5 Kesalahan Saat Belajar yang Dilakukan Banyak Orang – Aktivitas belajar yang efektif akan sangat membantu para siswa untuk mempertahankan informasi yang penting bagi mereka.

Hal yang menjadi permasalahan adalah tidak semua orang bisa melakukan aktivitas belajar yang efektif. Tidak hanya itu saja, mereka juga sering melakukan beberapa kesalahan dalam proses belajar yang akhirnya mengganggu aktivitas untuk menyimpan informasi penting.

Baca Juga: 8 Cara Membuat Diri Menjadi Calon Karyawan Menarik

Berikut ini kami akan menjelaskan kepada Anda tentang 5 kesalahan umum yang sering dilakukan para siswa dalam proses belajar.


5 Kesalahan Saat Belajar yang Dilakukan Banyak Orang

1Mempelajari Semua Hal Dalam 1 Malam

5 Cara Mempelajari Bahasa Baru 10 Kali Lebih Cepat, Tertarik Mencoba?

Belajar hanya 1 malam atau beberapa hari mendekati ujian bukanlah cara belajar yang efektif. Agar memahami dan mengingat pelajaran dengan baik, Anda perlu melakukannya sedikit demi sedikit dalam jangka waktu yang lama.

Baca Juga: Merasa Diri Istimewa adalah Hal yang Berbahaya! Jangan Pernah Berpikir Seperti Ini

Untuk mengatasi masalah di atas, Anda bisa membuat kalender yang merencanakan proses belajar secara berkala. Hal ini tentu saja lebih baik, dibandingkan harus mempelajari semua bidang pelajaran hanya dalam beberapa hari sebelum ujian.


2Belajar Hanya Dengan Membaca dan Menyoroti Teks Bacaan

Kursus Bahasa Inggris - Bagaimana Cara Mengingat Materi Pelajaran dengan Efektif?

Membaca informasi dan pelajaran menjadi tidak efektif, jika Anda tidak mengulangi apa yang sudah dibaca. Anda perlu menggali ingatan dan berjuang untuk mengingat informasi untuk mempelajari bidang dengan lebih efektif.

Baca Juga: 7 Tips yang Bisa Diterapkan Untuk Memilih Universitas Terbaik, Jangan Salah Pilih!

Caranya seperti ini, setelah membaca buku teks atau pelajaran, maka Anda bisa menutup buku dan mengingat teks yang dipelajari dengan bahasa sendiri.

Selanjutnya, Anda bisa menjelaskan apa yang sudah diketahui kepada teman, orang tua, atau siapa pun untuk mengingat materi pelajaran tersebut.


3Belajar Hanya Dengan Membaca dan Menulis

Membaca dan menulis merupakan bagian yang penting dalam proses belajar, namun tidak hanya itu saja yang perlu dilakukan. Sebab, Anda perlu cara yang lain untuk memahami materi pelajaran dan mempertahankan ingatan tentang pelajaran tersebut.

Baca Juga: Ingin Pintar Bahasa Inggris: Belajar Otodidak atau Ikut Kursus?

Anda bisa membuat prediksi pertanyaan yang bisa saja muncul di dalam tes dan berlatih menjawab pertanyaan tersebut. Anda juga bisa mengajarkan kepada orang lain tentang apa yang sedang dipelajari.

Atau bisa juga dengan menerjemahkan apa yang sedang dipejari ke dalam bentuk visual, seperti diagram, infografis, garis waktu, dan lain sebagainya.


4Belajar Keterampilan Atau Mata Pelajaran Sekaligus

Muncul Perasaan Malas Belajar? Ini 5 Kunci yang Bisa Dilakukan Untuk Mengatasinya

Dalam aktivitas belajar, proses pengulangan dan latihan merupakan salah satu tahapan penting yang perlu dilalui agar bisa mendapatkan hasil yang optimal.

Oleh karena itu, dalam proses belajar Anda perlu fokus saat akan mendalami sebuah keterampilan dan memahami materi pelajaran dengan baik. Jangan mengalihkan perhatian dengan hal lain, saat Anda sedang belajar dan mendalami keterampilan tertentu.

Baca Juga: 5 Hal yang Perlu Dipertimbangkan Sebelum Ambil Kursus Bahasa Inggris

Jika Anda sedang mempelajari keterampilan komputer, maka fokuslah untuk memahami dan berlatih keterampilan tersebut dalam waktu tertentu. Jangan mengalihkan perhatian Anda dengan hal lain yang bisa mengganggu proses belajar.

Dimana Anda bisa mempelajari keterampilan komputer?

Lembaga pendidikan non-formal atau kursus menawarkan pelatihan agar Anda bisa menguasai keterampilan komputer dengan baik. Pilihlah salah satu lembaga yang ada dan ikuti proses belajar yang ada di dalamnya.

Tidak perlu khawatir dengan biaya pendidikan non-formal yang bisa memberatkan keuangan keluarga Anda. Saat ini ada pinjaman dana pendidikan yang bisa digunakan untuk membantu Anda membayar biaya pendidikan non-formal tersebut.

Baca Juga: 7 Kebiasaan Belajar yang Membuat Albert Einstein Menjadi Jenius

KoinPintar menjadi solusi alternatif yang sangat membantu masyarakat untuk mendapatkan dana pendidikan non-formal dan formal.

KoinPintar berfokus untuk menawarkan solusi dana pendidikan, bukan untuk memberatkan calon siswa atau orangtua dengan biaya pendidikan yang mahal. Hal inilah yang membuat suku bunga pinjaman dari KoinPintar sangat rendah yaitu mulai dari 0,75% per bulan atau sekitar 9% per tahun.

Cicilan pinjaman tersebut bisa Anda lunasi dan diangsur dalam waktu 12 bulan lamanya. Hal ini tentu saja lebih meringankan daripada harus membayar biaya pendidikan sekaligus di muka.


5Menggunakan Musik Untuk Membantu Konsentrasi

Mau Jadi Pribadi yang Lebih Baik? Ayo Terapkan 6 Kiat Cerdas Berikut Ini

Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa saat Anda mendengarkan musik dalam proses belajar, maka hal ini akan berpengaruh negatif terhadap kemampuan Anda menyimpan informasi.

Apalagi saat Anda mencoba untuk mempelari hal rumit seperti tabel periodik, teks pelajaran yang rumit, dan lain sebagainya.

Baca Juga: 6 Keterampilan Kerja yang Bisa Membantu Anda Menghasilkan Lebih Banyak Uang

Namun, jika Anda mendengarkan musik untuk belajar hal yang ringan dan mengingat kembali catatan, maka musik tidak akan berpengaruh buruk dalam proses menyimpan informasi.

Kami lebih menyarankan Anda unutk menggunakan jenis musik tertentu saat akan belajar dan menyimpan infromasi. Pilihlah musik menenangkan yang tidak memiliki lirik saat akan belajar dan jangan mendengarkan musik yang memiliki banyak lirik di dalamnya.

Demikianlah 5 kesalahan umum yang banyak dilakukan masyarakat dalam proses belajar. Dengan mengubah kebiasaan belajar menjadi lebih baik, maka diharapkan Anda bisa menyimpan informasi dengan lebih baik dan efektif.

Hal yang tidak kalah penting adalah jangan pernah mempermasalahkan biaya, saat akan mengambil pendidikan formal dan non-formal. Sebab, KoinPintar menawarkan solusi untuk membantu masalah biaya yang sedang Anda hadapi.

Semoga berhasil!


Hitung Efek Compounding Investasi Anda

Investasi Awal:
Investasi Bulanan:
Suku Bunga per Tahun (%):
Jangka Waktu (Tahun):



Total Investasi:
Future Value:
Bunga Keuntungan:
Daftar Dapat 150.000

(*) KOIN, Khusus Pendaftar Baru


Download Aplikasi KoinWorks

apple app store iosgoogle play store android app

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.