Memutuskan Untuk Resign? Lakukan Ini Agar Tetap Mendapatkan Penghasilan

tips-ampuh-negosiasi-gaji-mengancam-resign-pindah-kerja

Memutuskan Untuk Resign? Berikut 5 Sumber Penghasilan Setelah Memutuskan untuk Resign – Ada banyak sekali dinamika yang terjadi dalam dunia kerja.

Ada kalanya kita senang dengan pekerjaan hingga akhirnya jenuh, ada kalanya kita nyaman dengan lingkungan kerja hingga terjadi gesekan yang sebenarnya lumrah terjadi.

Baca Juga: 8 Hal yang Wajib kamu Lakukan Agar Dapat Mempelajari Hal Baru Setiap Harinya

Meski sekarang sumber penghasilan bisa dari mana saja, jangan heran bila bekerja sebagai karyawan di suatu perusahaan masih menjadi sumber penghasilan utama yang mayoritas orang masih bergantung padanya.

Gaji yang tidak mencukupi, pekerjaan yang terlalu banyak, rasa jenuh, gesekan dengan rekan kerja, atau jabatan yang tak kunjung naik meski sudah lama bekerja bisa menjadi penyebab utama mengapa kamu memutuskan untuk resign.

Yang pasti sebelum resign, kamu harus sudah mempertimbangkannya dengan matang dan menentukan hendak melakukan apa setelahnya, terutama yang berhubungan dengan penghasilan bulanan.

Baca Juga: 8 Cara Menghasilkan Passive Income dengan Mudah

Bila kamu memutuskan untuk resign maka sudah pasti kamu tidak akan mendapatkan penghasilan bulanan dari tempat kamu bekerja tersebut.

Maka dari itu, setelah memutuskan untuk resign, lakukan 5 hal berikut agar kamu tetap mendapatkan penghasilan tetap setiap bulan setelah resign.


1. Memulai Bisnis

Memulai bisnis bisa dibilang gampang-gampang susah. Namun, apabila kamu sudah mempersiapkan diri dan pertimbangan tentang bisnis apa yang hendak kamu mulai sebelum memutuskan untuk resign, maka setelah resign pun kamu bisa lebih terarah.

Baca Juga: 7 Langkah Untuk Membangun Brand Bisnis dari Awal

Jangan pernah takut untuk memulai bisnis bila kamu memang sudah siap dari segi mental dan modal. Gunakan pesangon dan tabunganmu sebagai sumber modal awal.

Bila masih membutuhkan modal usaha, jangan ragu untuk meminjamnya kepada keluarga atau kerabat.

Jelaskan bagaimana strategi bisnis kamu mulai dari A hingga Z untuk meyakinkan mereka.

Tapi yang pasti, kamu tetap harus mempersiapkan semuanya dengan baik terlebih dahulu sebelum mengeksekusi ide dan mengkonversinya menjadi sebuah bisnis.

Baca Juga: Apa Itu Viral Marketing dan Manfaatnya Bagi Bisnis Online kamu?

Bisnis bisa gagal lebih dini karena hal-hal di luar kendali, tapi ketika mulai berjalan dan menghasilkan, pendapatan kamu dari berbisnis kemungkinan besar jauh jauh lebih tinggi dibandingkan gaji saat bekerja dulu.


2. Menjual Keahlian Sebagai Freelancer

Bila kamu memiliki keahlian, tawarkan kepada mereka yang membutuhkan.

Jadilah freelancer di mana kamu bisa mengatur waktu sembari menentukan porsi pendapatan sesuai dengan keahlian kamu.

Baca Juga: 5 Cara Menjadi Freelancer yang Sukses dan Banyak Klien

Menjadi freelancer bisa sedikit tricky namun yang pasti kamu harus giat dalam mencari peluang proyek yang sesuai dengan keahlian kamu.

Bila kamu rutin menerima proyek freelance, mengerjakannya dengan cepat dan baik, tentunya kamu bisa mengerjakan proyek-proyek tambahan lain sehingga penghasilan kamu pun bisa lebih tinggi.

Ingin tahu di mana kamu bisa menemukan proyek-proyek freelancing untuk dikerjakan?

Temukan di artikel berikut.


3. Membuat Sebuah Blog

Zaman sekarang, kita tidak lagi dituntut untuk memahami kode pemrograman agar bisa membuat sebuah website atau blog.

Membuat sebuah blog sekarang ini sudah sangat mudah, dan jangan pernah meragukan potensi blog untuk menjadi sumber penghasilan kamu.

Baca Juga: Bagaimana Caranya Membuat Anggaran Untuk Beragam Kebutuhan Keuangan kamu? Begini Tipsnya

Kita bisa meraup penghasilan yang fantastis dari blog dengan memanfaatkan konten yang menarik di dalamnya.

Semakin banyak orang yang membaca blog kamu, semakin berpotensi pula blog tersebut untuk dijadikan sebagai sumber penghasilan.

kamu bisa memanfaatkan iklan yang terpajang di blog kamu, atau raup penghasilan dari sistem afiliasi dengan menawarkan produk orang lain di sana.

Baca Juga: Punya Rencana Untuk Berlibur Namun Masih Bingung Dengan Biayanya? Coba 5 Tips Ini!

Atau, bila blog kamu sudah cukup populer di mata pengiklan, kamu bisa meraup keuntungan content sponsorship dengan rate jutaan untuk satu postingan di blog.

Menggiurkan, bukan?

Jadi, bangun dan kembangkan blog kamu dari sekarang.


4. Mulai Bisnis Franchise

Bisnis franchise memiliki potensi yang sangat besar untuk bisa terus berkembang, apalagi bila kamu memilih jenis bisnis franchise yang menarik dari brand franchisor yang memang sudah memiliki reputasi baik di kalangan masyarakat.

Baca Juga: Siap Memulai Bisnis Franchise? Hadapi 5 Tantangan Ini

Apabila kamu menerapkan persiapan dan strategi yang matang, bisnis franchise kamu akan berkembang menjadi sebuah bisnis yang menguntungkan.


5. Jadi Full Time Investor

Pernah dengar nama Lo Kheng Hong? Beliau adalah investor terkenal yang digadang-gadang sebagai Warren Buffet-nya Indonesia. 

Sebelum menjadi seseorang yang kini sukses sebagai full time investor, beliau dulunya merupakan karyawan di sebuah bank.

Baca Juga: Supaya Bisa Investasi Sedari Muda, Coba Lakukan 3 Hal Ini

Beliau memutuskan untuk resign dari tempatnya bekerja dan menjadi full time investor di usia 30-an.

Beliau juga pernah mendapatkan laba bersih sebesar Rp 45 Milyar hanya dalam satu minggu.

Baca Juga: Pahami Caranya Bagaimana Mengembangkan Strategi Investasi kamu Sekarang Juga

Berkaca dari kesuksesan beliau, investasi pastinya bisa dijadikan sebagai sumber penghasilan utama yang sewaktu-waktu akan membuat kita bebas dari segi finansial, seperti halnya beliau.

Mulailah investasi sedini mungkin, manfaatkan efek compounding, dan rutinlah mengalokasikan pendapatan kamu untuk diinvestasikan.

Coba berbagai jenis investasi mulai dari investasi saham, hingga reksa dana.

Bila kamu ingin mempelajari seluk-beluk investasi seperti analisis fundamentalnya; bagaimana caranya memitigasi risiko, menghitung potensi keuntungan dan pentingnya diversifikasi,  mendanai di KoinP2P dari KoinWorks bisa menjadi starting point yang sangat baik bila kamu memutuskan untuk terjun ke dalam dunia investasi.

Baca Juga: Begini Cara Kerja KoinWorks dalam Hal Pendanaan Fintech Lending

Sudah banyak orang yang menikmati manfaat investasi yang sesungguhnya, terutama adanya efek compounding, mengapa kamu tidak memanfaatkan investasi juga?

Coba hitung sendiri nilai uang kamu di masa depan dengan memanfaatkan efek compounding menggunakan kalkulator berikut:


Nah, itulah 5 hal yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan penghasilan tambahan sebelum maupun sesudah memutuskan untuk resign.

Resign bukanlah sesuatu yang begitu merugikan dari kondisi finansial hanya karena kamu takut ketika tidak lagi menerima gaji.

Sebaliknya, justru saat itulah kamu bisa menciptakan sumber penghasilan sendiri.

Semoga bermanfaat!

Dapatkan berbagai informasi seputar Gaya Hidup dan Daily lainnya hanya di KoinWorks.

Tentang Penulis
Maxstien

Maxstien

Starting a career as a digital worker who handles various brands and industries. Also has research and writing skills in various industrial fields, currently interested in exploring his writing skills in the financial sector.
Kalkulator finansial untuk hitung kebutuhan kamu

Hitung semua keperluan finansial kamu cukup di satu tempat

Punya uang Rp.100 Ribu? Mulai pendanaan sekarang dan dapatkan keuntungan hingga 14,5%.