Kredit Pinjaman Untuk Usaha Kecil

·
3 menit
kesalahan bisnis yang harus dihindari - pelaku bisnis ukm koinworks

Usaha kecil dan menengah kini sedang menjadi sorotan pemerintah karena sektor ini ternyata mampu memberikan dukungan yang cukup besar bagi keuangan Negara oleh karena itu pemerintah harus memperhatikan mengenai pinjaman usaha untuk mereka. Walaupun modal dan pergerakan uang di satu usaha sangat kecil jika dibandingkan dengan perusahaan besar, tetapi usaha ini lebih mudah untuk dimulai sehingga lebih banyak pengusaha yang bisa menjalankan usaha ini. Jika jumlah pengusahanya banyak, total pergerakan uang dari pengusaha-pengusaha tersebut tentunya menjadi besar sehingga mampu membantu ekonomi negara.

Selain itu, sektor usaha kecil dan menengah terbukti mampu membantu mengurangi jumlah pengangguran. Para sarjana yang baru lulus, bisa memilih untuk membangun usaha sendiri dibandingkan mencari pekerjaan yang kini sangat sulit didapat. Adanya usaha kecil yang baru juga membuka lapangan kerja bagi para pengangguran. Oleh karena itulah, pemerintah memberikan dukungan dengan diberikannya kredit pinjaman usaha kecil.

Pinjaman usaha ini biasanya disalurkan oleh pemerintah melalui bank-bank  pemerintah, baik bank negara maupun bank provinsi. Kredit ini bisa didapatkan di berbagai penjuru Indonesia, hingga ke desa-desa. Syaratnya biasanya cukup mudah tanpa perlu adanya agunan. Asalkan pengusaha tersebut merupakan warga negara Indonesia dan bisa memberikan proposal usaha yang baik, pinjaman tersebut bisa cair dalam waktu yang tidak terlalu lama. Jumlah pinjaman yang bisa didapatkan cukup besar hingga puluhan bahkan ratusan juta rupiah tergantung kondisi usaha dan juga rekaman pinjaman yang dimiliki oleh pengusaha tersebut.

Hal yang sangat menguntungkan dari kredit untuk usaha kecil yang digulirkan pemerintah adalah bunga yang sangat kecil. Saat ini, banyak bank-bank yang menawarkan bunga sangat kecil bahkan dibawah 1% per bulannya. Angka ini tentunya sangat mengiurkan bagi para pengusaha ataupun calon pengusaha yang mengalami kesulitan modal.

Selain bunga yang kecil, kredit untuk usaha kecil biasanya dilengkapi dengan sistem kemitraan yang memberikan bantuan-bantuan lain dalam menjalankan usaha seperti pelatihan dan mentoring sehingga pengusaha bisa menjalankan usahanya dengan proses yang lebih baik, begitu juga dalam hal manajemen dan keuangan. Dengan begitu, usaha yang dijalankan tidak hanya bersifat tradisional tetapi lebih modern. Keuntungan yang didapatkan bisa meningkat dan usaha juga bisa berjalan lebih stabil.

Selain bank pemerintah, bank dan lembaga keuangan swasta juga cukup banyak yang menawarkan kredit ringan untuk usaha kecil. Selain cukup menguntungkan dari segi bisnis, bank dan lembaga keuangan swasta juga mendapatkan dukungan dari pemerintah dengan berbagai kebijakan yang menguntungkan pihak bank. Biasanya, pinjaman usaha dari bank swasta memiliki bunga yang lebih besar tetapi lebih mudah didapatkan karena jumlah nasabah yang mengajukan pinjaman tersebut tidak sebanyak pengajuan terhadap kredit dari bank pemerintah sehingga persaingannya lebih kecil. Jika Anda tidak ingin menunggu lama, pinjaman bank swasta bisa lebih menguntungkan karena beda satu hari saja bisa sangat berarti bagi sebuah bisnis. Jika Anda terlambat satu hari saja, bisa jadi kesempatan Anda untuk mendapatkan keuntungan hilang lenyap.

Meminjam di bank pemerintah maupun bank swasta sama-sama menguntungkan asalkan perhitungannya tepat. Tidak selamanya bunga kecil menguntungkan karena waktu yang terbuang untuk menunggu bisa menguapkan keuntungan Anda. Tetapi tentunya akan lebih baik jika Anda bisa mendapatkan bunga sekecil mungkin untuk mengurangi beban keuangan usaha Anda.

Jika Anda baru pertama kali mengajukan pinjaman, sebaiknya Anda tidak berharap bisa mendapatkan pinjaman usaha dalam jumlah besar, baik Anda mengajukan pinjaman di bank pemerintah maupun bank swasta. Hal ini disebabkan belum adanya kepercayaan tinggi dari pihak bank pada Anda. Biasanya, Anda akan diberi dana kecil dahulu kemudian bank akan melihat perkembangan rekaman pinjaman Anda. Jika Anda memperlihatkan tanggung jawab yang baik dengan membayar tepat waktu, maka kepercayaan bank akan meningkat. Pada suatu saat tertentu, biasanya Anda akan bisa mengajukan pinjaman tambahan.

Jika rekaman pinjaman Anda baik, sangat memungkinkan bagi Anda untuk mendapatkan pinjaman yang jauh lebih besar. Apalagi jika terbukti bahwa usaha yang Anda jalankan berkembang dengan pesat. Bank akan memberikan dukungan lebih pada Anda. Tetapi sebaliknya, jika rekaman Anda buruk dan usaha Anda tidak berkembang, maka bank akan kehilangan kepercayaan pada Anda dan menutup pintu pinjaman. Jadi, usahakan untuk selalu membayar tepat waktu dan jalankan usaha Anda dengan benar.

Jonathan
Head of Marketing at KoinWorks

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

0 Comments
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​

Super Financial App yang
membawamu #MelangkahLebih