8 Cara Cerdas Menghemat Anggaran Belanja Pakaian, Mengapa Tidak Dicoba – Pembelian pakaian menjadi salah satu pengeluaran yang bisa memboroskan anggaran pribadi setiap bulannya.

Apalagi jika Anda termasuk orang yang memperhatikan merek saat membeli pakaian dibandingkan fokus pada kualitas yang didapatkan.

Baca juga: 5+ Cara Menghemat Biaya Hidup Agar Keuangan Bisa Selamat

Jika Anda cerdas dalam mengambil langkah, sebenarnya ada cara mudah yang bisa dilakukan untuk menghemat banyak pengeluaran saat membeli pakaian.

Berikut ini 8 cara cerdas yang bisa Anda lakukan untuk menghemat anggaran belanja pakaian.

8 Cara Cerdas Menghemat Anggaran Belanja Pakaian

1Beli Pakaian yang Berkualitas

belanja baju - pakaian - shopping - 7 Alasan Anda Tidak Perlu Membeli Pakaian Berdasarkan Tren, Bijaklah Menghabiskan Uang! Mau Tampil Maksimal Tanpa Biaya Mahal? Ini Triknya! - belajar self-love

Untuk menghemat anggaran belanja pakaian, Anda tidak perlu selalu membeli barang yang murah. Sadarilah, lebih baik membeli pakaian dengan harga yang sedikit lebih mahal, namun bisa bertahan lama.

Dibandingkan membeli pakaian dengan harga murah yang mudah rusak setelah beberapa kali pemakaian saja. Fokus pada kualitas saat akan membeli pakaian yang akan dikenakan dalam jangka panjang.


2Beli di Waktu yang Tepat

belanja - engagement konsumen menjadi purchasing decision - Tips Mendapatkan Pelanggan Setia - 5 Alasan Program Loyalitas Mampu Meningkatkan Penjualan

Ada momen-momen tertentu yang memungkinkan Anda untuk mendapatkan harga pakaian lebih murah dari hari biasa. Beberapa contohnya adalah Anda bisa membeli pakaian pada akhir tahun, awal tahun, atau momen mendekati idul fitri.

Pada bulan-bulan tersebut ada banyak sekali toko pakaian yang memberikan diskon atas produk pakaian kepada para pelanggan.

Dengan cara seperti di atas, Anda bisa mendapatkan pakaian dengan harga yang lebih murah daripada hari biasa.


3Batasi Waktu Pencucian

Cara Cerdas Menghemat Anggaran Belanja Pakaian (1)

Membatasi waktu pencucian bukan berarti tidak mencuci pakaian yang Anda miliki. Cobalah untuk membatasi waktu pencucian dan jangan terlalu sering mencuci pakaian. Cara seperti ini membuat pakaian yang Anda miliki bisa bertahan lebih lama dan itu artinya tidak perlu mengganti pakaian dengan yang baru.

Jeans dan sweater merupakan beberapa contoh pakaian yang tidak perlu terlalu sering dicuci.


4Ketahui Cara Merawat Pakaian Anda

Pakaian yang Anda simpan di dalam lemari sangat rentan terkena ngengat yang bisa merusak pakaian tersebut. Lindungi pakaian yang disimpan di dalam lemari dengan menambahkan kapur barus untuk menghindari serangan ngengat.

Jangan lupa untuk memperhatikan cara pencucian dan suhu mencuci pakaian yang dianjurkan. Perhatikan petunjuk tersebut pada label yang terletak di kerah pakaian Anda untuk membuatnya lebih tahan lama saat digunakan.


5Berpikir Ulang Saat Akan Membeli Pakaian

belanja baju - pakaian - shopping - 7 Alasan Anda Tidak Perlu Membeli Pakaian Berdasarkan Tren, Bijaklah Menghabiskan Uang

Jangan mudah tergoda untuk membeli pakaian yang dilihat saat sedang berjalan-jalan ke pusat perbelanjaan

Sebelum melakukan pembelian, pertimbangkan dengan matang apakah Anda benar-benar membutuhkan pakaian tersebut. Membeli pakaian yang tidak diperlukan bisa memboroskan anggaran yang sebenarnya bisa digunakan untuk hal lain yang lebih bermanfaat.


6Padukan Pakaian Secara Kreatif

pamer - Cara Mengatasi Kantong Bolong Gara-gara Doyan Belanja - Berencana Membeli Barang Mewah? Sebaiknya Tanyakan Hal Ini Kepada Diri Sendiri! - 8 Juta untuk Hidup di Jakarta - investasi tas mewah - merek tas mewah

Banyak orang yang ingin membeli pakaian baru karena merasa tidak memiliki pakaian lain yang akan dikenakan. Padahal jika mampu berpikir kreatif, Anda bisa memadukan pakaian lama sehingga tampak unik dan berbeda saat dikenakan. Dengan demikian Anda tidak perlu mengeluarkan uang untuk membeli pakaian baru.


7Pilih Pakaian yang Sesuai Dengan Bentuk Tubuh

Cara Cerdas Menghemat Anggaran Belanja Pakaian

Pakaian yang terlalu besar atau terlalu kecil sangat tidak nyaman saat dikenakan. Sehingga membuat Anda tergoda untuk membeli pakaian baru dan menghabiskan lebih banyak biaya dan anggaran.

Baca juga: 5 Tipe Kepribadian Saat Mengelola Keuangan Pribadi, Apa Kepribadian Anda?

Dengan demikian, sebaiknya pilihlah pakaian yang sesuai dengan bentuk tubuh saat akan membeli. Cobalah pakaian di ruang ganti sebelum Anda memutuskan untuk melakukan pembelian. Hal ini bermanfaat untuk mencegah Anda membeli pakaian yang tidak pas saat dikenakan.

Bagaimana jika sudah terlanjur membeli pakaian yang tidak pas? Jangan membuang pakaian tersebut, solusinya Anda bisa membawa pakaian ke penjahit dan meminta mereka untuk menyesuaikan ukuran pakaian dengan bentuk tubuh Anda.


8Belilah Pakaian yang Anda Sukai

Cara Cerdas Menghemat Anggaran Belanja Pakaian

Membeli pakaian yang tidak sesuai dengan kepribadian dan tidak cocok untuk dikenakan membuat Anda memboroskan lebih banyak pengeluaran. Hal ini dapat terjadi karena Anda pasti akan berusaha membeli pakaian baru dan mengganti pakaian yang menurut Anda jelek.

Untuk menghindari masalah di atas, sebaiknya pilihlah pakaian secara perlahan dan tidak terburu-buru. Sisihkan waktu senggang untuk datang ke sebuah toko agar bisa mendapatkan pakaian yang paling sesuai dengan keinginan Anda.

Baca juga: 7 Alasan Anda Tidak Perlu Membeli Pakaian Berdasarkan Tren, Bijaklah Menghabiskan Uang!

Dengan 8 cara cerdas yang kami sampaikan di atas, maka Anda bisa menghemat banyak sekali pengeluaran untuk membeli pakaian baru. Kelebihan dana tersebut bisa disimpan dan Anda alokasikan ke hal lain yang jauh lebih bermanfaat. Salah satunya adalah dengan menginvestasikannya ke KoinWorks.

KoinWorks memungkinkan para investor untuk berinvestasi dengan modal yang sangat rendah yaitu hanya dengan uang minimal Rp100.000 saja.

Modal yang rendah bukan artinya Anda juga akan mendapatkan tingkat imbal hasil yang rendah. KoinWorks mampu menawarkan tingkat imbal hasil yang sangat kompetitif dan mampu mengalahkan laju inflasi tahunan di Indonesia.

Hal yang tidak kalah menarik adalah lewat investasi peer-to-peer lending di KoinWorks ini, Anda mampu ikut serta mengembangkan UMKM menjadi lebih maju.

Hal ini bisa terjadi karena KoinWorks memiliki konsep yang mempertemukan investor dengan peminjam dana dalam hal ini pelaku UMKM yang membutuhkan tambahan modal untuk mengembangkan usaha.

Di satu sisi Anda mendapatkan keuntungan dari imbal hasil investasi dan di sisi yang lain pengusaha UMKM berkesempatan untuk berkembang melalui bantuan modal yang diberikan.


Agar kami dapat memahami kebutuhan informasi Anda dengan baik dan menyediakan konten yang berkualitas serta informatif kepada setiap pembaca, mohon luangkan waktu untuk mengisi survey singkat di halaman berikut.

Download Aplikasi KoinWorks

apple app store iosgoogle play store android app

1 KOMENTAR

  1. Terima kasih atas infonya sangat bermanfaat, ditunggu info bermanfaat selanjutnya. Jangan lupa kunjungi website kami juga ya.
    semoga sukses selalu 🙂

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.