Tren Dan Peluang Mendirikan Bisnis Rintisan Digital (Startup) – Bila akhir-akhir ini Anda sering mendengar istilah startup, mungkin sebagian dari Anda telah mengetahui artinya namun sebagian masyarakat awam mungkin masih belum mengetahui apa-apa.

Startup adalah sebuah istilah dalam bahasa Inggris yang artinya adalah usaha yang baru dirintis atau baru didirikan namun mampu berkembang dengan cepat.

Startup bekerja dengan cara memecahkan suatu masalah menggunakan ide-ide atau memanfaatkan masalah itu sendiri sebagai ide bisnis sekaligus diberikan terobosan yang cukup revolusioner dengan membawa pengaruh besar pada komunitas di masyarakat.

Jika berbicara mengenai bisnis apa yang tengah berkembang saat ini, maka tren dan peluang mendirikan bisnis rintisan digital (startup) adalah jawaban yang tepat. Sudah banyak contoh bisnis digital yang semakin berkembang hingga kini dan ada di sekitar Anda seperti Mark Zuckeberg yang mendirikan Facebook sebagai salah satu media sosial terbaik.

Mark Zuckerberg, membangun Facebook dari sebuah start-up

Mark Zuckerberg, pendiri sekaligus CEO Facebook, raksasa sosial media yang berawal dari start-up

Mahasiswa yang berkuliah di Harvard ini pun mampu membangun media sosial yang terkenal untuk kalangan mahasiswa Harvard namun tak disangka-sangka kini bisnis tersebut semakin mendunia dan digunakan oleh berbagai masyarakat umum.

Akhirnya bisnis sederhana itu mampu menarik investor hingga akhirnya Facebook berkembang sejak dahulu didirikan tahun 2004 hingga kini dan masih bertahan meskipun sekarang banyak ditemukan berbagai macam media sosial yang jauh lebih canggih dengan berbagai macam inovasi barunya.

Masih banyak lagi bisnis startup digital lainnya yang mampu menembus pasar dunia seperti Instagram yang didirikan oleh Mike Krieger dan Kevin Systrom dimana media sosial ini berfokus pada foto dan video bahkan hampir semua artis atau tokoh dunia memiliki akun instagram yang bisa menunjukkan kegiatan apa yang sedang mereka lakukan saat itu kepada seluruh dunia menggunakan sistem hashtag.

Bukan hanya bisnis rintisan luar negeri saja yang bisa berkembang karena di Indonesia saja tercatat ada sekitar 1500 bisnis rintisan dan telah dikutip dari dailysocial.net. Padahal catatan tersebut adalah bisnis rintisan yang dibuat di tahun 2015 dan bisa dipastikan di tahun 2016 ini, akan lebih banyak lagi usaha yang berkembang demi mendukung pertumbuhan ekonomi bangsa.

Untuk bisnis startup di Indonesia sendiri terbagi menjadi tiga kelompok menurut CEO dari dailysocial.net yaitu situs e-commerce, para pencipta aplikasi untuk edukasi dan pencipta game. Hasil kesuksesan yang paling mudah untuk diketahui adalah Kaskus yang merupakan situs forum terbesar karya anak Indonesia yang bahkan lebih dulu eksis dibandingkan dengan berbagai macam media sosial buatan luar negeri.

Ada pula jenis aplikasi yang kini sangat membantu dan bermanfaat bagi seluruh masyarakat yang menyediakan layanan ojek online yang bisa dipesan melalui aplikasi dalam smartphone dan ojek pun akan langsung menjemput Anda di lokasi.

Bila Anda tertarik untuk mengikuti perkembangan sukses ini, maka seperti yang dikatakan sebelumnya jika Anda harus mampu memanfaatkan masalah sebagai ide bisnis Anda, bukan memikirkan cara baru atau ide yang orisinil sebab bisnis yang dimulai dari pemetaan masalah di masyarakat akan membuat usaha rintisan itu bertahan lebih lama karena dibutuhkan oleh masyarakat.

Cobalah berpikir sebagai konsumen atau masyarakat dan bukan sebagai pebisnis. Rasakan masalah umum yang mereka alami dan keluhan apa yang mereka pikirkan. Cobalah berjalan-jalan di sekitar Anda dan mulailah mencari makanan.

Jika Anda pikir dalam kota Anda tidak memiliki makanan enak atau tempat makan yang istimewa karena berbagai hal seperti akses jalan ataupun daya beli masyarakat yang lemah, maka buatlah startup situs makanan yang dapat mereview berbagai macam lokasi tempat masyarakat bisa menemukan makanan enak.

Kemacetan Jakarta menjadi alasan munculnya start-up penyedia layanan ojek online

Kemacetan Jakarta menjadi alasan munculnya start-up penyedia layanan ojek online

Banyak start-up yang lahir karena masalah umum yang dialami oleh masyarakat sejak dulu. Aplikasi ojek online yang beroperasi di Jakarta misalnya, kini dibutuhkan oleh hampir setiap orang meski sudah ada bus Transjakarta maupun taksi.

Banyak orang merasa dua jenis transportasi umum tersebut tingkat keamanannya rendah kaarena sering terjadi tindakan kejahatan seperti pencopetan maupun pelecehan seksual.

Selain itu, Jakarta telah dikenal sejak dahulu sebagai kota macet sehingga diperlukan alat transportasi jarak jauh yang dapat dipanggil dan menembus kemacetan. Disitulah aplikasi-aplikasi ojek online lahir dan langsung diterima oleh masyarakat.

Bahkan ketika pemerintah akan menutupnya, banyak warga yang protes keras sehingga ojek-ojek online masih beroperasi hingga kini dan telah merambah kota besar lainnya.

Nah, itu dia sedikit ulasan mengenai tren dan peluang bisnis startup. Anda bisa mencari tahu lebih lanjut mengenai start-up lokal yang telah berhasil dengan mencari tahu cerita dari pendirinya. Semoga Anda bisa terinspirasi untuk membangun usaha serupa yang mampu menghasilkan keuntungan bagi Anda dan bermanfaat untuk masyarakat.


Simulasi Pinjaman Modal Usaha

Jumlah Pinjaman

Suku Bunga/Tahun (APR - %)

Jangka Waktu (Tahun)


Hasil
Bunga Pinjaman
Pokok + Bunga

Cicilan Bulanan:

Syarat Pengajuan Pinjaman di KoinWorks



  • 2
    Shares
There are currently no comments.

Apa Komentar Anda?