Home » Blog » Gaya Hidup » 3 Langkah Belajar Demi Mendapatkan Hasil 100%, Semangat!

3 Langkah Belajar Demi Mendapatkan Hasil 100%, Semangat!

4 Trik Mudah agar Anda Rajin Belajar Setiap Hari - 5 Langkah Melatih Diri demi Belajar Lebih Efektif - 5 Cara Cerdas Lebih Mudah Memahami Pelajaran

Jangan Belajar Agar Bisa Mendapatkan Hasil 100%, Ini Cara yang Sebaiknya Anda Lakukan – Mungkin saja, Anda termasuk orang yang perfeksionis dan selalu mengharapkan nilai yang optimal dalam setiap hasil ujian.

Sebagian besar teman Anda merasa puas dengan nilai 80, tetapi Anda baru benar-benar bahagia jika mendapatkan nilai 100.

Memang sangat memungkinkan untuk mendapatkan nilai 100 dalam pelajaran di sekolah. Namun, hal ini bisa membatasi diri Anda di kemudian hari.

Hal yang perlu Anda ketahui adalah agar tetap terlibat secara optimal dalam proses pembelajaran, maka Anda harus mendorong diri sendiri melampaui apa yang sudah dikuasai.

Jika hal ini tidak dilakukan, maka Anda akan merasa bosan dan akhirnya akan kehilangan keunggulan.

Tetapkan 80% Sebagai Bentuk Pembelajaran Optimal

Agar bisa mengoptimalkan potensi belajar, maka Anda harus mengarahkan tingkat keberhasilan menjadi 80% selama proses belajar.

Anda yang terbiasa dengan prestasi dan keunggulan dalam belajar pasti akan merasa tidak nyaman saat melakukan metode seperti ini.

Tingkat keberhasilan sebesar 80% terkadang memiliki arti bahwa Anda tidak berhasil pada apa yang sedang dilakukan.  

Hal yang penting untuk diingat adalah bukan nilai yang Anda kejar dalam proses pembelajaran seperti ini.

Hal yang penting untuk dilakukan adalah setelah Anda mencapai tujuan yang ditetapkan dan telah mempelajari apa yang telah Anda pelajari, maka Anda harus menaikkan standar.

Cara seperti ini akan membuat Anda tetap terlibat dalam proses pembelajaran dan terus meningkatkan keterampilan yang dimiliki.

Lakukan secara konsisten dan membidik tingkat keberhasilan di kisaran 80% akan memastikan Anda untuk terus tumbuh dan berkembang.

3 Langkah Belajar Demi Mendapatkan Hasil 100%, Semangat!

Mulai Menuliskan Apa yang Ingin Dipelajari Setiap Minggunya

4 Trik Mudah agar Anda Rajin Belajar Setiap Hari

Dengan cara seperti ini akan membuat Anda fokus dan menjaga informasi tetap segar dalam pikiran Anda.

Saat ada hal-hal lain yang muncul di dalam pikiran, maka Anda bisa tetap fokus pada tujuan spesifik.

Baca juga: Gugup Saat Akan Presentasi? Ini 5 Tips Presentasi untuk Menenangkan Diri saat Tampil di Depan Umum

Hal yang perlu diingat adalah buat sasaran yang akan membuat Anda mencapai tingkat keberhasilan sebesar 80%.


Lacak Bagaimana Anda Menghabiskan Waktu

4 Trik Mudah agar Anda Rajin Belajar Setiap Hari (14) - 5 Cara Produktif dalam Mengoptimalkan 24 Jam Sehari! - Ternyata, 5 Kebiasaan yang Membuat Bahagia Sangat Mudah Dilakukan

Sebelum memulai untuk melakukan aktivitas baru, luangkan waktu untuk menuliskan bagaimana Anda menghabiskan waktu saat ini.

Anda mungkin saja memiliki jadwal yang sibuk dan membutuhkan penyesuaian untuk setiap aktivitas baru yang akan dilakukan.

Tentukan apa yang penting dalam jadwal tersebut dan aktivitas apa yang akan diganti dengan aktitas yang baru.

Baca juga: Gunakan 3 Strategi Ini untuk Menentukan Tujuan Hidup Anda

Hal yang penting untuk diingat adalah jangan terlalu membebani jadwal aktivitas harian Anda. Jangan menambahkan aktivitas lagi, jika Anda sudah bekerja dengan kapasitas yang penuh.

Anda bisa mengganti aktivitas yang kurang penting dengan apa yang ingin dipelajari.


Lakukan Penyesuaian Berdasarkan Tingkat Keberhasilan Belajar

4 Trik Mudah agar Anda Rajin Belajar Setiap Hari (19) - 4 Cara Menjalin Pertemanan dan Menambah Koneksi - Mumpung Masih Muda, Ini 5 Cara Bijak Memanfaatkan Waktu

Langkah terakhir yang bisa Anda lakukan adalah mulai menyesuaikan kesuksesan setiap minggu. Jika Anda mampu menguasai lebih dari 80% dari apa yang telah direncanakan, maka pertimbangkan untuk meningkatkan kesulitannya.

Baca juga: 5 Langkah Untuk Mengubah Hidup Menjadi Bahagia

Di sisi yang lain, jika Anda tidak mampu mencapai tingkat keberhasilan 80%, maka turunkan proses pembelajaran agar menjadi kurang menantang. Pola pembelajaran seperti ini akan membuat Anda tetap terlibat secara optimal dan konsisten.

Hal yang perlu dipahami disini adalah Anda tidak perlu khwatir dengan angka pasti dari proses pembelajaran.

Bagian yang penting dari metode ini adalah membuat diri Anda tetap bersemangat dalam menghadapi tantangan yang belum dikuasai.

Metode pembelajaran seperti ini bisa Anda terapkan dalam proses pendidikan formal atau pendidikan non-formal yang Anda ikuti.

Baca juga: Mengatakan ‘Tidak’ Untuk 6 Hal Ini Maka Hidup dan Bisnis Anda Akan Menjadi Lebih Baik

Hanya saja, jangan sampai ada kendala lain yang bisa menghambat proses belajar Anda. Salah satu kendala yang banyak ditemui adalah biaya pendidikan yang mahal dan tidak bisa dipenuhi oleh semua orang.

Lalu, apa yang harus dilakukan saat hal di atas terjadi?

Andalkan saja KoinPintar! Ini merupakan alternatif pembayaran biaya pendidikan, baik itu pendidikan formal maupun non-formal.

Dengan KoinPintar, kamu bisa mencicil biaya pendidikan kamu dengan suku bunga rendah mulai dari 0,75% per bulan. Tingkat suku bunga yang lebih rendah daripada suku bunga yang ditawarkan oleh lembaga keuangan yang lain.

Hal yang tidak kalah penting adalah pinjaman tersebut bisa Anda cicil sampai dengan 12 bulan ke depan. Cara seperti ini tentu saja jauh lebih ringan daripada harus membayar biaya pendidikan secara langsung di muka.

Tertarik untuk mengembangkan diri dengan memanfaatkan alternatif pembiayaan pendidikan dari KoinPintar?

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​

Waah, dapet modal awal 475 ribu pas daftar :), kode promo BUTUHUANG