Banyaknya generasi muda yang berminat untuk menjadi pengusaha atau membuka bisnis mereka sendiri sejak awal tentu merupakan kabar yang menggembirakan karena banyak keuntungan yang bisa diperoleh. Selain merupakan upaya untuk menyejahterakan diri sendiri, membuka usaha akan membantu meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar karena menyerap tenaga kerja. Gejala ini sesungguhnya perlu didukung semaksimal mungkin terutama dalam hal permodalan sebagai kendala utama mereka-mereka yang berniat untuk membuka bisnis sendiri. Nah bagi Anda yang juga tengah berusaha untuk memperoleh kebebasan finansial dengan menjadi pengusaha inilah cara mendapatkan pinjaman tunai secara cepat.

Sebelum mengulas tentang sumber-sumber dana yang bisa menjadi modal usaha Anda, harus disadari bahwa dalam merintis usaha besarnya modal bukanlah jaminan kesuksesan bisnis Anda. Yang paling penting adalah pemahaman Anda atas perencanaan bisnis tersebut menyangkut produk yang inovatif, pasar yang dibidik, rencana pemasaran, strategi merebut konsumen, dan sebagainya. Selain itu, dibutuhkan pula tekad yang kuat dari calon pengusaha serta sikap mental tak mudah menyerah. Nah, semoga ide untuk memperoleh pinjaman tunai bagi modal usaha Anda di bawah ini bisa menginspirasi.

Bank

Sejak dahulu bank selalu menjadi pilihan utama masyarakat untuk meminjam dana sebagai modal usaha. Anda bisa memilih 2 jenis pinjaman yang umum pada bank yaitu pinjaman dengan jaminan dan pinjaman tanpa jaminan atau KTA. Pada pinjaman yang memberikan persyaratan jaminan bunga yang dibebankan kepada peminjam lebih ringan, jangka waktu angsuran lebih panjang, serta jumlah pinjaman pun lebih banyak.

Sementara untuk Kredit Tanpa Agunan atau KTA, bunganya lebih besar daripada pinjaman dengan jaminan, juga dengan jumlah lebih kecil dan tenor pinjaman yang lebih pendek. Hal ini untuk meminimalkan resiko yang harus ditanggung oleh bank. Secara umum keuntungan meminjam pada bank adalah Anda berkesempatan memperoleh modal yang cukup besar dan melunasinya dengan cara mengangsur. Berkaitan dengan beban bunga yang harus Anda tanggung memang hal ini menjadi resiko yang harus diperhitungkan matang-matang terutama bila bisnis Anda belum stabil sepenuhnya.

 Non Bank

Selain bank, sumber-sumber lain yang bisa Anda manfaatkan untuk mendapatkan modal pinjaman adalah, mengajukan permohonan pinjaman pada perusahaan pembiayaan, koperasi dengan agunan mobil atau motor, serta Bank Perkreditan Rakyat. Tetapi harus Anda ketahui bahwa perusahaan non bank mempunyai sumber dana dalam jumlah terbatas sehingga dana yang dipinjamkan kepada nasabah juga tak dapat terlalu besar. Pada umumnya maksimal pinjaman yang bisa Anda peroleh adalah 250 juta rupiah. Keuntungan bekerja sama dengan lembaga non bank adalah waktu pencairan yang cepat dan tanpa prosedur yang berbelit. Dalam 1 atau 2 hari Anda bahkan sudah bisa mendapatkan dana pinjaman.

Kartu kredit

Bagi pemegang kartu kredit, fasilitas ini bisa menjadi alternatif solusi bagi Anda yang tengah berusaha untuk memperoleh modal usaha. Meskipun demikian dana yang berpeluang untuk Anda dapatkan juga tak terlalu banyak hanya sebatas limit kartu kredit Anda. Alternatif ini cocok untuk jenis bisnis yang tak memerlukan modal terlalu besar atau saat Anda mendapatkan peluang usaha secara tiba-tiba sehingga membutuhkan modal dalam waktu singkat. Tanpa perlu mengajukan permohonan pada bank serta mengurus administrasi yang rumit, Anda tinggal gesek di ATM untuk memperoleh dana segar. Anda juga bisa melunasi pinjaman tersebut dengan cara mengangsur.

Leasing

Solusi terakhir untuk mendapatkan dana sebagai modal usaha adalah bekerja sama dengan leasing atau program pendanaan yang disediakan oleh suatu lembaga keuangan dengan bentuk perusahaan pendanaan. Ada pula sistem pendanaan yang tidak dalam bentuk pemberian pinjaman tunaitetapi pembelian aset bergerak untuk menunjang usaha Anda seperti misalnya kendaraan.

Kerabat

Bila seluruh alternatif yang telah diulas di atas tak membawa hasil mungkin cara paling praktis adalah meminjam kepada orang tua atau kerabat yang memang memiliki kapasitas untuk itu. Meskipun pada umumnya berupa pinjaman lunak tanpa bunga tetapi upayakan agar melunasi pinjaman tersebut sesuai jangka waktu yang Anda janjikan. Hal ini juga akan mendidik Anda untuk berdisiplin tentang pengaturan keuangan Anda.

Semoga ulasan tentang cara mendapatkan pinjaman tunai secara cepat ini bisa menjadi ide yang baik bagi Anda.

 


Agar kami dapat memahami kebutuhan informasi Anda dengan baik dan menyediakan konten yang berkualitas serta informatif kepada setiap pembaca, mohon luangkan waktu untuk mengisi survey singkat di halaman berikut.


Simulasi Pinjaman Modal Usaha

Jumlah Pinjaman

Suku Bunga/Tahun (% APR)

Jangka Waktu (Tahun)


Hasil
Bunga Pinjaman
Pokok + Bunga

Cicilan Bulanan:

Syarat Pengajuan Pinjaman di KoinWorks



Punya pertanyaan seputar KoinWorks?

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.