Membangun dan mengembangkan bisnis dibutuhkan keseriusan dari mulai tahap perencanaan sampai dengan pendanaan. Investor dibutuhkan ketika Anda tidak memiliki dana untuk membangun atau mengembangkan bisnis. Jika kebanyakan orang biasanya mencari pinjaman modal dari kredit mikro, hal ini bisa digantikanĀ dengan peran investor yang menyuntikkan dana sesuai dengan kebutuhan dan nantinya hasil bisa dibagi bersama sesuai dengan kesepakatan. Sebelum itu, tentunya Anda harus bisa menarik hati investor. Adapun beberapa hal yang bisa membuat investor tertarik, bisa dilihat seperti di bawah.

Prototype produk yang menarik

Prototype yang Anda buat dengan sangat menarik dari sisi tampilan dam penjelasan tentunya akan menarik hati investor bahkan termasuk juga konsumen. Prototype yang dibuat dengan penjelasan yang jelas juga akan membuat investor menerima ide bisnis Anda. Prototype bisa dibuat dalam bentuk berbagai macam seperti video atau gambar. Jika Anda tidak memiliki keahlian untuk membuat tampilan prototype yang menarik, mintalah bantuan orang yang ahli atau bayar mereka.

Produk yang sudah ditest ke konsumen

Ya, salah satu faktor yang sering dilupakan oleh pengusaha ketika mempresentasikan ide bisnis di depan investor adalah test produk tersebut. Jika produk belum ditest, tentunya investor belum terlalu yakin. Berbeda dengan diadakannya test produk kepada 300 atau 500 konsumen atau dengan jumlah lain. Dengan adanya test ini, maka Anda akan mengetahui kelebihan dan kekurangannya. Selain itu, test ini merupakan bentuk dukungan dari prototype yang sudah AndaĀ  buat sehingga Anda berani menawarkan kepada investor bahwa produk Anda layak untuk dipasarkan.

Pendukung bisnis dari prototype

Pendukung bisnis merupakan sarana agar bisnis Anda berjalan dengan baik. Ini salah satu fitur yang Anda gunakan untuk mendukung jalannya prototype yang sudah Anda buat. Sebagai contoh, jika Anda bergerak pada penjualan barang, maka Anda bisa membuat pendukung bisnis ini berupa toko online. Toko online ini bisa berbentuk website, WordPress atau bentuk lain seperti toko online pada marketplace. Buktikan bahwa toko online Anda sudah berjalan dan sudah memiliki pelanggan. Ingat, investor lebih suka pada usaha yang sudah jalan ketimbang masih dalam bentuk ide.

Produk memiliki daya tarik

Jika Anda membangun bisnis namun produk Anda tidak memiliki daya tarik, maka bisa dipastikan perusahaan akan mudah bankrut. Hal itu juga yang dipikirkan oleh investor. Jadi, sebelum berbicara panjang lebar di depan investor, buatlah daya tarik produk Anda dengan cara membuat iklan. Iklan bisa dengan iklan gratis atau berbayar. Maksimalkan berbagai media online gratis untuk membuat iklan.

Monetisasi bisnis Anda

Monetisasi bisa dikatakan cara yang dilakukan untuk membuat bisnis menghasilkan. Tentunya, maksud disini adalah produk sudah laku dan Anda sudah memiliki income. Jika daya tarik konsumen terhadap produk Anda sudah bagus, monetisasi mungkin tidak diperlukan. Tapi, cobalah memonetisasi bisnis Anda sehingga investor akan memiliki minat yang lebih tinggi lagi. Investor akan melihat bagaimana Anda mengelola dan mengembangkan bisnis tersebut sehingga mereka akan dengan mudah memberikan dana investasinya.

Pengembangan

Pengembangan disini tentunya menjadi alasan bagi Anda untuk menarik hati investor. Bisnis Anda sudah berjalan, produk Anda sudah memiliki daya tarik, Anda juga sudah memiliki pendapatan dari produk, maka langkah selanjutnya adalah pengembangan dan hal ini yang membuat Anda mencari investor. Pengembangan disini bisa dimaknai berbagai hal dari mulai pengembangan jumlah produk, peralatan, sampai dengan jumlah toko. Buatlah alasan yang akan memaksa investor untuk mendanai pengembangan ini.

Pitching

Gaya bahasa Anda yang meyakinkan investor bahwa produk Anda memang layak untuk dipasarkan dan dikembangkan dengan cara Anda mempresentasikan materi yang membuat Anda terlihat ahli mengelola dan bertanggungjawab penuh, maka investor akan dengan mudah mempercayai Anda serta yakin bahwa produk Anda memang akan menguntungkan. Disinilah pentingnya sebuah pitching.

Dari 7 poin di atas, Anda memang dituntut untuk menjalankan bisnis Anda terlebih dahulu sebelum meminta dana investasi dari investor. Jika perusahaan sudah jalan, anda bisa menentukan apakah ingin meminjam modal tambahan dari investor atau dariĀ kredit mikroĀ yang memilikiĀ bunga yang beresiko bagi bisnis Anda. Pilihan ada di tangan Anda sepenuhnya.


Simulasi Pinjaman Modal Usaha

Jumlah Pinjaman

Suku Bunga/Tahun (% APR)

Jangka Waktu (Tahun)


Hasil
Bunga Pinjaman
Pokok + Bunga

Cicilan Bulanan:

Syarat Pengajuan Pinjaman di KoinWorks


Download Aplikasi KoinWorks

apple app store iosgoogle play store android app

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.