6 Tips Agar Anda Bisa Memberikan Presentasi Secara Profesional – Saat ini ada banyak pekerjaan yang mengharuskan Anda memberikan presentasi dan paparan kepada banyak orang.

Saat melakukan presentasi, tidak semata-mata Anda hanya memberikan informasi saja. Anda pun bisa memberikan presentasi secara profesional agar materi yang disampaikan bisa sampai dengan baik kepada orang-orang yang mendengar Anda.

Berikut ini 6 tips agar Anda bisa memberikan presentasi secara profesional.

6 Tips Agar Anda Bisa Memberikan Presentasi Secara Profesional

1Anggap Presentasi Seperti Sebuah Pertunjukkan

6 Tips Agar Anda Bisa Memberikan Presentasi Secara Profesional

Menyampaikan presentasi tidak hanya tentang kumpulan fakta dan statistik saja, sebab ada cerita yang harus Anda sampaikan di dalamnya. Penting untuk mengetahui apa tujuan dari presentasi yang akan Anda lakukan.

Baca juga: 5 Trik Sederhana untuk Kamu yang Baru Mulai Investasi

Pikirkan tentang emosi yang bisa memicu para audiens yang hadir, bagaimana cara mempengaruhi mereka, dan tindakan apa yang ingin mereka lakukan sebagai hasil dari presentasi Anda.

Penting juga untuk mengetahui cara mengubah suara sedemikian rupa saat akan menekankan pesan, gerakan apa yang perlu digunakan, dan ekspresi wajah seperti apa yang perlu digunakan.


2Jadikan Diri Anda Sebagai yang Utama

6 Tips Agar Anda Bisa Memberikan Presentasi Secara Profesional

Sebagian presentasi yang bersifat informatif akan mengarahkan audiens untuk fokus pada presentasi daripada orang yang sedang berbicara.

Jika ingin meninggalkan kesan kepada para audiens, maka harus menjadikan diri Anda sebagai fokus utama. Materi presentasi yang disampaikan hanya sebagai tambahan saja dan biarkan diri Anda yang menjadi pusat perhatian.


3Buat Audiens Mendengarkan Anda dengan Penuh Perhatian

3 Strategi yang Bisa Dilakukan Untuk Mendapatkan Perhatian Audiens Saat Sedang Presentasi

Saat ingin menjadi pusat perhatian saat sedang melakukan presentasi, maka Anda tidak bisa meletakkan semua yang ingin dikatakan pada presentasi. Rencanakan materi yang akan disampaikan dengan hati-hati.


4Jangan Menyampaikan Sesuatu Hal yang Tidak Penting dan Bermanfaat

3 Persyaratan yang Dapat Dilakukan Agar Mendapatkan Promosi Jabatan

Banyak pembicara sering memasukkan semua hal menarik yang mereka ketahui saat sedang melakukan presentasi.

Melakukan hal ini akan membuat pesan kunci yang akan disampaikan menjadi lemah dan tidak relevan. Jangan biarkan diri Anda menyampaikan sesuatu hal yang tidak penting dan bermanfaat saat sedang melakukan presentasi.


5Menjelaskan Poin dengan Gambar

6 Tips Agar Anda Bisa Memberikan Presentasi Secara Profesional

Saat Anda menampilkan gambar yang bisa menarik perhatian banyak orang, maka Anda bisa meminta para audiens untuk memperhatikan presentasi dengan lebih baik.

Pemahaman atas apa yang sedang disampaikan akan jauh lebih baik dan meningkat, saat Anda menggunakan gambar dalam menjelaskan poin presentasi.


6Berikan Penjelasan dengan Spesifik

4 Trik Mudah agar Anda Rajin Belajar Setiap Hari - Terapkan Aturan 10-20-30 dan Dapatkan Presentasi Mengagumkan

Penjelasan yang terlalu umum akan lebih sulit dipahami oleh para audiens yang mendengarkan Anda. Penting untuk memberikan penjelasan dengan lebih spesifik dan rinci kepada para audiens Anda.

Menerapkan 6 tips di atas memungkinkan Anda untuk bisa memberikan presentasi secara profesional. Nah, teruslah melatih keterampilan berbicara Anda di hadapan banyak orang.

Baca juga: Ingin Pintar Bahasa Inggris: Belajar Otodidak atau Ikut Kursus?

Jika memungkinkan Anda bisa mengikuti sebuah pelatihan atau pendidikan non-formal yang berhubungan dengan topik public speaking atau komunikasi dengan banyak orang. Mengikuti pelatihan memberikan kesempatan kepada Anda untuk menjadi pembicara yang jauh lebih baik dari sebelumnya.

Saat ini telah tersedia solusi pinjaman dana pendidikan yang bisa Anda gunakan, yakni KoinPintar. KoinPintar menawarkan pinjaman dana yang bisa digunakan untuk mengikuti pendidikan formal dan non-formal, termasuk public speaking.

Saat pengajuan pinjaman Anda telah disetujui, maka KoinPintar akan membayarkan biaya pendidikan tersebut secara langsung kepada lembaga pendidikan terkait. Selanjutnya, Anda bisa membayarkan biaya pendidikan tersebut dengan cara mengangsur yang bisa dilakukan sampai dengan 12 bulan ke depan.

Baca juga: 6 Alasan Utama Mengapa Perusahaan Mempekerjakan Anda, Jangan Salah Melangkah!

Cara seperti ini tentu saja jauh lebih ringan daripada harus membayar biaya pendidikan secara langsung di muka. Suku bunga pinjaman yang ditawarkan mulai dari 0,75% per bulan atau sekitar 9% per tahun saja.

Dengan demikian, Anda bisa pelatihan public speaking untuk meningkatkan keterampilan presentasi dan kemampuan berbicara dengan lebih baik dari sebelumnya. Kami yakin, Anda pasti bisa menguasai skill ini jika terus mengasahnya!


Simulasi Pinjaman Dana Pendidikan
Pendidikan Formal
Pendidikan Non-Formal

Download Aplikasi KoinWorks

apple app store iosgoogle play store android app

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.