Salah satu faktor kesuksesan produk dicintai oleh masyarakat dan meraup pengguna setia adalah keberhasilan dalam branding atau promosi. Inilah sebabnya perusahaan rela untuk mengalokasikan dana untuk perusahaan periklanan demi membuat iklan atau kampanye dengan ide unik serta kreatif yang bertujuan agar masyarakat bisa melihat pesan dari perusahaan. Dengan demikian ide adalah bagian terpenting dalam kampanye suatu merk karena merupakan bagian dari strategi pemasaran bagi produk tertentu.

Bagi Anda yang seorang pebisnis pemula tentu saja agak sulit untuk mengeluarkan dana besar bagi produk yang hendak dilempar ke pasaran bila Anda tak mempunyai modal yang besar atau bila modal untuk merintis bisnis tersebut berasal dari pinjaman tanpa agunan. Alternatif yang bisa menjadi pilihan dalam mempromosikan bisnis baru seperti ini adalah menggunakan media sosial seperti Facebook, Twitter, Instagram, atau Linkedin. Bagaimana cara efektif menggunakan berbagai sarana tersebut, di internet Anda akan menemukan berbagai ulasannya.

Kembali ke soal kampanye suatu produk, pekerja kreatif periklanan menyadari bahwa ide segar sangat penting karena pelanggan akan bosan bila ide-ide iklan suatu produk sering diulang. Beberapa ide yang kreatif, lucu, unik, atau seolah memberikan kesan ironi justru akan lebih tertanam pada memori masyarakat atas produk tersebut. Inilah beberapa kampanye produk mancanegara yang tergolong kreatif yang mungkin bisa menjadi inspirasi bagi Anda.

Colgate

Colgate ad

Merk pasta gigi yang sudah cukup legendaris ini seringkali merilis iklan-iklan yang tak biasa dan sangat kreatif, seperti misalnya iklan yang berupa foto sepasang suami istri dengan si suami mempunyai sisa makanan yang terselip di gigi. Dari 3 buah foto yang dipublikasikan seluruhnya adalah foto-foto ganjil yang dibuat dengan rekayasa fotografi. Foto yang pertama memperlihatkan jari tangan si istri lebih dari 5 buah, pada foto kedua terlihat ada tangan hantu yang merangkul sang suami.

Terakhir pada foto ketiga si suami terlihat hanya mempunyai sebuah daun telinga. Iklan tersebut menyampaikan pesan bahwa sisa makanan yang terselip di gigi akan tampak lebih mencolok walaupun foto-foto tersebut juga memperlihatkan keganjilan lain. Inilah sebabnya calon konsumen harus menggosok gigi dengan Colgate agar tak mengalami masalah yang demikian.

Dettol

dettol ad

Iklan sabun antiseptik untuk mencuci tangan ini sesungguhnya sangat sederhana, yaitu sebuah foto yang menunjukkan seseorang tengah membentuk bayangan kloset dengan jari tangannya pada dinding. Ini untuk mengingatkan kita agar selalu mencuci tangan dengan Dettol setelah selesai dari toilet agar tangan bebas kuman.

Happydent

happydent ad

Permen karet penyegar nafas ini membuat ilustrasi gambar tokoh kemanusian yang sangat populer yaitu Mahatma Gandhi. Satu demi satu permen karet berbentuk segi empat berwarna putih itu disusun membentuk wajah Gandhi hingga identik.

Kampanye sosial

waiting to happen ad

Pada sebuah iklan yang berkaitan dengan isu sosial kesehatan, terlihat seorang pria dengan bagian dada yang menggembung membentuk sebuah granat. Selain itu ada tulisan “Waiting To Happen”. Iklan ini menghimbau masyarakat untuk lebih memperhatikan kesehatan jantungnya terutama bagi para pria mengingat serangan penyakit ini lebih banyak menimpa pria. Kalimat pada poster kampanye tersebut mengingatkan agar tetap waspada dengan penyakit jantung karena serangannya sering terjadi tanpa diduga.

Pampaverde: Extra Big Burger

Pampaverde Extra Big Burger ad

Kampanye produk makanan siap saji Big Burger tersebut sangat menarik karena model pria dilukis oleh seniman body painting mulai dari bawah hidung hingga dada dengan gambar mulut menganga. Hal ini memberikan pesan bagi masyarakat bahwa Big Burger dari Pampaverde berukuran sangat besar sehingga pembeli harus membuka mulutnya lebar-lebar untuk bisa memakannya. Iklan ini sangat unik dan tidak biasa.

Demikianlah beberapa iklan kreatif untuk kampanye beberapa produk dari luar negeri. Sebagai pebisnis pemula yang mungkin mendapatkan modal dari pinjaman tanpa agunan Anda harus lebih tahan banting dalam menghadapi berbagai tantangan dalam dunia bisnis agar menjadikan usaha Anda berkembang. Apalagi dari segi promosi dan branding para pebisnis di jaman sekarang ini telah sangat terbantu dengan adanya promosi lewat sosial media dan e-commerce. Nah, semoga bisa menjadi referensi yang bermanfaat!


Simulasi Pinjaman Modal Usaha

Jumlah Pinjaman

Suku Bunga/Tahun (% APR)

Jangka Waktu (Tahun)


Hasil
Bunga Pinjaman
Pokok + Bunga

Cicilan Bulanan:

Syarat Pengajuan Pinjaman di KoinWorks


Download Aplikasi KoinWorks

apple app store iosgoogle play store android app

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.