Dapatkan Apa yang Anda Inginkan dengan 5 Taktik Negosiasi Ini –  Negosiasi bisa dilakukan siapa saja dan untuk hal apa saja, di mana wirausaha akan bernegosiasi untuk meyakinkan para investor dan klien mereka, bahkan seorang ayah pasti melakukan negosiasi dengan anak-anak untuk hal-hal yang sederhana seperti meminta mereka mendapatkan nilai yang bagus.

Pada pembahasan kali ini, kami akan membantu Anda untuk menerapkan taktik negosiasi yang bisa berhasil saat akan berurusan dengan orang-orang. Menggunakan 5 trik di bawah ini akan memberikan Anda banyak keuntungan dari negosiasi yang dilakukan.

Mari kita simak pembahasannya di bawah ini.

Dapatkan Apa yang Anda Inginkan dengan 5 Taktik Negosiasi Ini

Saat proses perundingan terjadi, maka jangan pernah sekali-kali berpikir untuk menentukan dan memutuskan sesuatu.

Berikan ruang untuk orang-orang agar mereka berpikir dan bisa menolak atas suatu kesepakatan.

Cara seperti ini akan memberikan Anda kesempatan untuk berpikir dan mempertimbangkan kesepakatan yang terjadi.

Hal yang penting adalah jika Anda tidak setuju dengan kesepakatan tersebut, maka Anda bisa mundur dan menolaknya.

Dapatkan Apa yang Anda Inginkan dengan 5 Taktik Negosiasi Ini

1Mengubah Cara Anda Bertanya

seorang pengusaha berkomunikasi secara terbuka

Coba Anda perhatikan 2 jenis pertanyaan di bawah ini terlebih dahulu,

Apakah Anda ingin datang ke acara tersebut?

Kapan kita akan datang ke acara tersebut?

Pertanyaan yang pertama memiliki potensi penolakan dan pertanyaan yang kedua akan memberitahu Anda kapan waktu untuk datang ke acara tersebut.

Pertanyaan di atas dapat Anda ajukan kepada seseorang dengan tujuan mendapatkan keuntungan.


2Jangan Menerima Tawaran yang Pertama

10 Tips dari Pengusaha Sukses Ini Dapat Meningkatkan Kemampuan Negosiasi Kamu

Aturan praktis yang perlu Anda lakukan adalah jangan pernah menerima tawaran yang pertama, sebab hal ini pasti akan mendukung pihak lawan.

Meskipun tawaran yang pertama terlihat sangat hebat dan membuat Anda enggan menolaknya.

Sebaiknya Anda menunggu tawaran yang kedua dan inilah tujuan dari negosiasi yaitu menciptakan solusi win-win kepada kedua belah pihak.


3Berikan Pertanyaan Pilihan

konten - kolaborasi karyawan - kantor (5) - 7 Kesalahan yang Mampu Menghancur Efektivitas Kepemimpinan Anda - 5 Cara Terbaik Untuk Melibatkan Karyawan dalam Pelatihan yang Berkelanjutan

Saat akan menawarkan sesuatu kepada seseorang, Anda bisa menggunakan beberapa pilihan yang ditawarkan kepada mereka.

Hal ini jauh lebih baik daripada harus mendapatkan jawaban tak terbatas dari mereka. Anda bisa menawarkan sejumlah pilihan tertentu yang semuanya bisa sangat menguntungkan.

Misalnya saja seperti ini, memberikan penawaran diskon 10% saat membayar hari ini atau membayar bulan depan tetapi tidak mendapatkan diskon.

Atau menawarkan pilihan warna biru atau putih yang keduanya akan dikenakan biaya yang sama.


4Tinggalkan Topik yang Tidak Perlu Dibahas

10 Tips dari Pengusaha Sukses Ini Dapat Meningkatkan Kemampuan Negosiasi Kamu

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan manfaat dari negosiasi, salah satunya adalah dengan meninggalkan topik bahasan tertentu dan tidak membahasnya.

Anda bisa meninggalkan beberapa topik bahasan dan tidak membahas hal tersebut, saat berpikir bahwa topik tersebut bisa merugikan Anda.

Melakukan hal di atas akan memungkinkan Anda untuk mendapatkan banyak manfaat dari negosiasi yang dilakukan. Anda juga bisa menyempurnakan kemampuan negosiasi dengan melatih keterampilan berkomunikasi agar lebih baik.

Caranya adalah dengan mengikuti pendidikan dan pelatihan non-formal yang banyak tersedia oleh berbagai lembaga pendidikan.

Bukankah harus membayar biaya pendidikan untuk mengikuti pelatihan tersebut?

Memang benar, namun Anda tidak perlu khawatir dengan masalah tersebut. Sebab, saat ini telah banyak kemudahan yang bisa digunakan agar bisa mengikuti pendidikan dan pelatihan yang diinginkan.

Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan mendapatkan pinjaman dana pendidikan dari KoinPintar.

KoinPintar menawarkan pinjaman dana untuk mengikuti pendidikan formal dan non formal. Pinjaman dana tersebut memiliki suku bunga yang sangat rendah yaitu mulai dari 0,75% per bulan atau sekitar 9% per tahun. 

Hal yang tidak kalah penting adalah pinjaman yang telah Anda ambil bisa dicicil sampai dengan 12 bulan ke depan. Cara seperti ini jauh lebih ringan daripada harus membayar biaya pendidikan di muka secara langsung.

Berbagai kemudahan di atas bisa terjadi karena KoinPintar memiliki tujuan untuk membantu seluruh masyarakat di Indonesia mendapatkan pendidikan dan keterampilan yang berkualitas tanpa perlu khawatir dengan biaya pendidikan yang mahal dan memberatkan.

Dengan bantuan dana dari KoinPintar, Anda bisa mengikuti berbagai jenis pendidikan dan pelatihan atau kursus yang diinginkan. Semoga informasi dan pembahasan di atas memberikan banyak manfaat kepada Anda semua.


Simulasi Pinjaman Dana Pendidikan
Pendidikan Formal
Pendidikan Non-Formal

Tersedia di:  

Mulai perjalanan finansialmu, dengan caramu.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.