasilan tanpa harus bekerja ke orang lain, dan b ahkan kamu sendiri yang jadi bosnya.

Yap, jadi pengusaha adalah jawabannya. Membuka dan menjalankan bisnis sendiri, bisa kamu jadikan pilihan untuk mendapatkan uang untuk menghidupi diri sendiri selepas kuliah. Tapi kan katanya berbisnis itu tidak semudah yang dikatakan, dan pastinya butuh modal yang tidak sedikit untuk memulainya.

Lalu apa yang harus dilakukan ketika kamu ingin membuka bisnismu sendiri namun belum punya modal yang besar? Simak langkah-langkahnya di bawah ini ya!

Buka Bisnis Sendiri; Dari Garasi Menjadi Gudang Produksi

1. Cari Ide Bisnis yang Memiliki Prospek Bagus

Kalau kamu ingin bisnismu yang masih di tahap awal ini berkembang pesat, pastikan produk yang kamu jual diminati dan dibutuhkan masyarakat. Tak usah ikut tren bisnis yang ada di masyarakat karena semakin banyak pesaingmu, maka semakin sulit produkmu dikenal dan diminati masyarakat. Kamu bisa mendapatkan ide produk yang akan kamu jual dari masalah yang ada di sekitarmu, sehingga produkmu pun bisa jadi solusinya.

Oleh karena itu carilah ide bisnis yang benar-benar memiliki prospek yang bagus dan bisa bertahan dalam jangka waktu lama, sehingga tidak perlu repot mengubah haluan bisnis jika tren berganti.

2. Ajak Teman-Temanmu Untuk Berbisnis Bersama

Kamu pasti punya beberapa teman yang memiliki minat untuk berbisnis selepas lulus kuliah. Ajak mereka untuk membuat bisnis bersama dengan model kongsi. Dengan adanya kongsi ini, kamu dan teman-teman bisa mengumpulkan modal sekaligus langsung mendapatkan sumber daya untuk menjalankan bisnis. Meskipun sifatnya berbisnis dengan orang yang kamu kenal, jangan lupa untuk mengedepankan profesionalitas ya!

3. Cari Tempat Untuk Menjalankan Bisnismu

Menjalankan bisnis tentu butuh tempat untuk melakukan kegiatan operasionalnya. Mengingat bisnismu ini tarafnya masih rintisan, maka kamu tak perlu langsung menyewa ruko ataupun bangunan untuk menjalankannya. Kamu bisa memanfaatkan ruangan yang kamu punya, seperti garasi rumah, misalnya, untuk menjalankan bisnis yang kamu miliki. Selain tak perlu biaya untuk menyewa, kamu bisa langsung mengontrol jalannya bisnis yang kamu lakukan.

4. Pilih Saluran Pemasaran dan Penjualan yang Tepat

Saluran pemasaran dan penjualan menjadi hal yang mutlak kamu perhatikan dalam menjalankan bisnismu. Pundi-pundi penghasilanmu akan datang dari dua hal ini lho! Jadi jangan sampai kamu memilih saluran yang salah dan membuat produkmu jadi tak laku di pasaran.

Karena bisnismu masih dalam taraf start-up dan juga termasuk dalam jenis usaha kecil dan menengah (UKM), berjualan secara online bisa menjadi pilihan saluran pemasaran dan penjualanmu. Mengapa berbisnis online menjadi pilihan jika kamu ingin berbisnis namun tidak memiliki modal besar? Tentu karena biayanya tidak banyak dan dapat menjangkau konsumen dengan luas.

Bisnis online sebagai solusi kamu yang ingin mulai berbisnis

Bisnis online bisa menjadi solusi bagi masalah pemasaran yang dialami bagi UKM

Perkembangan teknologi yang sangat pesat telah membuat gadget dan internet menjadi hal yang tidak terpisahkan dari hidup kita. Semua hal bisa kita lakukan lewat internet dan perangkat yang kita miliki, termasuk kegiatan jual-beli yang selama ini kita lakukan dengan datang ke toko lalu membeli barang yang kita inginkan.

Dengan adanya internet, muncul kesempatan besar bagi para pemilik usaha kecil menengah untuk melakukan kegiatan bisnis yang selain lebih mudah dilakukan, juga lebih murah biayanya. Kesempatan ini hadir dalam bentuk platform e-commerce yang kini dapat dengan mudah ditemui di internet.

Platform e-commerce yang berbentuk marketplace merupakan bentuk baru dari toko yang bisa digunakan oleh pemilik e-commerce untuk berjualan. Cukup dengan mendaftarkan diri lalu membuat toko di dalam marketplace, lengkapi keterangan mengenai toko dan barang yang dijual, upload foto barang yang dijual, dan zap!, pelanggan akan datang untuk berbelanja.

Mudah kan? Pelanggan akan datang dengan sendirinya ketika barang yang ingin dibeli bisa ditemukan di toko online kita. Tanpa melakukan kegiatan promosi pun, barang yang kita tawarkan dapat terjual dan bahkan dapat dibeli oleh konsumen yang tempat tinggalnya jauh dari lokasi kita, karena jangkauan internet yang “world wide”.

Bagi UKM yang bisnisnya masih berada di taraf rintisan atau start-up, tentu hal ini akan sangat menguntungkan. Kamu tidak lagi dipusingkan dengan biaya yang besar untuk mempromosikan produk, karena produk yang dijual akan terpromosikan dengan sendirinya.

Kamu tak perlu menyewa ruko untuk berjualan, cukup gunakan garasimu yang awalnya  kamu gunakan sebagai tempat menyimpan kendaraan, kini bisa beralih fungsi sebagai gudang produksi bagi bisnismu.

Ketika kamu memilih berjualan secara online, maka pastikan bahwa barang yang kamu produksi memiliki kualitas baik agar konsumen yang membeli merasa puas meskipun tak bisa memilih barang yang ingin dibeli secara langsung. Meningkatkan kualitas ini dapat kamu lakukan dengan menambah kapasitas produksi dari garasimu. Bagaimana caranya?

Tambah modal usaha!

Jelas, untuk mengembangkan bisnismu, kamu butuh tambahan modal. Dari mana modal usaha bisa kamu dapatkan? Bisa dengan kamu mengajukan pinjaman ke orang terdekatmu ataupun ke lembaga keuangan yang ada di sekitarmu. Salah satunya adalah KoinWorks, peer to peer lending yang bisa membantumu mendapatkan pinjaman untuk pengembangan bisnis.

Di KoinWorks, kamu bisa mendapatkan pinjaman dengan proses yang mudah. Proses aplikasi dilakukan secara online, dan tanpa perlu melakukan wawancara panjang seperti di institusi keuangan tradisional.

Selain itu, bunga yang kamu dapatkan untuk pinjamanmu juga rendah lho! KoinWorks di sini tidak mencari margin keuntungan dari bunga yang didapatkan, karena pinjamanmu berasal dari Pendana yang memilih untuk mendanai pinjamanmu.

Kamu nggak perlu khawatir, meskipun bisnis online-mu masih berada di fase start-up, bukan berarti tidak bisa mendapatkan modal. KoinWorks punya KoinBisnis yang mengkhususkan layanannya untuk UKM-UKM yang membutuhkan modal.

Modal ini bisa kamu gunakan untuk menambah persediaan barang dagangmu, atau bahkan kamu pakai untuk membeli mesin produksi. Garasimu yang sudah kamu sulap jadi gudang produksi pun kini bisa menghasilkan lebih banyak produk berkualitas yang akan semakin meningkatkan keuntungan bagi bisnismu!


Simulasi Pinjaman Modal Usaha

Jumlah Pinjaman

Suku Bunga/Tahun (APR - %)

Jangka Waktu (Tahun)


Hasil
Bunga Pinjaman
Pokok + Bunga

Cicilan Bulanan:

Syarat Pengajuan Pinjaman di KoinWorks



  • 3.3K
    Shares
There are currently no comments.

Apa Komentar Anda?