8 hal yang harus dilakukan di usia 20-an untuk menjadi jutawan pada usia 30-an – Dalam masa ekonomi pasar bebas, siapapun bisa menghasilkan uang sebanyak yang mereka inginkan.

Tidak pernah terlalu dini untuk memulai, karena pada kenyataannya banyak sekali anak muda yang berada di puncak kariernya saat usia muda.

Untuk membantu Anda menjadi seorang jutawan pada usia 30, berikut adalah sembilan kesimpulan dari para jutawan muda mengenai hal yang harus Anda lakukan saat usia 20-an:

8 hal yang harus dilakukan di usia 20-an untuk menjadi jutawan pada usia 30-an

1. Fokus Pada Penghasilan

rahasia keuangan orang terkaya - sumber penghasilan tambahan

Menghasilkan lebih banyak uang seringkali lebih mudah diucapkan daripada dilakukan, namun hanya beberapa orang yang sungguh melakukannya.

Baca Juga: Gaji di Kantor Tidak Cukup? Pelajari 5 Tips Mendapatkan Penghasilan Tambahan

Bacalah beberapa artikel seperti 50 cara yang dapat dilakukan untuk menghasilkan pendapatan tambahan, beberapa pekerjaan dengan bayaran tinggi yang dapat Anda lakukan, bagaimana Anda bisa memperoleh penghasilan pasif, dan langkah pertama yang harus diambil sebelum memulai bisnis apa pun.

Baca topik di atas secara mendalam, dan praktikan itu di dalam hidup Anda. Percayalah bahwa dunia memiliki kesempatan yang begitu besar bagi orang-orang yang ingin memperjuangkannya dengan sungguh. Saat usia 20-an fokuskan perhatian Anda untuk menghasilkan lebih banyak setiap tahunnya.


2. Mengembangkan Beberapa Aliran Pendapatan

menjadi jutawan - sumber penghasilan

Salah satu cara untuk mendapatkan penghasilan lebih banyak adalah dengan meningkatkan arus pendapatan Anda.

Baca Juga: Memutuskan Untuk Resign? Lakukan Ini Agar Tetap Mendapatkan Penghasilan

Dalam penelitiannya selama lima tahun, Thomas C. Corley seorang jutawan menemukan bahwa banyak dari mereka mengembangkan beberapa aliran pendapatan: 65% memiliki tiga aliran, 45% memiliki empat aliran, dan 29% memiliki lima atau lebih arus.

Aliran tambahan ini mencakup penyewaan properti, investasi pasar saham, dan kepemilikan sebagian akan bisnis sampingan.

Semakin banyak arus pendapatan yang dapat Anda ciptakan dalam hidup, semakin aman fondasi keuangan Anda.


3. Jangan Pernah Pamer

pamer

Tahukah Anda bahwa seorang milyarder kaya raya seperti Mark Zuckenberg jarang sekali berbelanja untuk keperluan pribadi, khususnya dalam urusan fashion?

Baca Juga: Cara Mengelola Uang Anda Mirip Superhero yang Mana? Yuk, Cari Tahu!

Bagaimana dengan Anda? Apakah Anda selalu membeli pakaian model terbaru saat tren mulai berganti?

Semakin pandai dalam menghemat uang, maka semakin banyak uang yang bisa dialokasikan untuk dialirkan ke beberapa arus pendapatan yang ada.

Semakin banyak arus pendapatan yang ada, semakin kuat pula arus fondasi Anda bagi masa depan. Hindari membeli barang-barang yang bukan menjadi kebutuhan mendesak.


4. Ubah Pola Pikir Anda Tentang Uang

bertanya - berpikir

Menjadi kaya dimulai dengan bagaimana cara Anda berpikir dan apa yang Anda yakini. Sementara kebanyakan orang selalu berpikir bahwa untuk mendapatkan uang adalah dengan bekerja, orang-orang kaya selalu meyakini bahwa mereka dapat menciptakan pendapatan pasif dengan beberapa cara mudah.

Baca Juga: 7 Cara yang Dapat Membuat Kaum Milenial Menjadi Jutawan dalam 5 Tahun

Ubah pola pikir Anda, belajarlah dari para orang-orang kaya yang ada. Cobalah belajar melalui buku, seminar, atau bahkan melalui jalinan relasi dengan mereka agar Anda dapat mengerti sudut pandangnya.


5. Berinvestasi Dalam Diri Anda

7 Pertanyaan yang Harus Dijawab Sebelum Mengajukan Pinjaman Modal Usaha

“Investasi paling aman yang pernah saya buat ada di masa depan saya,” tulis Tucker Hughes, yang menjadi jutawan di usia 22 tahun.

Baca Juga: 7 Investasi Terhadap Diri Sendiri yang Bisa Dilakukan

Baca sebuah buku setidaknya 30 menit sehari, dengarkan podcast yang relevan saat mengemudi dan carilah mentor yang dapat membimbing Anda.

Ingatlah bahwa Anda bukan hanya perlu menjadi master di bidang Anda, namun harus menjadi jenius berpengetahuan luas yang mampu membicarakan topik apa saja entah itu finansial, politik atau olahraga.

Konsumsilah pengetahuan seperti udara yang terus dihirup dan berusahalah untuk belajar akan banyak hal. Banyak orang sukses dan kaya zaman modern yang adalah seorang pembaca.

Contohnya, Warren Buffett yang memperkirakan bahwa 80% hari kerjanya didedikasikan untuk membaca.


6. Tetapkan Tujuan dan Visualisasikan Pencapaiannya

investasi terhadap diri sendiri - self development

Jika Anda ingin menghasilkan lebih banyak uang, Anda harus memiliki tujuan yang jelas dan kemudian rencana spesifik untuk bagaimana mencapai tujuan itu. Uang tidak akan muncul begitu saja – Anda harus mengerjakannya.

Baca Juga: 10 Hal yang Harus Anda Lakukan Sekarang Juga Jika Tidak Ingin Menyesal Di Masa Depan

Orang kaya memilih untuk berkomitmen dalam mencapai kekayaan. Dibutuhkan fokus, keberanian, pengetahuan, dan banyak usaha.

Menurut seorang jutawan muda, T. Harv Eker; ”Alasan nomor satu kebanyakan orang tidak mendapatkan apa yang mereka inginkan adalah karena mereka tidak tahu apa yang mereka inginkan.”


7. Mulai Bergaul dengan Orang yang Anda Kagumi

generasi millennial

Andrew Carnegie, yang memulai tanpa apa-apa sebelum menjadi orang terkaya di AS, memandang semua kekayaannya pada satu prinsip: Master Mind.

Baca Juga: Pelajari 4 Cara Barrack Obama Menciptakan Koneksi

Idenya adalah untuk mengelilingi diri Anda dengan orang-orang berbakat yang memiliki satu visi dengan Anda, karena pelurusan beberapa pikiran cerdas dan kreatif secara banyak lebih kuat daripada hanya satu.

Ditambah lagi, kita akan menjadi seperti orang-orang terdekat kita. Itulah sebabnya orang kaya cenderung bergaul dengan orang lain yang kaya.

Berteman dengan orang-orang yang lebih sukses daripada Anda berpotensi memperbesar pemikiran dan memperbesar penghasilan Anda.

Pada kenyataannya, jutawan memiliki pemikiran berbeda dari kelas menengah tentang uang, maka akan banyak yang bisa Anda dapatkan dengan kehadiran mereka.


8. Simpan Untuk Berinvestasi, Jangan Simpan Untuk Menyimpan

Sering Bingung Apa Bedanya Revenue dan Income Berikut Penjelasannya - manfaat investasi

Satu-satunya alasan untuk menghemat uang adalah untuk menginvestasikannya. Masukkan uang tabungan Anda ke akun yang aman.

Baca Juga: 6 Jenis Investasi Terpercaya yang Bisa Membuat Anda Menjadi Milyarder!

Jangan pernah menggunakan akun ini untuk apa pun, bahkan keadaan darurat. Cara ini akan memaksa Anda untuk terus mengikuti langkah pertama (meningkatkan pendapatan).

Berinvestasi tidak serumit atau menakutkan saat kita mewujudkannya. Titik awal yang paling mudah untuk dilakukan adalah investasi melalui peer to peer lending.

Melalui investasi jenis ini, Anda tidak perlu memulai dengan nominal uang yang terlalu besar.

Anda dapat berinvestasi dengan nominal yang terbilang cukup kecil, yaitu hanya dengan Rp 100 ribu, untuk memiliki pendapatan pasif dengan bunga efektif mulai dari 18% per tahun.

Baca Juga: Cara Kerja KoinWorks dalam Hal Investasi Fintech Lending

Pastinya ini akan lebih menguntungkan dibandingkan dengan sekedar menabung uang di bank. Di samping itu, Anda juga bisa menikmati efek compounding yang menekankan pada konsep bunga berbunga.

Tanpa disadari, uang Anda akan berkembang dengan cepat dan sangat menguntungkan. Sudah siap menjadi jutawan pada usia 30-an?

Yuk mulai investasi melalui peer to peer lending di KoinWorks!


Agar kami dapat memahami kebutuhan informasi Anda dengan baik dan menyediakan konten yang berkualitas serta informatif kepada setiap pembaca, mohon luangkan waktu untuk mengisi survey singkat di halaman berikut.




Punya pertanyaan seputar KoinWorks?

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.