Kalau Milenial Punya Gaji 20 Juta, Mau Dipakai untuk Apa?

belajar hal yang disukai di perguruan tinggi - Mau Jadi Pribadi yang Lebih Baik? Ayo Terapkan 6 Kiat Cerdas Berikut Ini - Tidak Minat Membaca Buku yang Bermanfaat? Ini 3 Solusinya - 3 Rutinitas Bermanfaat yang Perlu Anda Lakukan di Sela Jam Bekerja - kemampuan kerja

Kalau Milenial Punya Gaji Rp20 Juta, Mau Dipakai untuk Apa? – Belakangan, media sosial Twitter diramaikan oleh cuitan tentang gaji pertama yang diterima oleh generasi milenial ketika pertama kali bekerja penuh waktu.

Tak disangka, cuitan tersebut mendulang banyak komentar dari netizen. Ada yang bercerita bahwa ia mendapatkan gaji pertama sebesar Rp3,7 juta pada tahun 2015 lalu. Netizen lain mengatakan ada yang mendapatkan gaji Rp8 juta.

Bahkan, ada pula yang berpendapat bahwa jumlah gaji ideal yang mesti dimiliki generasi milenial adalah sekitar Rp20 jutaan. Setidaknya, itu adalah standard hidup enak dan nyaman di Jakarta. Nah, kalau menurut Anda, apakah gaji Rp20 juta dapat dikategorikan sebagai jumlah yang ideal?

Kami bertanya kepada beberapa anak muda di Jakarta terkait nominal tersebut. Kira-kira, apabila mereka memiliki pendapatan sebesar tersebut, akan dialokasikan untuk apa, ya?

Kalau Milenial Punya Gaji 20 Juta, Mau Dipakai untuk Apa?

Biaya Liburan

liburan sendiri pasar jalan

Salah satu tujuan keuangan yang sering dimiliki anak muda adalah liburan. Nah, apabila Ryan Abimanyu (26), seorang karyawan swasta di Jakarta memiliki gaji Rp20 juta, selain untuk diinvestasikan, ia akan mengalokasikannya untuk biaya liburan.

Baca juga: 4 Tips Hidup Hemat di Jakarta yang Mungkin Belum Pernah Terbayangkan

“Karena buat self reward aja. Gue suka explore culture baru buat self enrichment, buat reset pikiran sebentar, juga buat work life balance. Kerja untuk hidup, jadi harus ada waktu untuk ‘hidup’,” ujarnya.


Biaya Kesehatan

Rasakan 8 Manfaat Bersepeda Ini untuk Anda yang Ingin Berhemat

Bagi Twadhika (25), ia akan mengalokasikan Rp20 juta tersebut ke tiga pos berbeda, yakni biaya kesehatan, biaya untuk membuka bisnis sendiri, dan biaya keperluan pribadi yang sifatnya long-term.

Untuk biaya kesehatan sendiri, ia membaginya menjadi 3 layer utama. Layer A berisi asupan kesehatan sehari-hari, seperti suplemen, multivitamin, dan susu protein.

Layer B mencakup perawatan minor seperti pijat sport. Selanjutnya, layer C lebih kepada backup plan apabila asuransi kesehatan yang dimilikinya tidak meng-cover kesehatan secara penuh.


Mencicil rumah

6 Tanda Anda Belum Seharusnya Memiliki Rumah Baru, Jangan Dipaksakan - membeli rumah untuk investasi

Rumah menjadi salah satu aset penting yang saat ini sedang dikejar oleh para generasi milenial. Hal itu pulalah yang nyatanya menjadi target Clara Alverina (26), jika ia memiliki gaji sebesar Rp20 juta.

“Karena 20 juta buat anak milenial udah termasuk gede, apalagi buat mereka yang gaya hidupnya sederhana. Daripada nganggur duitnya, bisa cicil rumah. Paling sebulan 6 juta. Sisanya investasi emas batangan atau deposito biat nggak nganggur duitnya,” ucapnya.


Dana Pensiun dan Dana Darurat

Dana Pensiun

Selanjutnya, giliran Patric Batubara (25) yang mengungkapkan pendapatnya. Sebagai milenial, apabila ia mendapatkan penghasilan Rp20 juta, ia akan membaginya ke berbagai pos penting. Namun, yang paling utama adalah ia akan mengalokasikan 50% pendapatannya untuk Dana Darurat dan Dana Pensiun.

“Gue merasa mempersiapkan masa depan itu perlu dimulai sedini mungkin. Kalau perlu saat kita mendapatkan penghasilan pertama kita. Dua pos yang enggak wajib diprioritasin menurut gue adalah Dana Darurat dan Dana Pensiun,” katanya.


Ditabung atau diinvestasikan

hemat uang

Apabila mendapatkan penghasilan Rp20 juta setiap bulannya, Ridacia Sananta (24) mengungkapkan, ia akan mengalokasikan sebagian pendapatannya untuk ditabung atau diinvestasikan.

“Sebagian lagi pasti gue pakai untuk  beli sesuatu, seperti makanan. Kalau gue paling boros di makanan,” katanya.

Nah, bagaimana dengan Anda? Kalau punya gaji Rp20 juta, apakah Anda juga akan mengalokasikannya untuk 5 hal di atas? Silakan tulis di kolom komentar, ya!

Dapatkan berbagai informasi seputar Gaya Hidup lainnya hanya di KoinWorks.

Tentang Penulis
Kalkulator finansial untuk hitung kebutuhan kamu

Hitung semua keperluan finansial kamu cukup di satu tempat

Punya uang Rp.100 Ribu? Mulai pendanaan sekarang dan dapatkan keuntungan hingga 14,5%.