Mari Mengenal Apa Itu Bisnis Model Kanvas – Model bisnis biasa digunakan oleh pengusaha atau perusahaan dalam mengembangkan bisnisnya agar lebih efisien dan efektif dalam hal menjangkau target pasarnya.

Model bisnis bisa berupa jabaran strategi yang menyangkut semua hal tentang perusahaan dan tentang bagaimana mendapatkan keuntungan. Saat ini, model bisnis Kanvas sedang ramai dibicarakan.

Baca Juga: 7 Cara Ampuh Mengubah Engagement Konsumen Menjadi Purchasing Decision

Model bisnis ini diperkenalkan oleh Alexander Osterwalder. Dengan model bisnis ini diharapkan seluruh perusahaan baru akan lebih cepat mendapatkan pasar dan keuntungan bahkan bisa dikatakan dalam waktu yang singkat.

Baca Juga: 7 Langkah Untuk Membangun Brand Bisnis dari Awal

Sebab, bisnis model kanvas memiliki 9 komponen yang kesemuanya saling berkaitan satu sama lain. Pastinya Anda juga penasaran tentang 9 faktor ini. Ok, berikut adalah 9 faktor utama yang ada di dalam model bisnis ini. Perhatikan baik-baik.

Mari Mengenal Bisnis Model Kanvas

1. Customer Segment

Disini, customer segment akan menjabarkan secara lebih spesifik lagi terkait segmentasi pelanggan perusahaan Anda. Sebagai contoh, segmen pasar dipilih berdasarkan tingkat ekonomi, komunitas tertentu, umur dan juga perilaku khusus konsumen.

Baca Juga: Apa Itu Viral Marketing dan Manfaatnya Bagi Bisnis Online Anda?

Jika Anda membagi segmen konsumen dengan baik, maka Anda akan dengan mudah untuk mengerti dan menangkap apa yang menjadi kebutuhan dari pasar atau konsumen bisnis Anda.

2. Value Proposition

Value Proposition akan dengan mudah menjabarkan tentang manfaat apa yang bisa didapatkan oleh pihak konsumen jika mereka memilih produk dari perusahaan kita.

Baca Juga: Mau Nambah Penghasilan Selama Bulan Ramadhan dan Lebaran? Coba 5 Peluang Ini

Ini akan menjadi sebuah nilai pembeda dari perusahaan Anda jika dibandingkan dengan produk atau jasa yang ditawarkan oleh perusahaan lain. Anda akan dengan mudah mengetahui kelebihan dan kekurangannya.

3. Channels

Channels juga merupakan cara yang tepat untuk Anda gunakan dalam menyampaikan hal atau value proposition bisnis atau perusahaan Anda kepada konsumen.

Anda harus bisa memilih channel yang tepat sehingga Anda akan dengan mudah bisa membidik target konsumen yang sudah Anda rencanakan.

Baca Juga: Tips Memaksimalkan Penjualan Melalui Facebook

Ada banyak channel yang bisa Anda lakukan. Jika Anda kreatif dalam memanfaatkan channel, maka peluang Anda untuk diunggulkan daripada yang lain akan semakin besar pula.

4. Customer Relationship

Ini adalah wadah atau cara yang akan terus berhubungan dan pastinya akan semakin mempererat hubungan perusahaan dengan konsumen. Ini penting untuk dilakukan karena pelanggan bisnis Anda memiliki jumlah yang terus bertahan. Sehingga Anda juga berkewajiban untuk mempertahankan mereka.

Baca Juga; Cara Menggunakan Cross-Selling Dan Upselling Untuk Memaksimalkan Penjualan Online

Media sosial bisa dengan mudah menjadi contoh Customer Relationship sehingga pihak konsumen akan merasa lebih dekat lagi dengan perusahaan atau bisnis yang sedang kita jalani. Anda juga akan dengan mudah melakukan penawaran, promo, diskon dan hal lain lewat Customer Relationship.

5. Revenue Streams

Arus pendapatan atau revenue stream adalah sebuah kewajiban yang harus dimiliki oleh perusahaan. Perusahaan harus memiliki revenue stream yang jelas serta masuk akal.

Baca Juga: Persiapan dan Strategi Meningkatkan Penjualan Bisnis Online Menjelang Ramadhan dan Lebaran

Ini penting untuk dilakukan sehingga bisnis atau perusahaan Anda akan tetap hidup. Di sini pula Anda bisa menggambarkan dari mana Anda mendapatkan keuntungan.

6. Key Activities

Penting untuk membuat daftar kegiatan yang harus dilakukan oleh perusahaan Anda termasuk juga kegiatan pendukung.

Baca Juga: 5 Langkah Membuat Bisnis Online Menjadi Lebih Digital di Era Teknologi

Dari sini, Anda juga bisa melihat SDM yang Anda perlukan dan termasuk juga tentang managerial waktu untuk pengerjaannya.

7. Key Resource

Key Resource merupakan sumber daya yang perusahaan Anda wajib miliki. Sehingga Key Activities dan Value Proposition bisa dijalankan dan diberikan kepada seluruh konsumen Anda.

8. Key Partnership

Ini juga hal penting yang harus ada dalam sebuah perusahaan. Disini terdapat pihak-pihak yang melakukan kerjasama dengan perusahaan Anda.

Baca Juga: Agar Arus Kas Bisnis Tidak Terganggu, Berikut 5 Tips Mengelola Arus Kas Bisnis Anda

Mereka memiliki tujuan untuk memberikan dukungan agar perusahaan Anda bisa lebih optimal lagi dalam sumber daya, ketidakpastian persaingan dan mengurangi resiko. Key Partnership akan membuat bisnis Anda berjalan lebih stabil lagi.

9. Cost Structure

Inilah poin terakhir. Yang dimaksud disini adalah struktur pembiayaan bisnis. Disini Anda perlu untuk bisa menjelaskan lebih detail tentang biaya apa saja yang harus dikeluarkan seperti biaya membayar pegawai, telpon dan lain-lain. Ini harus diperhitungkan dengan baik.

Baca Juga: 3 Tahapan Sebelum Melakukan Ekspansi Bisnis

Seluruh 9 komponen ini harus dijalankan semua karena setiap elemen atau komponen diatas menjadi bagian yang sangat penting.

Perhatikan dengan baik dan benar untuk setiap pointnya. Jika Anda sudah paham, maka ini adalah waktunya untuk bisa menerapkan model bisnis kanvas di perusahaan atau bisnis yang sedang Anda jalani saat ini.

Dan demi mendongrak pengembangan bisnis Anda seiring berjalannya waktu, pinjaman modal usaha pun pastinya akan Anda butuhkan. KoinWorks menyediakan pinjaman modal bisnis hingga Rp 500 juta dengan bunga rendah mulai dari 0,75% – 1,67% per bulan. Seluruh proses pengajuan pinjaman bisa dilakukan sepenuhnya secara online tanpa jaminan.


Ajukan Pinjaman


Simulasi Pinjaman Modal Usaha

Jumlah Pinjaman

Suku Bunga/Tahun (% APR)

Jangka Waktu (Tahun)


Hasil
Bunga Pinjaman
Pokok + Bunga

Cicilan Bulanan:

Syarat Pengajuan Pinjaman di KoinWorks


Download Aplikasi KoinWorks

apple app store iosgoogle play store android app

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.