Strategi Berjualan Laris Di Marketplace Lokal

Website Ecommerce Terbaik

Baik Anda memulai bisnis dengan kredit mikro atau dengan modal tabungan dan lainnya, saat ini kebutuhan mempromosikan produk secara online sudah menjadi keharusan bagi setiap pengusaha. Hal ini dikarenakan saat ini hampir semua bisa dilakukan secara online. Banyak pelanggan yang juga lebih memilih berbelanja online karena beberapa alasan. Oleh sebab itu, Anda tidak bisa menghindari kenyataan ini. Anda harus terjun ke dunia bisnis online.

Salah satu cara yang paling efektif adalah dengan membuat toko online di marketplace ternama dan terpercaya seperti Lazada, Tokopedia, Bukalapak dan juga OLX yang terkenal dengan strategi CODnya walau ada banyak toko di marketplace lain juga menawarkan COD. Ada banyak kelebihan yang bisa Anda dapatkan ketika Anda membangun toko online bersama marketplace ternama dan terpercaya seperti di atas.

Tentu, Anda membutuhkan beberapa tips yang bisa meningkatkan penjualan dan penghasilan toko online Anda di marketplace. Berikut strategi penjualan laris melalui marketplace lokal;

Pilihlah marketplace lokal ternama dan terpercaya

Seperti yang disinggung diatas, memilih marketplace ternama dan terpercaya seperti Lazada, OLX, Tokopedia dan Bukalapak merupakan keharusan untuk berjualan laris di marketplace. Hal ini dikarenakan beberapa marketplace tersebut diatas sudah dipercaya oleh para pelanggan. Selain itu, mereka juga sudah mengiklankan diri di berbagai media termasuk TV sehingga toko online Anda akan lebih mudah ditemukan oleh banyak pelanggan. Pelanggan juga akan merasa aman berbelanja di marketplace tersebut.

Buatlah toko online di banyak marketplace

Tidak cukup hanya memilih marketplace yang ternama dan terpercaya, Anda juga perlu membuat toko online di setiap marketplace tersebut. Hal ini dilakukan untuk menjaring konsumen lebih banyak lagi. Jika satu marketplace bisa memberikan keuntungan 10 persen maka katakan saja empat marketplace bisa memberikan keuntungan 40 persen. Oleh sebab itu, diperlukan tenaga atau staf yang ahli untuk selalu memonitor toko online di beberapa marketplace.

Jual dengan harga promo

Menjual dengan harga miring dan promo tentu berbeda. Jika Anda menjual dengan harga miring tanpa embel-embel promo, bahkan harga yang jauh dari pasaran, walau barang yang Anda jual asli dan bertujuan untuk mendapatkan banyak pelanggan, konsumen tidak akan datang atau datang tapi sedikit. Hal ini dikarenakan konsumen ragu dengan kualitas barang yang dijual lebih murah jauh dibawah toko yang lain.

Oleh sebab itu tulislah promo untuk menarik hati pelanggan tanpa memberikan efek ragu kepada mereka. Selain itu, ingat bahwa ada banyak toko online di marketplace tersebut menjual produk yang sama dengan toko online Anda. Artinya, persaingan toko online dalam satu marketplace juga sangat ketat. Maka, membuat penawaran menarik dengan memberlakukan promo akan menarik banyak konsumen karena harga yang lebih murah.

Tanggapi konsumen dengan ramah

Selain kualitas produk, pelayanan juga sangat penting. Tanggapi pertanyaan dan keluhan mereka dengan ramah. Pelayanan yang ramah akan membuat pelanggan tersebut atau pelanggan lain merasa aman dan nyaman walau ada juga komentar yang tidak enak dibaca. Namun, Anda harus tetap bersikap professional. Dari sikap professional Anda, tentu konsumen lain juga akan merasa lebih aman dan nyaman berbelanja di toko online milik Anda.

Perkenalkan website Anda pada konsumen

Perkenalkan website toko Anda pada setiap konsumen. Berikan harga promo dan bila perlu bonus jika mereka berbelanja langsung melalui website Anda. Tujuannya adalah mengarahkan konsumen dari marketplace ke website toko online Anda sendiri. Dengan begitu, traffic website Anda juga akan meningkat. Tapi, jika Anda tidak punya website toko online, hal ini tidak perlu dilakukan.

Tambahkan gambar dan testimoni

Tentu menjual produk dengan memperlihatkan gambar adalah sesuatu yang wajib dilakukan oleh pemilik toko online. Selain itu, menampilkan menampilkan beberapa testimoni dari beberapa konsumen juga penting. Hal ini bertujuan untuk menarik hati konsumen dan membuat mereka percaya dengan produk serta pelayanan toko online Anda.

Jadi, mulailah buka toko online Anda karena membuat toko online tidak membutuhkan kredit mikro dikarenakan gratis di setiap marketplace. Anda hanya perlu melakukan beberapa tips diatas agar bisa berjualan laris.

Dapatkan berbagai informasi seputar Pengembangan Bisnis lainnya hanya di KoinWorks.

Tentang Penulis
Kalkulator finansial untuk hitung kebutuhan kamu

Hitung semua keperluan finansial kamu cukup di satu tempat

Punya uang Rp.100 Ribu? Mulai pendanaan sekarang dan dapatkan keuntungan hingga 14,5%.