Terapkan Aturan 10-20-30 dan Dapatkan Presentasi Mengagumkan – Tidak banyak orang yang suka membuat presentasi, karena hal ini akan membutuhkan banyak waktu sampai berjam-jam dengan harapan setiap pesan akan diperhatikan oleh para audiens.

Salah satu ketakutan terbesar adalah bagaimana jika pemirsa merasa bosan, frustasi, bahkan tertidur saat Anda sedang menyampaikan presentasi.

Tidak perlu khawatir dengan hal tersebut, sebab saat ini telah ada metode yang memungkinkan Anda membuat sebuah presentasi yang mampu menarik audiens dan memancing mereka memberikan umpan balik positif saat presentasi disampaikan.

Terapkan Aturan 10-20-30 dan Dapatkan Presentasi Mengagumkan

1Menerapkan Metode Presentasi 10-20-30

3 Persyaratan yang Dapat Dilakukan Agar Mendapatkan Promosi Jabatan

Metode presentasi ini sebenarnya sangat sederhana, dimana presentasi yang Anda lakukan seharusnya tidak lebih dari 10 halaman, waktu menyampaikan materi tidak lebih dari 20 menit, dan ukuran font yang digunakan di atas 30pt pada halaman slide.


2Membuat 10 Halaman Presentasi

6 Tips Agar Anda Bisa Memberikan Presentasi Secara Profesional

Kecenderungan banyak orang termasuk para audiens Anda adalah mereka akan membuang setiap informasi yang dirasa tidak penting dan tidak bermanfaat.

Chris Anderson dari Harvard Business Review menjelaskan bahwa banyak presentasi yang gagal karena menyampaikan terlalu banyak halaman.

Sebagai orang yang akan menyampaikan presentasi kepada banyak orang, maka Anda bisa mencoba untuk fokus pada satu topik tertentu.

Mulai presentasi Anda dengan perkenalan, materi yang mendukung topik dan terfokus sekitar 3 – 4 slide, jangan lupa menambahkan sebuah ilustrasi yang menjadi poin penjelasan Anda, dan tutup presentasi dengan ajakan untuk melakukan suatu hal.


3Presentasi Dilakukan Tidak Lebih dari 20 Menit

6 Tips Agar Anda Bisa Memberikan Presentasi Secara Profesional

Di tahun 1996, Profesor Joan Middendorf dan Alan Kalish dari University of Indiana menghasilkan sebuah makalah yang mempelajari mahasiswa yang hadir berkuliah.

Mereka membuat 2 pertemuan yang menarik, di mana pertemuan yang dilakukan selama 20 menit dan periode kelas selama 50 menit.

Mahasiswa yang masuk kelas selama 20 menit ternyata memiliki konsep dan fakta yang lebih baik daripada mereka yang hadir selama 50 menit.

Oleh karena itu, Anda harus bisa membuat sebuah presentasi tidak lebih dari 20 menit. Jika Anda membuat lebih dari 20 menit, maka tidak akan ada audiens yang fokus mendengarkan.


4Ukuran Font 30pt

ajak teman untuk berlatih tips presentasi

Setiap manusia mampu memberikan respon yang baik terhadap rangsangan visual dan salah satu cara terbaik yang bisa dilakukan adalah dengan menggunakan teks yang besar dan mudah untuk dibaca.

Oleh karena itu, Anda harus memastikan bahwa ukuran font yang digunakan setidaknya 30pt.

Jangan menyajikan banyak teks dalam presentasi yang Anda lakukan, gunakan alat bantu visual seperti grafik, ilustrasi, dan foto yang mendukung topik presentasi Anda.


5Membuat Presentasi yang Lebih Baik

4 Trik Mudah agar Anda Rajin Belajar Setiap Hari (15) - 3 Kesalahan yang Membuat Anda Tidak Mencapai Tujuan Besar

Menggunakan aturan seperti contoh di atas akan memberikan kontrol penuh terhadap materi dan pamirsa yang menghadiri presentasi Anda. Dengan demikian, Anda bisa melibatkan audiens yang masih terjaga dan tertarik dengan materi yang Anda sampaikan.

Selain menerapkan teknik di atas, Anda juga menyempurnaan presentasi yang dilakukan dengan meningkatkan keterampilan komunikasi agar menjadi lebih baik dari sebelumnya.

Cara terbaik yang bisa dilakukan adalah dengan mengikuti pelatihan atau pendidikan yang berhubungan dengan bidang public speaking.

Bagaimana dengan biaya pendidikan yang harus dibayarkan?

Jangan khawatir dengan masalah tersebut, sebab saat ini telah ada solusi pinjaman dana pendidikan yang ditawarkan oleh KoinPintar untuk Anda gunakan.

injaman yang ditawarkan oleh KoinPintar memiliki suku bunga yang sangat rendah yaitu mulai dari 0,75% per bulan atau sekitar 9% per tahun. Suku bunga yang lebih rendah daripada suku bunga yang ditawarkan oleh lembaga keuangan yang lain.

Pinjaman tersebut juga bisa diangsur selama jangka waktu 12 bulan ke depan. Cara seperti ini tentu saja lebih memudahkan daripada harus membayar biaya pendidikan di muka secara langsung.

Semoga memberikan banyak manfaat!

 


Simulasi Pinjaman Dana Pendidikan
Pendidikan Formal
Pendidikan Non-Formal

Tersedia di:  

Mulai perjalanan finansialmu, dengan caramu.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.