6 Saran Agar Menjadi Pembicara Hebat yang Mengesankan

6 Tips Agar Anda Bisa Memberikan Presentasi Secara Profesional (3) - Memiliki Mentor Penting untuk Kesuksesan, Ini Cara Mendapatkannya...

6 Saran Agar Menjadi Pembicara Hebat yang Mengesankan – Kemampuan untuk berbicara adalah hal yang perlu dimiliki oleh setiap orang terutama untuk para pemimpin. Kemampuan berbicara yang baik memungkinkan Anda untuk bisa menyampaikan pesan dan informasi dengan lebih baik.

Baca Juga: Dapatkan Apa yang Anda Inginkan dengan 5 Cara Bernegosiasi dalam Situasi Sulit

Jika Anda tertarik untuk menjadi seorang pembicara hebat yang mengesankan, pada kesempatan kali ini kami akan mencoba untuk menjelaskan kepada Anda semua tentang 7 kiat-kiat yang bisa dilakukan. Apa saja? Berikut ini penjelasan selengkapnya.


6 Saran Agar Menjadi Pembicara Hebat yang Mengesankan

Miliki Prinsip Bahwa Berbicara Tidak Ada Hubungannya Dengan Anda

6 Saran Agar Menjadi Pembicara Hebat yang Mengesankan

Jangan pernah menjadi pembicara yang terfokus untuk terlihat baik dan seolah-olah pintar di hadapan banyak orang. Saat berbicara, ini bukan tentang Anda, tetapi tentang orang yang mendengarkan.

Baca Juga: 6 Tips Agar Anda Bisa Memberikan Presentasi Secara Profesional

Anda harus bisa melihat pidato atau ceramah dari sudut pandang pendengar terlebih dahulu. Pastikan apa yang keluar dari mulut Anda tidak berpotensi menyinggung perasaan mereka dan pendengar tidak merasa lelah dengan apa yang Anda sampaikan. Jangan berbicara hanya berdasarkan ego pribadi dan emosi yang ada di dalam diri Anda.


Anda Harus Tertarik Dengan Apa yang Sedang Disampaikan

pembicara hebat yang mengesankan

Jika Anda tidak tertarik dengan apa yang sedang disampaikan, maka penonton akan merasakannya dan ikut tidak tertarik dengan apa yang disampaikan.

Saat Anda tidak bersemangat tentang apa yang dikatakan, lalu bagaimana Anda akan menunjukkannya kepada orang yang melihat.

Baca Juga: Gugup Saat Akan Presentasi? Ini 5 Tips Presentasi untuk Menenangkan Diri saat Tampil di Depan Umum

Anda harus bisa menunjukkan gairah dan semangat ke dalam pembicaraan jika ingin menjadi seorang pembicara yang hebat.


Tidak Perlu Khawatir Dengan Perasaan Gugup yang Dirasakan

pembicara hebat yang mengesankan

Gugup saat akan berbicara di hadapan banyak orang merupakan hal yang sangat wajar terjadi dan pasti dialami oleh semua orang yang baru belajar berbicara. Meskipun Anda telah melakukan persiapan yang baik dan intensif, perasaan gugup tetap bisa Anda rasakan saat akan berbicara.

Biarkan perasaan gugup datang menghampiri dan ketahui dengan pasti bahwa perasaan tersebut wajar terjadi dan pasti akan dialami.

Baca Juga: Presentasi yang Baik Itu Diawali dengan 5 Tips Berikut, Sudah Menerapkannya?

Dengan memiliki pola pikir seperti ini, maka diharapkan Anda bisa mengatasi perasaan gugup dan bisa lebih tenang saat akan berbicara di hadapan banyak orang.


Tugas Anda Bukan Mengajarkan Sesuatu yang Baru Kepada Penonton

pembicara hebat yang mengesankan

Para pendengar yang sedang menyimak Anda berbicara bukanlah orang yang tidak memiliki wawasan dan pengetahuan sama sekali.

Oleh karena itu, jangan pernah berbicara seolah-olah Anda ingin mengajarkan sesuatu yang baru kepada mereka.

Baca Juga: Introvert Tetap Bisa Menjadi Pembicara Publik yang Hebat, Lakukan Langkah Sukses Berikut Ini

Hal yang perlu Anda lakukan adalah memastikan semua orang yang mendengar mendapatkan wawasan yang bermanfaat dan bisa mereka terapkan.


Bangun Hubungan Dengan Audiens

pembicara hebat yang mengesankan

Banyak pembicara yang tidak memperhatikan hal ini, dimana mereka melewatkan detik-detik pertama untuk terhubung dengan para pendengar.

Baca Juga: 4 Hal yang Bisa Tingkatkan Keterampilan Komunikasi Anda, Patut Dicoba!

Hal yang penting untuk diperhatikan adalah 60 detik pertama Anda harus bisa terhubung dengan para pendengar yang sedang menyaksikan.

Tanpa adanya hubungan dengan para pendengar, maka mustahil Anda bisa menjadi seorang pembicara hebat yang didengarkan oleh orang lain.


Buat Menjadi Sederhana dan Tidak Bertele-tele

pembicara hebat yang mengesankan

Tidak ada orang yang suka dengan pembicaraan yang bertele-tele. Dengan demikian, Anda harus bisa membuat setiap kalimat menjadi sederhana dan mudah dipahami dengan baik.

Latihlah diri Anda untuk menceritakan kisah yang menarik dalam waktu yang telah ditentukan sebelumnya.

Pastikan apa yang Anda sampaikan tidak terlalu panjang dan tidak membuat orang yang mendengarkannya menjadi bosan. Hargai setiap waktu yang Anda habiskan untuk berbicara dan jangan terlalu bertele-tele.

Baca Juga: 5 Kesalahan Saat Belajar yang Dilakukan Banyak Orang

Dengan menerapkan 6 saran di atas diharapkan Anda bisa menjadi seorang pembicara yang luar biasa.

Jika Anda ingin mendapatkan ilmu dan keterampilan yang lebih baik berkaitan dengan kemampuan berbicara di depan umum, maka tidak ada salahnya untuk mengikuti kursus atau pelatihan public speaking.

Tidak perlu khawatir dengan biaya kursus dan pendidikan yang mahal dan bisa memberatkan keuangan keluarga Anda.

KoinPintar bisa membantu Anda dengan pinjaman dana pendidikan formal dan non-formal dengan bunga yang sangat rendah yaitu mulai dari dari 0,75% per bulan atau sekitar 9% per tahun. Suku bunga yang jauh lebih rendah daripada suku bunga yang ditawarkan oleh lembaga keuangan yang lain.

Baca Juga: 9 Manfaat Keterampilan Bahasa Inggris Dalam Meningkatkan Prospek Karier Anda

Tidak hanya itu saja kemudahan yang diberikan, pinjaman yang telah Anda ambil bisa dicicil sampai dengan 12 bulan ke depan. Cara seperti ini tentu saja jauh lebih ringan daripada harus membayar biaya pendidikan secara langsung di muka.

Berbagai kemudahan di atas bisa terwujud karena KoinPintar memiliki tujuan untuk membantu seluruh masyarakat Indonesia mendapatkan pendidikan dan keterampilan yang berkualitas tanpa perlu khawatir dengan biaya pendidikan yang mahal dan memberatkan.

Kami berharap informasi di atas bisa memberikan banyak manfaat dan inspirasi kepada Anda semua yang telah membacanya.

Devayanti Pardi
Content Creator at KoinWorks

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

0 Comments
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​

Super Financial App yang
membawamu #MelangkahLebih