Baik Anda menggunakan modal pinjaman atau bukan untuk memulai bisnis Anda, sudah sepatutnya Anda menemukan peluang bisnis yang sangat dibutuhkan masyarakat. Sebagai contoh, Anda pastinya tahu apa itu Gojek dan Uber. Bisnis startup bidang transportasi yang mengandalkan aplikasi dan jaringan internet untuk mengantar orang ke tempat yang lain ini memang sangat bermanfaat bagi masyarakat luas. Wajar saja jika kehadiran mereka di tengah-tengah masyarakat sangat dibutuhkan. Maka, begitu mereka resmi launching, mereka langsung kebanjiran order bahkan sampai menyebar ke barbagai kota lainnya.

Mungkin Anda bertanya, bagaimana mereka bisa memiliki ide bisnis yang cemerlang dan briliant sehingga mereka sangat diminati oleh pelanggan bahkan tidak jarang jika mereka mendapatkan pelanggan setianya. Nah, berikut beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan ide bisnis yang muncul dari masalah yang dimiliki masyarkat sehari-hari.

Cari masalah

Disini, dibutuhkan kejelian untuk bisa melihat masalah yang ada di tengah-tengah masyarakat yang kira-kira bisa dijadikan ladang bisnis. Jika Gojek dan Uber melihat masalah masyarakat adalah sarana transportasi yang cepat dan bisa dipesan bahkan dari rumah, maka Anda bisa mencari masalah lain yang dihadapi masyarakat. Anda bisa melakukan identifikasi, survey atau riset yang berhubungan dengan masalah banyak orang. Biasanya, masyarakat akan menganggap masalah ketika mereka mengatakan;

  • Saya benci….
  • Susah menemukan….
  • Hal ini menyebalkan….
  • Saya kesulitan untuk….
  • Saya tidak mau….
  • dan lain-lain

Kata-kata tersebut biasanya merupakan masalah yang dialami oleh banyak orang. Pastikan bahwa prosentasi mereka yang menganggap suatu tersebut merupakan masalah sangat besar sehingga Anda bisa melakukan generalisir bahwa masalah tersebut memang dirasakan oleh banyak orang. Maka, memang tidak mudah untuk bisa menemukan masalah yang dialami bersama oleh semua masyarakat. Butuh kejelian, keseriusan, survey, riset dan proses identifikasi sampai bisa menyimpulkan bahwa hal itu memang masalah.

Cari tahu yang dibutuhkan masyarakat

Setelah Anda mengetahui berbagai masalah yang dihadapi oleh masyarakat, tentu hal berikutnya yang harus Anda lakukan adalah mengidentifikasi apa yang paling dibutuhkan masyarakat. Sebagai contoh, Gojek dan Uber menganggap kemacetan sebagai masalah lalu yang mereka jadikan solusi adalah memberikan transportasi yang bisa dipesan serta terhindar dari macet. Nah, dari sini Anda bisa mencari apa yang dibutuhkan masyarakat dari beragam masalah yang sudah Anda identifikasi sebelumnya.

Contoh lain adalah masyarakat susah mendapatkan makanan dan minuman cepat saji yang bisa membuat mereka kenyang di pagi hari sehingga mereka bisa bekerja dengan keadaan perut terisi. Maka, munculah berbagai makanan dan minuman cepat saji yang bisa dinikmati di pagi hari. Anda bisa membalikkan berbagai kalimat yang diatas menjadi;

  • Saya ingin….
  • Saya mau….
  • Saya senang jika….
  • dan lain-lain

Dari dua poin ini, sebenarnya Anda sudah bisa menemukan ide bisnis apa yang bisa memecahkan masalah dan dibutuhkan oleh banyak orang. Dengan begini, tentunya bisnis Anda akan cepat berkembang dan bertahan lama karena memang dibutuhkan oleh masyarakat luas bukan hanya untuk satu kota melainkan juga di berbagai kota di Indonesia.

Cari tahu apa yang masyarakat inginkan

Sepintas hampir sama dengan poin sebelumnya, tapi yang menjadi titik poin di sini bukanlah kebutuhan melainkan keinginan masyarakat. Sebagai contoh, berangkat dari masalah masyarakat yang ingin bepergian denga banyak orang, lalu lahirlah alat transportasi bernama mobil. Kehadiran mobil tentu merupakan menjawab kebutuhan masyarakat untuk bepergian jauh dengan nyaman dan banyak orang. Namun, lihatlah saat ini. Banyak mobil yang sudah di upgrade dan di update dengan berbagai fasilitas baik bersifat menghibur, keamanan, komunikasi hingga robot atau sistem menyetir otomatis.

Itulah yang diinginkan masyarakat dari kebutuhan yang ada. Jadi, dari kebutuhan yang ada, bisa jadi masyarakat masih menginginkan fasilitas yang lebih. Maka, Anda bisa menambahkan fasilitas tersebut. Contoh, Gojek dan Uber bisa saja sudah menjawab kebutuhan masyarakat tentang alat transportasi yang cepat dan tepat tapi bisa jadi masih ada yang kurang yang merupakan fasilitas untuk keselamatan dan kenyamanan. Berinovasilah dan buat peluang bisnis dari model bisnis lain yang sudah ada saat ini, dan jadikan bisnis Anda solusi dari masalah yang ada.


Simulasi Pinjaman Modal Usaha

Jumlah Pinjaman

Suku Bunga/Tahun (% APR)

Jangka Waktu (Tahun)


Hasil
Bunga Pinjaman
Pokok + Bunga

Cicilan Bulanan:

Syarat Pengajuan Pinjaman di KoinWorks


Download Aplikasi KoinWorks

apple app store iosgoogle play store android app

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.