Home » Blog » Bisnis & UKM » Cara Membuat Kata Pengantar dan Latar Belakang Untuk Proposal Bisnis

Cara Membuat Kata Pengantar dan Latar Belakang Untuk Proposal Bisnis

·
4 menit
Membuat Kata Pengantar dan Latar Belakang Untuk Proposal Bisnis

Proposal bisnis adalah bentuk pengajuan yang dibuat oleh seorang pengusaha tentang rencana usaha atau bisnis yang akan dilakukan.

Proposal tersebut diajukan kepada pihak lain untuk meyakinkan pihak tersebut agar memberikan dukungan terhadap rencana usaha yang dibuat. Dukungan tersebut dapat berupa dana, izin, atau persetujuan.

Ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan dalam cara membuat kata pengantar dan latar belakang untuk proposal bisnis agar apa yang diinginkan dapat tercapai.

Kamu wajib membuatnya dengan isi dan format yang bagus dan memikat. Selain itu, proposal tersebut juga harus ditujukan kepada pihak-pihak terkait seperti instansi, perusahaan, atau lembaga terkait untuk melakukan negosiasi dan presentasi yang meyakinkan.

Fungsi Proposal Bisnis

Proposal bisnis memiliki manfaat yang penting untuk seseorang yang akan menjalankan sebuah usaha.

Sebelum melakukan keperluan tersebut, seorang pengusaha harus mampu membuat dan mengemas proposal dengan baik.

Sayangnya tidak semua orang dapat membuat proposal yang efektif untuk membangun kerjasama bisnis, permohonan dana, dan perijinan.

Proposal tersebut akan menentukan bagaimana lembaga donor atau klien yang dituju mampu menangkap rencana, ide, dan program yang diusulkan.

Oleh sebab itu pastikan untuk membuat proposal yang mampu ‘menjual’ ide rencana usaha Kamu.

Selain itu, Kamu juga harus mampu memasarkan proposal bisnis tersebut kepada siapa saja yang menjadi target untuk memberi dukungan terhadap bisnis Kamu.

Tahap ini sendiri juga tidak mudah. Kamu harus memiliki keahlian untuk mempengaruhi klien atau orang lain agar dapat menerima dan memiliki sudut pandang yang sama dengan Kamu.

Memiliki proposal bisnis menawarkan beberapa fungsi yaitu sebagai berikut:

  • Untuk mendirikan bisnis mulai dari skala kecil hingga besar
  • Untuk mendaftarkan tender dari instansi pemerintah atau swasta
  • Untuk pengajuan kredit kepada bank
  • Untuk mendapatkan sponsor usaha
  • Untuk mendapatkan investor bisnis

Unsur Proposal Bisnis

Ketika seseorang membuat proposal bisnis, Kamu tentu sudah berniat agar proposal tersebut elegan, menarik, dan pantas mendapatkan dukungan.

Jadi tujuan Kamu untuk pengadaan dana akan lebih mudah untuk direalisasikan. Untuk membuat proposal bisnis yang benar dan sesuai tujuan, perlu ada unsur-unsur yang harus ada di setiap proposal tersebut meliputi

  • Pendahuluan

Pendahuluan adalah bab perkenalan. Di bagian ini, Kamu akan menguraikan latar belakang usaha, visi misi, serta gambaran usaha yang dijalankan, termasuk kondisi pasar saat ini.

  • Profil Usaha

Bagian ini berisi uraian singkat tentang jenis bisnis yang dijalankan, termasuk model bisnisnya.

Selain itu, Kamu juga perlu mencantumkan nama perusahaan dan lokasi bisnis. Pastikan lokasi tersebut sudah masuk di Google Map sehingga gambaran lokasinya lebih jelas.

  • Struktur Organisasi Perusahaan

Setiap perusahaan wajib memiliki struktur organisasi masing-masing baik yang berdiri sendiri maupun system yang memiliki kerjasama antara pemilik dengan karyawan.

Jika perusahaan memiliki system manajerial keorganisasian, Kamu dapat menyebutkan mulai dari manajer, pemilik usaha, HRD, marketing, dll

  • Produk

Produk menjadi roh suatu usaha. Jika tidak ada produk yang dijual, tentu saja Kamu tidak bisa menjalankan bisnis.

Di bagian ini, sebutkan jenis produk yang diproduksi, bagaimana proses pembuatannya, dan keunggulan produk.

  • Target Pasar

Di bagian ini, sebutkan siapa saja target pasar produk tersebut meliputi daerah pemasaran, kalangan, and rentang usia yang disasar.

  • Promosi dan Pemasaran

Bagian ini menjelaskan mengenai strategi pemasaran yang dilakukan dan cara promosinya

  • Laporan Keuangan

Ada 3 hal yang perlu dicantumkan di bagian ini meliputi kebutuhan dana, pengeluaran dana untuk usaha, dan perhitungan dana yang realistis serta logis. Bila ada, Kamu dapat menambahkan perhitungan bagi hasil.

  • Penutup

Bagian ini berisi kata terakhir untuk meyakinkan pihak lain atau investor agar tertarik dengan bisnis Kamu.

Ini juga menjadi tempat untuk menuliskan harapan dari proposal bisnis tersebut dan mengucapkan terimakasih karena sudah bersedia membaca proposal Kamu

  • Lampiran

Informasi pendukung untuk proposal tersebut meliputi biodata pemilik usaha, surat ijin usaha, surat perjanjian usaha, sertifikat pelatihan, sertifikat usaha, atau dokumen pendukung lainnya.

Pentingnya Membuat Kata Pengantar Proposal Bisnis yang Menjanjikan

Kata pengantar menjadi bagian terdepan dari sebuah proposal bisnis setelah cover. Halaman ini merupakan sapaan pertama dari pembuat proposal kepada audiens.

Bagian inilah yang akan memberi kesan pertama untuk bisnis tersebut apakah menarik perhatian investor atau tidak.

Untuk itu, pastikan untuk melakukan cara membuat kata pengantar dan latar belakang untuk proposal bisnis yang semenarik mungkin agar pembaca berminat untuk membaca proposal Kamu sampai akhir.

Cara Membuat Kata Pengantar Proposal Bisnis

Kata pengantar proposal bisnis biasanya hampir sama dengan kata pengantar yang sering dijumpai pada buku, makalah, dsb. Ada 3 bagian yang perlu ada dalam kata pengantar proposal bisnis yaitu pembuka, isi, dan penutup. Berikut ini adalah kiat untuk membuatnya

  • Pembuka

Di bagian ini penulis mengucapkan rasa syukur dan ucapan terimakasih yang ditujukan pada Tuhan sesuai dengan keyakinan masing-masing.

Setelah itu, bisa dilanjutkan dengan ucapan terimakasih untuk pihak-pihak yang memiliki andil penting dalam bisnis tersebut.

  • Isi

Bagian ini berisi sedikit gambaran tentang isi proposal tersebut. Kamu dapat menuliskan gambaran umum dari isi proposal tersebut sehingga tidak perlu detail.

  • Penutup

Bagian ini berisi permohonan maaf penulis jika ada kesalahan atau kekurangan dari pemaparan kata pengantar tersebut.

Sementara itu harapan berisi pandangan lebih lanjut mengenai topik yang dibahas dalam proposal.

Cara Membuat Latar Belakang Proposal Bisnis

Setelah kata pengantar, penulis makalah tentu akan membuat latar belakang. Untuk proposal bisnis, latar belakang dapat berisi fenomena atau masalah yang terjadi di masyarakat.

Fenomena inilah yang melatarbelakangi munculnya bisnis Kamu karena produk yang ditawarkan menjadi solusi untuk mengatasi masalah tersebut. Ada beberapa hal penting yang perlu diperhatikan dalam membuat latar belakang yaitu:

  • Kondisi Ideal

Untuk membuat latar belakang, mulailah dengan kondisi ideal. Contohnya untuk bisnis makanan Kamu dapat menuliskan bahwa makanan menjadi salah satu kebutuhan penting masyarakat yang wajib dipenuhi dan permintaannya selalu berulang dari waktu ke waktu.

Makanan tidak hanya sekedar bagaimana memenuhi kebutuhan biologis tetapi bagaimana rasa dapat memberikan pengalaman yang berbeda ketika seseorang menikmati makanan.

  • Fenomena atau Masalah di Lapangan

Di bagian ini, penulis menjelaskan bagaimana kondisi sebenarnya yang terjadi di lapangan. Kondisi ini dapat berupa masalah, kegelisahan, atau hal lain yang memerlukan solusi.

Berikut ini adalah contoh untuk bisnis keripik singkong aneka rasa. Keripik singkong yang dijual di pasaran saat ini kebanyakan memiliki rasa yang monoton misalnya hanya rasa original atau asin gurih.

  • Solusi

Ini adalah kesempatan bagi Kamu untuk menjelaskan bagaimana produk Kamu dapat menjadi solusi untuk menjawab permasalahan pasar.

Masih untuk contoh bisnis keripik singkong, Kamu dapat membuatnya seperti kalimat berikut: Keripik Singkong Aneka Rasa dapat menjadi solusi untuk menjawab kebutuhan masyarakat yang ingin mendapatkan sensasi berbeda dalam menikmati keripik singkong.

Pilihan rasa yang beragam dapat memberikan keleluasaan bagi konsumen untuk memilih rasa favorit mereka.

Demikian sedikit informasi cara membuat kata pengantar dan latar belakang untuk proposal bisnis.

Kedua hal tersebut menjadi bagian yang paling penting karena mempengaruhi keputusan pembaca apakah akan terus melanjutkan membaca proposal Kamu atau tidak.

Jadi pastikan Kamu membuatnya semenarik mungkin untuk memikat pembaca, khususnya yang nanti akan menjadi investor untuk usaha Kamu.

Miko
Dengan tulisan, Miko bisa membagikan banyak hal positif. Berkontribusi dalam pengembangan pengetahuan para pembaca membuatku bahagia.

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​

Pinjaman bisnis sd 2M dapat CASHBACK GOPAY s/d Rp 9,9 Juta, Sikaaat