5 Benda di Dalam Dompet yang Sebenarnya Tidak Perlu Anda Bawa – Baik pria maupun wanita pasti membutuhkan dompet untuk membawa uang dan berbagai hal lain yang penting di dalamnya.

Tidak hanya uang saja yang ada di dalam dompet, tetapi KTP, SIM, STNK, foto, dan Kartu Debit menjadi beberapa hal yang biasanya ada di dalam dompet.

Baca juga: 5 Hal yang Patut Dipertimbangkan Saat Membeli Smartphone Baru, Jangan Sampai Memboroskan Uang!

Meskipun demikian, ternyata ada beberapa hal yang sebaiknya tidak perlu Anda bawa bersama dengan dompet karena ada dampak buruk saat tetap dilakukan.

Berikut ini 5 hal yang tidak perlu dibawa di dalam dompet dan alasan mengapa Anda tidak perlu membawanya.

5 Benda di Dalam Dompet yang Sebenarnya Tidak Perlu Anda Bawa

1. Membawa Cek dan Slip Tagihan

Kesalahan Anak Kos dalam Mengelola Keuangan

Cek dan berbagai slip tagihan pembayaran merupakan benda di dalam dompet yang sebaiknya Anda tinggalkan.

Apa alasannya? Ya, membawa benda-benda ini akan menjadi sangat berbahaya karena berpotensi timbulnya tindak penipuan yang bisa dilakukan.

Baca juga: 5 Tipe Kepribadian Saat Mengelola Keuangan Pribadi, Apa Kepribadian Anda?

Kedua hal tersebut berisi tentang berbagai informasi pribadi seperti nama, alamat, nama bank, nomor akun di bank yang sangat rawan untuk disalahgunakan oleh penipu.


2. Kartu Kredit

Gestun (Gesek Tunai), Metode Pencairan Dana Tunai Kartu Kredit

Membawa banyak kartu kredit saat keluar rumah sangat berpotensi membuat Anda membelanjakan lebih banyak uang secara impulsif dan berlebihan.

Baca juga: Hemat! Ikut 7 Cara Menghemat Pengeluaran Bulanan Ini

Sebaiknya, Anda membawa satu kartu debit atau satu kartu kredit saja saat akan keluar rumah dan berbelanja.

Dengan cara seperti ini Anda tidak akan mudah tergoda menggunakan kartu kredit yang tidak dimiliki dan bisa lebih berhemat saat berbelanja. Yuk, keluarkan benda di dalam dompet yang satu ini sekarang juga.


3. Kartu Membership atau Gift Card Supermarket

super market swalayan kasir - toko swalayan

Tidak bisa dimungkiri bahwa keberadaan gift card dari supermarket membuat Anda tidak perlu mengeluarkan uang tunai saat berbelanja. Saldo yang ada di dalamnya bisa dimanfaatkan untuk berbelanja berbagai barang secara cashless.

Baca Juga: Jangan Boros! Ini Dia 7 Ide Berhemat Saat Kencan

Kemudahan tersebut akan menjadi petaka, saat Anda tidak berencana untuk membelanjakan uang tersebut dan akhirnya membeli berbagai barang yang sebenarnya tidak terlalu diperlukan.

Sangat disarankan untuk menyimpan gift card di rumah, saat akan pergi keluar dan tidak berencana berbelanja.

Baca Juga: 7 Cara Menghemat Biaya Bulan Madu dengan Fasilitas Terbaik

Atau jika Anda ingin berniat menggunakan gift card tersebut, sebaiknya miliki daftar belanjaan yang akan dibeli untuk menghindari membeli barang yang tidak diperlukan.


4. Catatan Kata Sandi atau PIN

Kartu kredit memudahkan transaksi

Catatan kata sandi dan PIN merupakan benda di dalam dompet yang mungkin sering ditemykan. Alangkah baiknya ditinggalkan saja!

Catatan kata sandi dan PIN ini merupakan informasi yang sangat sensitif dan tidak perlu diketahui oleh orang lain, sebab kedua data ini menyangkut akses masuk ke rekening bank Anda yang sangat rawan disalahgunakan oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

Baca Juga: Bagaimana Caranya Membuat Anggaran Untuk Beragam Kebutuhan Keuangan Anda? Begini Tipsnya

Mencatat kata sandi atau PIN dan menyimpannya di dalam dompet merupakan tindakan yang ceroboh dan tidak perlu Anda lakukan.

Belajar mengingat digit PIN dan kata sandi sangat kami sarankan di sini untuk menghindari Anda mencatat hal tersebut dan menyimpannya di dalam dompet.


5. Membawa Uang Tunai Berlebihan

uang - rupiah - 5 Alasan Mengapa Harus Terus Meningkatkan Pengetahuan tentang Uang, Meskipun Anda Telah Kaya Raya

Membawa uang tunai mungkin saja terlihat akan memudahkan Anda untuk melakukan berbagai transaksi saat berada di luar rumah.

Baca Juga: Jaga Kondisi Keuangan, Ini 10 Cara Berhemat Saat Musim Liburan

Namun, tahukah Anda, membawa uang tunai berlebihan memberikan dampak negatif yang bisa Anda rasakan.

Misalnya, memancing orang mencuri dan mengambil dompet yang dimiliki dan risiko selanjutnya adalah sangat besar kemungkinan Anda membelanjakan lebih banyak uang.

Baca Juga: Anak Muda Kok Boros? Ini 10 Cara Menghemat Uang di Usia 20-an

Bagaimana bisa membawa uang berlebihan memancing untuk berbelanja berlebihan?

Manusia memiliki ego dan emosi yang ada di dalam dirinya dan hal ini sangat berkaitan dengan kemampuan mereka mengontrol belanja yang dilakukan.

Orang yang tidak memiliki kontrol diri yang baik akan lebih mudah tergoda membelanjakan lebih banyak uang yang ada di dalam dompet tersebut. Perilaku boros yang tidak disadari inilah yang akhirnya bisa menghancurkan rencana keuangan Anda.

Baca Juga: 8 Tips Hemat Ala Seorang Perencana Keuangan

Jika Anda termasuk orang yang tidak bisa mengontrol emosi saat melihat banyak uang, sebaiknya bawa uang tunai sebesar yang Anda butuhkan setiap minggunya.

Misalnya saja dalam satu minggu Anda membutuhkan uang tunai untuk biaya kebutuhan sekitar Rp300.000, maka ambil uang senilai itu dan jangan lebih. Cara ini efektif untuk membatasi perilaku boros yang dilakukan, saat melihat banyak uang yang ada di dalam dompet.

Baca Juga: 4 Tips Hidup Hemat di Jakarta yang Mungkin Belum Pernah Terbayangkan

Padahal uang yang Anda habiskan untuk berbelanja tersebut bisa diinvestasikan ke instrumen investasi yang bermanfaat untuk masa depan.

Sebagai contoh, Anda memilih untuk berinvestasi di di peer-to-peer lending seperti KoinWorksKoinWorks merupakan instrumen investasi yang bisa dimulai dengan modal Rp100.000.

Meskipun modal untuk memulainya sangat minim, imbal hasil yang bisa didapatkan sangat tinggi yaitu, mampu mencapai bunga efektif 18% dalam setahun.

Baca juga: 7 Tips Bijak Memakai Uang Pribadi Agar Anda Bisa Kaya

Jangan lupa, nilai investasi Anda akan semakin menguntungkan apabila Anda memanfaatkan efek compounding, di mana bunga yang didapat dari kegiatan investasi kembali diinvestasikan untuk menghasilkan bunga lagi (bunga berbunga), terus demikian hingga keuntungannya terus berlipatganda.

Hitung sendiri menggunakan kalkulator efek compounding di bawah ini:


Hitung Efek Compounding Investasi Anda

Investasi Awal:
Investasi Bulanan:
Suku Bunga per Tahun (%):
Jangka Waktu (Tahun):



Total Investasi:
Future Value:
Bunga Keuntungan:
Daftar Dapat 150.000

(*) KOIN, Khusus Pendaftar Baru

Ya, hal ini tentu saja lebih bermanfaat, dibandingkan Anda menghabiskan uang tersebut untuk pemborosan dan melakukan belanja yang tidak diperlukan.

Dengan berinvestasi, Anda pun bisa mencapai berbagai tujuan keuangan, misalnya liburan bersama keluargamembayar DP rumahmembiayai dana pendidikan anakmembeli kendaraan, dan lain sebagainya.

Baca Juga: Wow! Dengan Tidak Melakukan 4 Hal Ini, Anda Bisa Hemat Rp 1 Juta Lebih

Nah, itulah dia 5 benda di dalam dompet yang sebaiknya Anda tinggalkan saja di rumah, mengingat dampak buruk yang bisa saja terjadi.

Semoga dengan tidak membawa benda-benda tersebut, Anda bisa lebih berhemat dan bisa menyisihkan lebih banyak uang untuk ditabung dan diinvestasikan. Sebab, investasi dan menabung merupakan hal yang perlu diprioritaskan untuk mencapai berbagai tujuan keuangan di masa depan.

Semoga menginpirasi!


Hitung Efek Compounding Investasi Anda

Investasi Awal:
Investasi Bulanan:
Suku Bunga per Tahun (%):
Jangka Waktu (Tahun):



Total Investasi:
Future Value:
Bunga Keuntungan:
Daftar Dapat 150.000

(*) KOIN, Khusus Pendaftar Baru


Download Aplikasi KoinWorks

apple app store iosgoogle play store android app

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.