Beli Rumah Atau Sewa Rumah, Apa Pilihan Terbaik Demi Impian Keuangan? – Memiliki sebuah properti khususnya rumah merupakan impian banyak orang, terlebih lagi bagi mereka yang baru menikah.

Namun yang sering menjadi dilema saat akan memiliki rumah sendiri adalah pembayaran uang muka dan cicilan per bulan yang harus dipertimbangkan.

Baca Juga: Mobil vs Rumah vs Investasi P2P Lending, Pilih yang Mana?

Oleh karena itulah, banyak dari mereka beralih untuk menyewa rumah sebelum akhirnya membeli rumah sendiri.

Sebelum memutuskan untuk membeli atau menyewa rumah, sebaiknya Anda menyimak berbagai pro dan kontra antara beli dan sewa rumah yang akan kami jelaskan di bawah ini.

Berikut ini penjelasannya lebih lanjut.

Perbandingan: Beli Rumah vs Sewa Rumah

beli rumah vs sewa rumah

I. Beli Rumah

rumah - gadai rumah - investasi properti

6 Keuntungan yang Akan Didapatkan Saat Membeli Rumah Sendiri

  1. Saat Anda memiliki rumah sendiri, maka properti tersebut berpotensi menawarkan pertumbuhan jangka panjang di masa depan. Secara sederhana nilai properti tersebut akan meningkat dan pada akhirnya akan meningkatkan jumlah kekayaan Anda.
  2. Keuntungan yang selanjutnya adalah adanya potensi mendapatkan keuntungan dari penjualan rumah. Dikarenakan nilai rumah senantiasa meningkat dari waktu ke waktu, maka potensi keuntungan saat Anda menjualnya di masa depan juga akan meningkat.
  3. Sebagai orang yang membeli rumah, maka properti tersebut secara hukum merupakan milik Anda. Dengan demikian, Anda memiliki kebebasan untuk melakukan apa saja terhadap rumah tersebut termasuk merenovasi dan mengubah tampilannya sesuai dengan keinginan.
  4. Anda juga memiliki hak untuk menyewakan rumah tersebut kepada orang lain, jika Anda menginginkannya. Artinya ada potensi untuk mendapatkan pendapatan sewa melalui kepemilikan rumah tersebut.
  5. Saat Anda membeli rumah dengan cara kredit dan dibayar tepat waktu secara berkala. Hal ini akan meningkatkan profil kredit yang dimiliki, sehingga tingkat kepercayaan perbankan kepada Anda semakin meningkat.
  6. Keuntungan yang terakhir adalah adanya potensi keuntungan dalam jangka panjang karena Anda tidak perlu mengeluarkan uang sewa terus menerus.

3 Kekurangan Saat Membeli Rumah

Meskipun ada banyak sekali keuntungan yang didapatkan saat memiliki rumah sendiri, Anda tetap harus mempertimbangkan 4 kekurangan yang akan didapatkan saat membeli rumah.

Apa saja kekurangannya?

  1. Rumah termasuk properti yang harus dirawat dan tidak bisa dibiarkan terbengkalai tak terurus. Ada biaya yang harus dikeluarkan saat merawat rumah dan nilainya tidak sedikit. Perawatan rumah yang biasanya dilakukan antara lain, melakukan pengecatan rumah saat cat mulai kusam, memperbaiki genteng yang bocor, dan lain sebagainya.
  2. Rumah yang Anda miliki juga sangat rentan mendapatkan bencana yang tidak diharapkan, seperti kebakaran dan tanah longsor. Untuk mengalihkan resiko bencana ini diperlukan biaya untuk membayar asuransi secara berkala.
  3. Meskipun rumah termasuk properti yang memiliki nilai yang terus meningkat dari waktu ke waktu. Rumah bisa saja tidak menghasilkan keuntungan seperti yang diharapkan saat akan dijual kembali. Hal seperti ini bisa terjadi saat lokasi rumah tersebut kurang strategis dan tidak disukai oleh para pembeli.

Setelah mempertimbangkan keuntungan dan kerugian yang didapatkan saat membeli rumah. Selanjutnya, mari kita simak apa saja keuntungan dan kerugian yang akan didapatkan saat menyewa rumah.


II. Sewa Rumah, Apakah Perlu?

rumah - jaminan rumah - perbedaan aset dan likuiditas

4 Keuntungan Menyewa Rumah yang Akan Dirasakan

  1. Jika Anda memiliki pekerjaan yang berpindah-pindah tempat dan sangat jarang tinggal di suatu tempat dalam jangka waktu yang lama, maka menyewa rumah untuk tempat tinggal bisa menjadi pilihan terbaik.
    Sewa rumah tidak membutuhkan komitmen jangka panjang dan memungkinkan Anda berpindah tempat tinggal dalam waktu singkat.
  2. Sewa rumah juga memberikan keuntungan bagi Anda yang tidak mampu membeli rumah di lokasi yang strategis.
  3. Sebagai penyewa rumah, Anda juga tidak dibebani dengan perawatan properti yang ditinggali. Semua jenis perawatan merupakan tinggung jawab pemilik rumah, bukan Anda sebagai penyewa.
  4. Dikarenakan biaya sewa per bulan biasanya lebih rendah dari biaya cicilan rumah, artinya Anda memiliki uang lebih untuk digunakan berinvestasi di tempat lain.
    Tidak perlu mengeluarkan banyak uang, sebab hanya dengan bermodalkan uang
    Rp 100.000 saja, Anda sudah bisa berinvestasi di KoinWorks.

Hal yang menjadi nilai tambah selanjutnya adalah KoinWorks menawarkan imbal hasil tahunan yang sangat tinggi dan mampu mengalahkan laju inflasi.

Artinya uang yang Anda investasikan akan terus bertambah dari hari ke hari dan hal ini tentunya lebih baik dibandingkan Anda menabung uang  di bank.


4 Kekurangan Saat Menyewa Rumah

Selain ada keuntungan, perhatikan juga beberapa kekurangan yang perlu Anda pertimbangkan saat akan menyewa rumah.

  1. Kekurangan yang pertama adalah sebagai penyewa rumah, Anda diharuskan untuk mengikuti aturan perjanjian sewa yang disyaratkan oleh pemilik rumah.
    Hal ini tentu akan sangat mempengaruhi kebebasan Anda sebagai penyewa rumah.
  2. Kerugian yang selanjutnya adalah Anda tidak bisa mengubah rumah atau properti yang disewa tanpa persetujuan pemilik.
    Jika Anda tetap nekat melakukannya, maka resikonya Anda bisa saja tidak diperbolehkan lagi menyewa disana.
  3. Sewa rumah yang Anda bayarkan akan sangat berpengaruh terhadap tingkat inflasi yang terjadi setiap tahunnya.
    Artinya biaya sewa yang harus Anda bayarkan bisa saja meningkat seiring dengan waktu dan hal ini tidak bisa dihindari.
  4. Kerugian yang selanjutnya adalah sebagai penyewa rumah, Anda tidak dijamin masa sewa akan diperpanjang oleh pemilik rumah.
    Saat pemiliki ingin menjual rumah tersebut, maka mau tidak mau Anda harus keluar dan mencari tempat tinggal yang baru.

Itulah beberapa keuntungan dan kerugian yang akan didapatkan saat Anda membeli dan menyewa rumah. Pertimbangkan dengan matang beberapa hal yang kami sampaikan di atas sebelum memutuskan untuk membeli atau menyewa rumah.

Semoga informasi di atas memberikan manfaat untuk Anda!


Agar kami dapat memahami kebutuhan informasi Anda dengan baik dan menyediakan konten yang berkualitas serta informatif kepada setiap pembaca, mohon luangkan waktu untuk mengisi survey singkat di halaman berikut.




Punya pertanyaan seputar KoinWorks?

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.