Kalau Milenial Punya Gaji Rp20 Juta, Mau Dipakai untuk Apa? – Belakangan, media sosial Twitter diramaikan oleh cuitan tentang gaji pertama yang diterima oleh generasi milenial ketika pertama kali bekerja penuh waktu.

Tak disangka, cuitan tersebut mendulang banyak komentar dari netizen. Ada yang bercerita bahwa ia mendapatkan gaji pertama sebesar Rp3,7 juta pada tahun 2015 lalu. Netizen lain mengatakan ada yang mendapatkan gaji Rp8 juta.

Bahkan, ada pula yang berpendapat bahwa jumlah gaji ideal yang mesti dimiliki generasi milenial adalah sekitar Rp20 jutaan. Setidaknya, itu adalah standard hidup enak dan nyaman di Jakarta. Nah, kalau menurut Anda, apakah gaji Rp20 juta dapat dikategorikan sebagai jumlah yang ideal?

Kami bertanya kepada beberapa anak muda di Jakarta terkait nominal tersebut. Kira-kira, apabila mereka memiliki pendapatan sebesar tersebut, akan dialokasikan untuk apa, ya?

Kalau Milenial Punya Gaji 20 Juta, Mau Dipakai untuk Apa?

1Biaya Liburan

liburan sendiri pasar jalan

Salah satu tujuan keuangan yang sering dimiliki anak muda adalah liburan. Nah, apabila Ryan Abimanyu (26), seorang karyawan swasta di Jakarta memiliki gaji Rp20 juta, selain untuk diinvestasikan, ia akan mengalokasikannya untuk biaya liburan.

Baca juga: 4 Tips Hidup Hemat di Jakarta yang Mungkin Belum Pernah Terbayangkan

“Karena buat self reward aja. Gue suka explore culture baru buat self enrichment, buat reset pikiran sebentar, juga buat work life balance. Kerja untuk hidup, jadi harus ada waktu untuk ‘hidup’,” ujarnya.


2Biaya Kesehatan

Rasakan 8 Manfaat Bersepeda Ini untuk Anda yang Ingin Berhemat

Bagi Twadhika (25), ia akan mengalokasikan Rp20 juta tersebut ke tiga pos berbeda, yakni biaya kesehatan, biaya untuk membuka bisnis sendiri, dan biaya keperluan pribadi yang sifatnya long-term.

Untuk biaya kesehatan sendiri, ia membaginya menjadi 3 layer utama. Layer A berisi asupan kesehatan sehari-hari, seperti suplemen, multivitamin, dan susu protein.

Layer B mencakup perawatan minor seperti pijatΒ sport. Selanjutnya, layer C lebih kepada backup plan apabila asuransi kesehatan yang dimilikinya tidak meng-cover kesehatan secara penuh.


3Mencicil rumah

rumah-nabung-budget-dana-biaya

Rumah menjadi salah satu aset penting yang saat ini sedang dikejar oleh para generasi milenial. Hal itu pulalah yang nyatanya menjadi target Clara Alverina (26), jika ia memiliki gaji sebesar Rp20 juta.

“Karena 20 juta buat anak milenial udah termasuk gede, apalagi buat mereka yang gaya hidupnya sederhana. Daripada nganggur duitnya, bisa cicil rumah. Paling sebulan 6 juta. Sisanya investasi emas batangan atau deposito biat nggak nganggur duitnya,” ucapnya.


4Dana Pensiun dan Dana Darurat

Dana Pensiun

Selanjutnya, giliran Patric Batubara (25) yang mengungkapkan pendapatnya. Sebagai milenial, apabila ia mendapatkan penghasilan Rp20 juta, ia akan membaginya ke berbagai pos penting. Namun, yang paling utama adalah ia akan mengalokasikan 50% pendapatannya untuk Dana Darurat dan Dana Pensiun.

“Gue merasa mempersiapkan masa depan itu perlu dimulai sedini mungkin. Kalau perlu saat kita mendapatkan penghasilan pertama kita. Dua pos yang enggak wajib diprioritasin menurut gue adalah Dana Darurat dan Dana Pensiun,” katanya.


5Ditabung atau diinvestasikan

hemat uang - 7 Nasihat Keuangan Warren Buffet yang Bikin Anda Jago Mengatur Uang! - 5 Cara Mengatur Penghasilan Agar Terhindar Dari Gaji ’15 Koma’ - Buat Masa Tua Seindah Senyuman di #AgeChallenge dengan 5 Tips Keuangan Ini!-2

Apabila mendapatkan penghasilan Rp20 juta setiap bulannya, Ridacia Sananta (24) mengungkapkan, ia akan mengalokasikan sebagian pendapatannya untuk ditabung atau diinvestasikan.

“Sebagian lagi pasti gue pakai untukΒ  beli sesuatu, seperti makanan. Kalau gue paling boros di makanan,” katanya.

Nah, bagaimana dengan Anda? Kalau punya gaji Rp20 juta, apakah Anda juga akan mengalokasikannya untuk 5 hal di atas? Silakan tulis di kolom komentar, ya!


Hitung Efek Compounding Investasi Anda

Investasi Awal:
Investasi Bulanan:
Suku Bunga per Tahun (%):
Jangka Waktu (Tahun):



Total Investasi:
Future Value:
Bunga Keuntungan:
Daftar Dapat 150.000

(*) KOIN, Khusus Pendaftar Baru


Download Aplikasi KoinWorks

apple app store iosgoogle play store android app

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.