Strategi dan Cara Memperluas Target Pasar dalam Bisnis Tas

Ketika sudah memiliki bisnis, tentu kamu akan mengharapkan bisnis tersebut maju dan berkembang.

Selain pembeli yang semakin banyak, kamu juga ingin usaha kamu lebih terkenal.

Salah satu cara untuk mendapatkan hal itu adalah dengan memperluas target pasar bisnis tas.

Memperluas target pasar bisnis tas mungkin menjadi langkah selanjutnya yang perlu kamu lakukan ketika bisnis kamu sudah berjalan dengan baik.

Dengan memperluas target pasar, akan banyak tantangan baru yang akan kamu hadapi.

Namun, ketika kamu bisa menghadapinya, maka hasil yang akan kamu dapatkan juga akan sangat baik. Terutama untuk keberlangsungan bisnis kamu.

Strategi Memperluas target Pasar Bisnis Tas

Rencana yang sukses tentu membutuhkan strategi yang baik. Dalam hal ini, agar rencana untuk memperluas target pasar bisnis tas kamu sukses, maka ada beberapa langkah dan strategi yang bisa kamu coba lakukan. Beberapa langkah tersebut antara lain adalah :

1. Membuat Produk Baru

Target yang lebih luas tentu akan membutuhkan produk yang lebih banyak juga. Selain dari segi kuantitas, kamu juga perlu menyiapkan produk yang lebih beragam. Hal ini karena target pasar bisnis tas yang lebih luas berarti akan lebih banyak jenis orang yang akan kamu hadapi.

Misalkan, jika selama ini kamu hanya menargetkan tas untuk perempuan muda. Maka produk yang sama tidak akan berhasil, jika kamu mempunyai target pasar baru, misal anak – anak usia sekolah.

Setiap produk ini tentu harus kamu sesuaikan dengan target yang akan kamu tuju. Ketika kamu akan melakukan perluasan target pasar, maka kemampuan produksi juga menjadi satu hal yang perlu kamu perhatikan.

2. Membuat Brand Baru

Hal ini perlu kamu lakukan jika brand bisnis yang kamu punya sudah identik dengan satu pasar tertentu. Dalam hal ini, mungkin kamu akan cukup sulit untuk merubah brand image bisnis kamu. Maka cara paling mudah adalah dengan membuat brand baru yang khusus untuk menyasar target pasar yang baru juga.

Membuat brand baru ini juga akan berguna jika kamu ingin membuat brand yang sudah ada menjadi identik dengan satu pasar saja. Misal, kamu punya usaha tas dengan brand A yang akan identik dengan tas wanita. Maka ketika kamu mau melebarkan ke pasar tas pria, maka kamu membuat brand B, yang khusus untuk pasar pria saja.

3. Masuk ke Wilayah Baru

Untuk memperluas target pasar, kamu juga bisa melakukannya dengan cara berjualan di tempat yang baru. Di wilayah yang baru tentu kamu juga bisa mendapatkan calon konsumen baru.

Hal yang kamu perlu perhatikan ketika mencoba wilayah baru adalah lakukan analisa pasar terlebih dahulu. Dengan masuk ke wilayah baru, maka itu artinya kamu memulai semuanya dari awal. Maka kamu juga perlu memperhatikan bagaimana kondisi pasar yang sudah ada di sana.

Akan lebih baik jika kamu sudah memiliki data hasil analisa tentang tempat mana yang akan menjadi lokasi usaha baru kamu. Dengan adanya data tersebut maka kamu akan mendapatkan tempat terbaik sebagai salah satu cara untuk memperluas target pasar bisnis tas kamu.

4. Masuk ke Platform Baru

Selain tempat, saat ini juga berjualan bisa kamu lakukan pada banyak platform. Kamu yang selama ini berjualan secara offline, maka kamu bisa mencoba berjualan secara online, ataupun sebaliknya.

Sama dengan tempat baru, platform baru juga akan menawarkan banyak pelanggan baru. Yang tentunya akan memperluas target pasar bisnis tas kamu. Sebagai contoh, kamu yang terbisa dengan bisnis offline, maka mungkin konsumen kamu adalah orang – orang yang tinggalnya ada di sekitar toko kamu. Namun ketika kamu mencoba berjualan dengan online, maka potensi untuk datangnya konsumen dari tempat jauh akan lebih tinggi.

Pasar Online memang menawarkan banyak keuntungan. Salah satunya adalah peluang untuk mendapatkan target pasar bisnis yang baru. Dalam hal ini, target pasar baru akan datang jika produk yang kamu miliki mereka anggap sesuai. Oleh karenanya, maka sebelum masuk pasar yang baru ini maka siapkan dulu semua produk kamu.

Kapan Saat yang Tepat Untuk Memperluas Target Pasar Bisnis Tas

Yang jadi pertanyaan berikutnya selain strategi yang kamu gunakan mungkin adalah waktu yang pas. Tidak salah jika kamu bertanya kapan saat yang tepat untuk melakukan perluasan target pasar yang baru.

Bagaimanapun waktu ini perlu kamu pikirkan dengan baik. Pemilihan waktu yang salah juga hanya akan membuat rencana yang sudah kamu susun berantakan. Berikut adalah beberapa waktu yang tepat untuk kamu melakukan perluasan target pasar bisnis tas kamu.

1. Ketika Bisnis Sudah Berjalan Stabil

Yang paling penting untuk kamu punya sebelum masuk ke pasar yang baru adalah bisnis yang sedang kamu jalankan harus sudah berjalan dengan stabil. Ketika kamu  masuk ke target yang baru, maka mungkin kamu akan menghadapi lebih banyak saingan. Mungkin saja diantara pesaing tersebut ada brand yang sudah sangat besar yang akan kamu hadapi.

Menghadapi banyak pesaing tersebut dengan kondisi bisnis yang tidak stabil merupakan sebuah kecerobohan. Itulah mengapa sebelum masuk ke market yang baru maka setidaknya bisnis kamu sudah stabil

2. Sudah Punya Pelanggan Tetap yang Banyak

Berkaitan dengna poin sebelumnya, salah satu indikator bisnis kamu stabil adalah kamu memiliki pelanggan tetap yang cukup banyak. Ketika pelanggan kamu masih sedikit dan bersifat musiman, maka jangan dulu mencari target pasar baru.

Besar kemungkinan kamu akan kehilangan keduanya. Kamu tidak mendapat target yang baru, dan konsumen lama pun menghilang.

3. Target di Pasar Sebelumnya sudah Tercapai

Target yang baru mungkin akan menjadi tantangan yang baru ketika target kamu sebelumnya sudah tercapai. hal yang baru akan menjadi semacam langkah selanjutnya dalam perjalanan bisnis kamu.

Namun ketika target pasar sebelumnya belum terpenuhi, maka jangan mencoba target baru. Hal ini hanya akan menambah beban kerja kamu saja. Melakukan hal ini hanya akan membuat pekerjaan menjadi berantakan dan tidak fokus.

4. Tim yang Solid

Tempat baru, target baru, maka besar kemungkinan kamu juga akan bertemu banyak orang baru. Disinilah pentingnya kamu memiliki tim yang solid. Setidaknya kamu sudah punya orang – orang yang bisa kamu percaya untuk menjalankan bisnis dengan target yang baru tersebut. 

5. Dana Cadangan yang Cukup

Ketika memulai sebuah target baru, maka biasanya banyak hal yang tidak terduga akan muncul. Pada tahap inilah maka dana cadangan tersebut akan sangat bermanfaat. Itulah mengapa, sebelum kamu memulai untuk memperluas target pasar bisnis tas kamu maka pastikan kamu sudah memiliki dana cadangan yang cukup ini.

Yuk, Perluas Target Pasar Bisnis Tasmu Mulai Sekarang Juga!

Itulah beberapa hal yang perlu kamu pahami sebelum kamu memutuskan untuk memperluas target pasar bisnis tas kamu. Perluasan target pasar memang penting, terutama untuk menjaga bisnis. Perluasan target pasar juga menjadi penting untuk menaikan brand value dari bisnis kamu.

Ss plagiasi

Ss yoast 

 

Dapatkan berbagai informasi seputar Daily dan Pengembangan Bisnis lainnya hanya di KoinWorks.

Tentang Penulis
Selma Kirana

Selma Kirana

Aspiring story-teller. A former journalist being lovestruck in finance industry.
Kalkulator finansial untuk hitung kebutuhan kamu

Hitung semua keperluan finansial kamu cukup di satu tempat

Simulasi Pinjaman v2
  • Ajukan Pinjamanmu
  • Data Diri
3000000
3

Jumlah Pinjaman 15 juta untuk 3 Bulan sebesar 5.187.500/bulan

*) Simulasi pinjaman diatas berdasarkan bunga sebesar 15%.

**) Simulasi pinjaman di atas hanya sebagai referensi. Tingkat suku Bunga yang sebenarnya dapat bervariasi tergantung pada skor kredit peminjam dan persyaratan dokumen-dokumen lainnya. Ini berarti suku bunga bisa lebih rendah atau lebih tinggi dari simulasi tergantung pada kriteria yang diminta.
Silakan mendaftar dan ajukan pinjaman untuk melihat tingkat suku bunga Anda yang sebenarnya.

Info Lebih Lanjut

Punya uang Rp.100 Ribu? Mulai pendanaan sekarang dan dapatkan keuntungan hingga 14,5%.